Contoh Doa Pembuka Ibadah Kristen

Contoh doa pembukaan ibadah persekutuan doa kristen, pagi, katolik, di gereja singkat.

Bersamakristus.org – Contoh doa pembukaan ibadah di gereja. Seorang yang beriman pasti rajin beribadah. Ibadah dalam agama Kristen dilakukan pada banyak waktu khusus.

Misalnya ibadah hari raya, natal, paskah, misa, kenaikan Yesus, kebangkitan Tuhan, ibadah kaum ibu, bapak, sekolah minggu, remaja, ibadah hari minggu, rumah tangga dan sebagianya.

Dan pada setiap kesempatan beribadah, seorang pemimpin ibadah (worship leader) atau pendeta akan mengawalinya dengan salam kemudian membaca doa pembukaan ibadah.

Pengertian Doa Pembukaan Ibadah

pengertian doa pembukaan ibadah
pengertian doa pembukaan ibadah

Doa pembukaan ibadah merupakan doa yang dibaca pada awal kegiatan atau rangkaian ibadah dalam agama Kristen di gereja. Doa pembukaan ibadah ini biasanya singkat dan tidak terlalu lama.

Materi dan isi dari doa pembuka ibadah ini meliputi permohonan kepada Tuhan agar kegiatan ibadah dapat berlangsung lancar dan tanpa kendala dengan pertolongan berkat penyertaan Tuhan.

Kadang, doa pembukaan ibadah juga diselipkan beberapa ayat alkitab untuk pembuka ibadah, permohonan agar permasalahan bangsa atau sosial dapat terselesaikan.

Baca:

Contoh Doa Pembukaan Ibadah Kristen

contoh doa pembukaan ibadah kristen
contoh doa pembukaan ibadah kristen

Di bawah ini ada beberapa contoh doa pembukaan ibadah dalam agama Kristen secara singkat, padat, dan jelas. Doa secara Katolik dan Protestan menggunakan bahasa yang baik, benar, dan penuh makna.

1. Doa Pembukaan Ibadah Natal

Yesus yang maha baik, hari ini kami akan melaksanakan ibadah untuk memperingati hari kelahiran-Mu. Tepatnya di hari natal, tanggal 25 Desember yang menjadi rutinitas kami setiap tahunnya.

Sebelumnya, kami mengucap terimakasih atas berkat dan penyetaaan yang Engkau berikan sehingga kami dapat berkumpul pada gereja ini tanpa kekuarangan suatu apa.

Yesus, berkatilah kami untuk dapat menjalankan kegiatan ibadah ini dengan baik. Sehingga kami dapat memuji dan memuliakan nama-Mu sebagaimana ibadah-ibadah sebelumnya.

Berkatilah pula para pelayan gereja, pembawa acara, worship leader, penyanyi rohani, dan para jemaat yang akan mengikuti serangkaian acara pada ibadah kali ini.

Bimbinglah kami agar selalu ingat akan Engkau, menjadi anak-Mu yang selalu ingat bahwa Engkau akan tetap ada di samping kami sebagai penolong, penyemangat, dan penyerta ketika dalam kesulitan.

Terakhir, mohon bantulah kami agar dapat menjadi manusia sesuai seperti yang Engkau kehendaki. Kami yakin bahwa rencana-Mu sungguh baik, maka biarlah kegiatan ibadah ini dapat berjalan sesuai rencana-Mu. Amin.

2. Doa Pembukaan Ibadah Dalam Bahasa Inggris

Dear Jesus, today we will worship to commemorate your birthday. Exactly on Christmas Day, December 25th is our annual routine.

Previously, we thank you for the blessing and encouragement you gave us so that we could assemble in this church without any loss.

Jesus, bless us to be able to perform this worship service well. So that we may praise and glorify Your name as in former worship.

Thanks also to church ministers, event organizers, worship leaders , spiritual singers, and church members who will attend a series of worship services this time.

Guide us to always remember You, to be Your child who always remembers that You will always be with us as a helper, encourager, and participant in times of need.

Finally, please help us to become as human as you want. We believe that your plan is good, so let this worship activity work according to your plan. Amen.

3. Doa Pembukaan Ibadah Singkat di Sekolah

Bapa yang agung, hari ini kami akan melaksanakan kegiatan ibadah di sekolah. Bersama guru, murid, dan seluruh penjaga serta pekerja yang ada di sekolah.

Terimakasih atas penyertaan-Mu sehingga kami dapat berkumpul di sini, menyiapkan segala hal yang diperlukan sehingga persiapan kegiatan ibadah dapat terpenuhi tanpa kekurangan suatu apa.

Di kesempatan ini, kami mohon kepada-Mu berkatilah kegiatan ibadah hari ini. Lancarkan setiap acara mulai dari pembukaan, pembacaan alkitab, menyanyikan lagu rohani hingga penutup.

Engkau adalah Tuhan yang maha baik, kami yakin Engkau telah menyiapkan pertolongan dan penyertaan agar kegiatan ini bisa berjalan lancar hingga akhir.

Maka biarlah setiap rangkaian ibadah ini dapat terjadi sesuai kehendak-Mu. Biarlah Tuhan mengatur lewat campur tangan-Nya. Dalam nama Kristus, Putera Roh Kudus kami memohon. Haleluya, Amin.

4. Doa Pembukaan Ibadah di Gereja

Ya Kristus yang mulia, di hari ini kami banyak mengucap terima kasih karena Engkau telah memberkati kami sehingga dapat menuju gereja dengan selamat tanpa halangan apapun.

Terimakasih pula telah menyertai kami dengan tempat yang nyaman, teduh, serta sejuk sehingga kami dapat memuji dan memuliakan nama-Mu dengan penuh syukur.

Ya Kristus, pada kesempatan kali ini kami akan melaksanakan serangkaian kegiatan ibadah, yang diawali dengan doa pembuka ibadah yang tengah kami bacakan ini.

Tuhan, berkatilah acara-acara berikutnya agar tetap lancar, berjalan sesuai kehendak-Mu. Biarlah apa yang datang kemudian terjadi sesuai rencana-Mu yang begitu baik.

Berkatilah kami, para pelaku ibadah, jemaat gereja, pelayan, pemain musik, tamborine, penyanyi lagu rohani, penerima tamu, hingga worship leader agar dapat beribadah dengan baik untuk-Mu.

Terakhir, bimbinglah kami agar dapat menjadi manusia yang dapat selalu ingat akan Engkau. Biarlah pergumulan ini dapat terulang di pertemuan ibadah berikutnya. Atas nama Yesus Putera Maria, kami mohon doa. Amin.

Akhir Kata

Itu dia penjelasan mengenai contoh doa pembuka ibadah kristen, doa sebelum memulai ibadah, doa mengawali kegiatan beribadah, dan semoga dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan. Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar