Gereja Sebagai Tubuh Kristus

Gereja Merupakan Tubuh Kristus

Bersamakristus.org – Gereja sebagai tubuh Kristus. Gereja dikenal sebagai tempat ibadah umat Kristen dan Katolik, pada setiap hari minggu mereka melakukan peribadatan.

Ibadah yang digelar di gerej dilakukan dengan berbagai rangkaian prosesi. Dimulai dengan panjatan doa pembuka ibadah Kristen hingg ditutup dengan doa penutup ibadah Kristen.

Namun gereja juga bisa dikatakan sebagai tubuh Kristus. Sebab kepala Gereja adalah Kristus dan anggota-anggotanya merupakan seluruh umat beriman (Kol 1:18). Jemaah adalah tubuhnya.

Oleh karena seluruh tubuh tersebut, yaitu umat beriman, dipersatukan, dipelihara, serta dipenuhi oleh roh kudus dari Kristus. Dengan demikian Gereja disebut mejadi tubuh Mistik Kristus.

Arti Gereja Sebagai Tubuh Kristus

Masih ada beberapa arti, penjelasan, definisi, dan pengertian lain akan makna gereja sebagai tubuh Kristus. Berikut penjelasannya yang bisa dilihat langsung dirangkum dari banyak sumber.

1. Tubuh Manusiawi Yesus

Umat Kristiani diajak untuk menyangkal Kristus datang dari daging. Marah, tawa, tangis, adalah bukti nyata jika Tuhan merupakan manusia sejati, sebab Dia juga merasakan apa yang dirasakan manusia.

Tapi memang kekuatan diri-Nya berbeda dengan kekuatan manusia biasa. Karena Dia adalah utusan Allah. Anak harus menjadi manusia untuk menyelamatkan dan mendamaikan umat manusia, kebangkitan-Nya menjadi kebangkitan tubuh orang-orang yang percaya pada-Nya.

2. Roti Perjamuan Terakhir

Roti yang kita terima melambangkan tubuh Yesus, roti juga melambangkan pengorbanan yang dilakuakn Yesus untuk menebus umat manusia. Kita diajak merayakan peristiwa perjamuan terakhir untuk mengenang Yesus.

3. Rendah Hati

Sebagai mansuia biasa, kita harus bersikap rendah hati. Yesus Anak Allah juga rendah hati, dan kita bisa mewujudkannya dengan saling membantu semua orang yang membutuhkan.

4. Saling Melayani

Dia yang sudah tinggi mau turun ke bumi untuk melayani manusia, bahkan rela menyamakan diri-Nya dengan manusia. Untuk mencapai kesatuan iman, kita dituntut saling melayani satu sama lain.

Bial kesatuan iman terwujud, kita takkan mudah diombang-ambingkan. Apalagi dengan kelicikan umat manusia, berpendirian teguh dan berpengharapan dalam cinta kasih, rendah hati, serta melayani bukanlah hal sulit.

5. Gereja Milik Yesus

Yesus adalah pendiri gereja sesungguhnya,. Asal muasal gereja juga berasal dari sejarah Kristen. Gereja menjadi kediaman Tuhan di bumi ini. Dalam gereja, kita bisa merasakan kasih Tuhan, apalagi ketika berdoa di kediaman-Nya.

“Yang dibangun di atas dasar para rasul dan para nabi, dengan Kristus Yesus sebagai batu penjuru.”

Kitab Efesus 2:20

6. Dibangun Atas Dasar Firman

Gereja dibangun untuk memenuhi kehendak Allah, bukan kehendak manusia. Sebagai umat Kristiani, kita harus bisa menjalankna firman-Nya, karena gereja itu bisa berdiri atas dasar firman.

“Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang terkasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.”

Yudas 1:20

7. Mempelai Kristus

Yesus sebagai mempelai pria akan datang menjemput kita sebagai mempelai wanita. Dia akan datang untuk mengumpulkan umat percaya, kemudian menghimpun mereka dalam satu kesatuan dan menjadi raja atas segala raja. Para malaikat akan bernyanyi, kemudian sangkakala juga akan bergema.

8. Tempat Persekutuan

Yesus menyuruh murid-Nya menyebarkan Injil, mereka menyebarkannya dalam sebuah persekutuan. Persekutuan ini menjadi tempat berkumpul, berdoa, dan melakukan perjamuan bersama. Bagi murid Tuhan, persekutuan tentu menggambarkan persekutuan sejati di surga.

Menjadi murid Kristus bukan hal sulit, Anda tidak diminta oleh-Nya untuk menyebarkan Injil ke penjuru dunia, hal sederhana seperti menyebarkan kasih sukacita serta damai juga sudah membuat Anda menjadi murid Yesus.

“Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa.”

Kisah Para Rasul 2:42

9. Menggambarkan Kebangkitan Yesus

Gereja juga berperan untuk mewujudkan kasih Tuhan, hal tersebut dibuktikan dengan adanya pelayanan. Pelayanan yang diberikan dalam bentuk khotbah, yang mengikutsertakan makna kebangkitan dan kedatangan Yesus Kristus.

10. Memberikan Air Hidup

Gereja bisa berdiri karena sudah ditebus oleh darah Yesus. Maka dari itu gereja mendapatkan misi untuk memuliakan nama Allah. Tuhan kita ketahui menjadi sumber hidup, namun air hidup juga bisa didapatkan dari gereja.

Khorbah dan pengajaran di gereja adalah air hidup, karena khotbah yang disampaikan menyuruh kita untuk semakin dekat dengan Tuhan. Lagian, gereja juga terus mengajarkan apa yang dikehendaki Yesus dalam hidup.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai arti gereja sebagai tubuh kristus. Mari kita memaknainya gereja sebagai tubuh Kristus, bukan hanya tempat ibadah umat Kristiani saja.

Baca: