Contoh Doa Syafaat Hari Natal

Contoh doa syafaat kristen protestan dan katolik perayaan di hari natal

Bersamakristus.org – Doa syafaat hari natal. Setiap tanggal 25 Desember, umat Kristiani merayakan hari raya natal sekaligus untuk menyambut tahun baru yang hendak datang. Dalam perayaan natal, umat Kristiani biasanya menjalankan ibadah remaja, pemuda, di rumah, sekolah tangga, maupundi gereja.

Natal sendiri merupakan peringatan hari lahir Yesus Kristus di mana Ia dilahirkan oleh Bunda Maria, perempuan yang selalu perawaan dan dibimbing untuk menjadi pribadi yang sangat baik dalam kehidupan sebelum diangkat ke langit dan menjadi juruselamat.

Natal juga menjadi peringatan perayaan ketika di mana lahir Tuhan yang menjadi terang bagi gelapnya kheidupan dunia. Bahkan setelah dinaikkan ke langit pun, Tuha masih terus membimbing kita menuju kebenaran dan mewujudkan sukacita dalam hidup.

Berbagai macam doa dipanjatkan ketika menjalani ibadah perayaan Natal, mulai dari doa pembuka ibadah, doa persembahan kristen, doa pembacaan alkitab, hingga yang tidak kalah penting dan menjadi inti dari ibadah Natal adalah pembacaan doa syafaat.

Di bawah ini, kami akan menuliskan beberapa contoh doa syafaat yang bisa dipanjatkan pada hari raya Natal bagi umat Kristiani yang menjalani ibadah di gereja maupun di rumah pribadi secara singkat, pendek, dan menggunakan bahasa yang baik. Silahkan disimak.

Contoh Doa Syafaat Natal Kristen

Berikut ada beberapa contoh doa syafat kristen Protestan untuk hari natal mulai dari doa syafaat pada ibadah pemuda, keluarga, hingga untuk anak sekolah minggu yang menggunakan bahasa sederhana. Silahkan simak masing-masing contoh doanya.

1. Doa Syafaat Natal Pemuda

Terpujilah Engkau, Tuhan, ya Allah kami, ya Kristus sebagai juruselamat hidup kami. Tak putus-putusnya kami mengucap syukur terhadap-Mu sebab di tengah keputusasaan kami, di tengah kegelisahan kami, Engkau selalu hadir menyertakan kuasa-Mu memberi pengharapan dan perolongan di setiap waktu.

Termasuk pada malam hari ini, kami pemuda dan remaja jemaat bersyukur telah dapat menyatakankuasa-Mu di tengah dunia melalui ibadah pranatal pohon terang di malam ini.Kuasa-Mu begitu tulus, lihatlah kami, anak-Mu yang mempersembahkan pujian serta sembah syukur di malam ini.

Ya Kristus, Bapa yang berada di kerajaan Sorga. Berkatilah hidup kami selaku anak muda, berilah pengharapan, kebijaksanaan, pengetahuan, serta kedewasaan dan semangat untuk menjalankan tugas dengan lancar. Baik dalam studi maupun pekerjaan.

Jadikanlah kami sebagai ana yang dengar orangTua, bahkan juga dengar pula kepada-Mu. Karuniailah kami umur yang panjang dan kesehatan supaya kami bisa membalas setiap jerih payah orang tua kami. Ingarkanlah kami untuk saling mengasihi sesama, saudara, dan jauhkanlah kami dari tindakk kejahatan.

Jadikanlah kami sebagai anak muda yang tahu bersyukur di setiap keadaan. Begitu pula kami semua yang berkumpul dalam rumah ibadah ini. Berkati kami semua, baik dalam tugas pekerjaan, pelayanan, maupun untuk melangsungkan hidup ke depan.

Bapa di Sorga, kami berdoa untuk organisasi remaja jemaat, baik pengurus maupun anggota. Terus peliharalah kami dan tuntunlah kami supaya semakin terampil, semangat, dan percaya diri dalalm menunjukkan citra anak-anak terang di tengah persekutuan.

Inilah doa yang menjadi syukur dan permohonan kami yang kami bawa dalam nama Tuhan Yesus, sang Juruselamat kami. Haleluya, Amin.

2. Doa Syafaat Natal Keluarga

Segala puji syukur dan hormat kami sampaikan kepada-Mu Tuhan. Begitu banyak berkat dan sukacita yang Engkau limpahkan kepada kami. Sungguh Engkau Maha bai/ Yesus. Ajari kami untuk berterimakasih, terkhusus hari ini kami bersukacita dalam keluarga besar dapat merayakan hari kelahiran-Mu.

Di mana bayi Yesus yang lahir adalah juruselamat dunia, yang membawa keselamatan dan menyucikan kami manusia menjadi putih. Kiranya Tuhan layakkan kami untuk datang ke hadirat-Mu. Maha baik Engkau ya Allah. Tuhan Yesus, jadikan kami sehati sepikir didalam satu kasih keluarga, satu jiwa, dan satu tujuan dalam memuliakan/ nama-Mu.

Biarlah kami tetap menjadi/satu kesatuan keluarga di dalam nama-Mu, melayani-Mu dengan sukacita yang dari pada-Mu. Tolong Tuhan Yesus peringatkan kami agar tetap menjaga kasih yang boleh Tuhan tanamkan dalam diri kami agar tetap bersinar dan berbuah di dalam kehidupan.

Malam ini kami berdoa agar semakin menjadi lebih baik dan bertumbuh serta biarlah kami benar-benar menjadi pelayan yang takut akan Tuhan. Demikian juga kami bersatu hati memohon kepada-Mu, agar kiranya Engkau berkenan memberi kesehatan kepada seluruh anggota keluarga ini, agar kami bisa lebih bersukacita lagi di dalam merayakan Hari kelahiran-Mu.

Tuhan Yesus kami menyadari bahwa kami adalah manusia yang penuh dosa. Oleh karena itu, hapuskanlah dosa kami ya Tuhan agar berkat Tuhan tidak terhalang karena dosa-dosa kami. Inilah kami Tuhan, keluarga besar yang datang dan menyampaikan doa permohonan. Di dalam nama Yesus Kristus, kami berdoa. Amin.

3. Doa Syafaat Natal Anak Sekolah Minggu

Tuhan, kami memuji keajaiban dan kebesaran-Mu yang telah Engkau nyatakan kepada kami. Atas bintang yang bersinar serta nyanyian dari para malaikat yang merdu dan tangisan seorang bayi di dalam palungan.

Kami memuji-Mu karena sabda yang telah menjadi daging di dalam seorang bayi mungil. Kami memandang kemuliaan-Mu yang bermandikan cahaya sebagai sesuatu yang terang benderang.

Terpujilah Engkau, Tuhan, Raja dari segala raja. Engkau bertahta di hati kami, dan kami bersyukur atas kelahiran-Mu, yang memberi pengharapan di tengah dunia yang gelap ini. Engkau mau datang merendahkan diri-Mu sendiri dan menjadi sesama seperti kami manusia, agar kami diselamatkan.

Terimalah sembah puji dari kami, ya Tuhan. Kami berdoa kiranya di hari natal ini ada banyak jiwa yang dahaganya dipuaskan. Jiwa yang mencari kedamaian ditemukan, dan sukacita yang berasal daripada-Mu. Mereka yang masih ragu dapat membuka pintu hati mereka untuk menerima-Mu sebagai juruselamat satu-satunya.

Segala puji hormat syukur kami naikkan bagi-Mu Tuhan, Alga, dan Omega. Haleluya. Amin.

Baca:

Contoh Doa Syafaat Natal Katolik

Kami juga memiliki contoh doa-doa syafaat lain dalam agama Katolik untuk hari natal mulai dari doa untuk perusahaan, hingga doa syafaat umum memperingati natal dan tahun baru. Silahkan simak contoh-contoh doa berikut.

1. Doa Syafaat Natal Perusahaan

Bapa yang penuh kasih. Bantulah kami untuk selalu mengingat akan kelahiran Yesus supaya kami dapat mengambil bagian dalam kidung para malaikat yang agung, sukacita para penggembala, serta pujian-pujian dari orang-orang yang bijak.

Tutupkanlah segala pintu kebencian dan bukalah pintu kasih di seluruh dunia. Biarlah kebaikan hadir melalui setiap pemberian dan keinginan-keinginan yang baik melalui setiap sapaan. Bebaskanlah kami dari segala yang jahat melalui berkat yang Kristus bawa, serta ajarkanlahkami untuk selalu bersukacita dengan hati yang suci.

Semoga pagi natal ini bisa membuat seluruh karyawan perusahaan berbahagia menjadi anak-anakMu, serta malam natal nanti menjadi malam yang menyertaitidur kami dengan pikiran-pikiran yang dipenuhi ucapan syukur, mengampuni, dan diampuni, demi Kristus. Amin.

2. Doa Syafaat di Hari Natal

Bapa kami yang berada di surga dan menjadikan langit dan bumi sebagai tempat berpijak manusia. Pada malam natal ini kami merayakan kelahiran-Mu ke duia dengan penuh cinta dan kasih yagn mulia. Biarlah kami mengikuti petunjuk-Mu serta dapat selalu menjadi terang bagi yang lain.

Pada kesempatan di malam ini, Tuhan, kami akan menyampaikan doa syafaat kami. Biarlah semuanya menjadi kehendak-Mu, bukan menjadi kehendak kami. Berkatilah gereja ini yang sudah membuat acara perayaannatal mulai dari gembala, pengurus, hingga seluruh jemaat. Berkatilah dengan cinta dan kasih-Mu kepada mereka agar semakin rindu bersekutu dengan-Mu.’

Kami juga mohon pada-Mu, berikanlah kedamaian dan terlebih pada bulan Desember ini yang sedang merayakan natal dan siap menyambut tahun baru di setiap gereja. Tuhan, jadikanlah peromohona kami sebagai bagian dari kehendak-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur. Haleluya, Amin.

Akhir Kata

Sekianpembahasan mengenai contoh doa syafaat kristen di hari natal. Semoga dengan memanjatkan doa syafaat pada hari natal, perayaan ibadah natal yang kita jalani bersama jemaat geraja lainnya bisa menjadi semakin berkah. Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar