Contoh Doa Penutup Ibadah Kristen

Contoh doa penutup ibadah kristen di gereja, kolekte, singkat, berkat dari allah bapa

Bersamakristus.org – Contoh doa penutup ibadah kristen di gereja. Setiap minggu, atau pada hari-hari tertentu umat Kristen menjalani rangkaian kegiatan ibadah.

Ibadah dilakukan di gereja bersama dengan jemaat-jemaat lain seperti ibadah kaum ibu dan ibadah hari minggu, atau dilakukan di rumah bersama keluarga yang disebut dengan ibadah rumah tangga.

Dalam setiap kegiatan ibadah, pasti terdapat susunan atau rangkaian acara dari awal hingga akhir. Perpindahan acara satu ke acara yang lain dipandu oleh pembawa acara.

Ketika selesai menjalankan kegiatan ibadah, pendeta atau worship leader akan menutup dengan doa penutupan ibadah. Doa ini dibaca sebagai doa pamungkas untuk mengakhiri seluruh rangkaian ibadah.

Apa saja isi doa penutup ibadah, lalu bagaimana contoh teks atau kalimatnya? Di bawah ini akan kami jelaskan satu per satu. Mulai dari isi materi dari doa penutupan ibadah.

Isi Materi Doa Penutup Ibadah

Isi atau materi yang terknadung dalam doa penutupan ibadah meliputi dua poin. Yang pertama ialah doa untuk mengucap syukur kepada Tuhan yang telah melancarkan kegiatan ibadah sehingga dapat berlangsung tanpa halangan.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini merupakan berkat penyertaan dari-Nya. Segalanya telah direncanakan dan setiap kelancaran terdapat campur tangan Tuhan.

Selain itu, dalam doa penutup juga terdapat permohonan supaya jemaat dapat pulang dengan selamat serta bisa mengikuti kegiatan ibadah kebaktian kembali pada minggu depan.

Seperti yang umat Kristiani yakini bahwa rencana Tuhan pasti akan indah apabila kita memohon dan mendoakan hal-hal positif. Dengan berdoa secara tulus pasti Tuhan akan mengabulkannya.

Baca:

Contoh Doa Penutupan Ibadah Kristen

Di bawah ini ada beberapa contoh teks kalimat doa penutupan ibadah Kristen Katolik Protestan secara singkat, padat, jelas, dan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

1. Doa Penutup Ibadah Kristen Singkat

Tuhan yang maha adil, terimakasih atas penyetaan yang telah Engkau berikan sehingga kami dapat menyelesaikan kegiatan ibadah sesuai kehendak yang Engkau rencanakan.

Sekarang, kami hendak pulang ke rumah masing-masing. Berkatilah kami agar selamat sampai tujuan. Terangkan hati kami agar selalu rindu untuk beribadah menyembah-Mu di lain waktu. Amin.

2. Doa Penutup Ibadah Katolik

Bapa yang maha baik, telah selesai kegiatan ibadah hari ini. Banyak ilmu dan pandangan baru mengenai kehidupan yang kami peroleh. Betapa bersukacitanya kami menjalani ibadah penyembahan kepada-Mu.

Bapa, berkatilah diri kami, pemain tamborine, para jemaat, pendeta, worship leader, dan seluruh pelayan-Mu agar selalu rindu untuk menjalani ibadah di kemudian hari.

Terakhir, berkatilah kami yang hendak pulang ke rumah masing-masing. Jauhkan dari keburukan dan musibah. Mudah-mudahan kami semua selamat sampai tujuan. Dalam nama Kristus kami berdoa. Amin.

3. Doa Penutup Ibadah Natal

Yesus yang mulia, terimakasih atas seluruh berkat yang Engkau berikan sehingga kami dapat menyelesaikan serangkaian ibadah di malam natal yang hangat ini.

Berkatilah esok hari agar menjadi natal yang penuh sukacita untuk semua orang. Berkatilah dengan kasih sayang, kegembiraan, dan jauhkan seluruh keburukan dan hal-hal negatif.

Kami yakin, rencana-Mu untuk hari esok sungguh baik. Untuk kami semua yang percaya dan memuji nama-Mu, untuk semua makhluk di bumi. Berkatilah hari esok agar menjadi natal yang tidak terlupakan.

Terkahir, bawalah raga kami pulang ke rumah masing-masing. Berkatilah agar di jalan terhindar dari hal-hal yang membahayakan. Selamatkan kami hingga sampai rumah, kemudian tidur, dan menyambut natal esok dengan gembira. Amin.

4. Doa Penutup Ibadah Rumah Tangga

Bapa yang bertahta di kerajaan sorga, ibadah rumah tangga kami telah usai. Meski bukan ibadah yang besar, namun kami bersyukur karena Engkau telah melancarkannya hingga akhir.

Bapa, terimakasih banyak atas penyertaan yang Engkau berikan. Terimakasih atas firman-Mu hari ini, dan juga atas pengetahuan serta pandangan baru mengenai kehidupan.

Berkatilah kami, agar selalu rindu untuk memuji dan memuliakan nama-Mu. Bimbinglah kami untuk selalu menemui terang ketika berada dalam lingkaran kegelapan. Hanya kepada Yesus kami berdoa. Amin.

5. Doa Penutup Ibadah Anak Sekolah Minggu

Bapa raja dari segala raja, terimakasih sudah melancarkan kegiatan ibadah sekolah minggu hari ini. Ada banyak ilmu bermanfaat yang kami peroleh dari pemimpin ibadah.

Mudah-mudahan, ilmu yang kami peroleh dapat bermanfaat bagi kehidupan kami, dapat menjadi petunjuk ketika sedang mengalami kesulitan atau kebimbangan.

Jagalah kami dalam perjalanan pulang nanti, jauhkan dari segala marabahaya. Selamatkan kami hingga sampai rumah dan bertemu kedua orangtua. Dengan kuasa-Mu itu akan mungkin terjadi. Amin.

Akhir Kata

Itu dia contoh doa penutup ibadah kristen, mari kita sama-sama belajar menulis contoh doa kristen di blog bersamakritus.org ini, jangan lupa baca contoh doa-doa kristen dan katoli lainnya ya!

Baca:

Tinggalkan komentar