Contoh Doa Pembacaan Alkitab

Contoh doa pembacaan alkitab kristen sebelum dan sesudah mendengar firman tuhan allah bapa

Bersamakristus.org – Contoh doa pembacaan alkitab sebelum dan sesudah firman tuhan. Setiap umat Kristiani memiliki kegiatan rutin pada hari minggu, yakni melaksanakan ibadah bersama-sama di gereja.

Selain hari minggu, ibadah juga dilakukan pada hari-hari lain seperti ibadah kaum ibu, kaum bapak, pemuda, sekolah minggu, ibadah natal, paskah dan sebagainya yang dilakukan pada hari-hari lain.

Setiap menjalani ibadah, pasti diawali dengan membaca doa pembukaan ibadah, ketika mengakhirinya pun diakhiri dengan membaca doa penutup ibadah oleh worship leader atau pendeta.

Dalam satu rangkaian acara kegiatan ibadah, terdapat satu momen di mana para jemaat mendengarkan pembacaan Alkitab oleh pendeta, worship leader, atau salah seorang pemuka agama.

Sebelum membaca alkitab, biasanya diawali dengan membaca doa singkat yang diberi nama doa pembacaan alkitab. Doa ini dibaca oleh pembawa acara, MC, atau orang yang berbeda dengan yang membaca Alkitab.

Setelah mendengarkan Alkitab pun biasanya diakhiri atau ditutup dengan doa setelah mendengarkan firman Tuhan. Dua doa ini merupakan rangkaian doa penyempurna kegiatan ibadah.

Contoh Doa Sebelum Mendengar Firman Tuhan

Di bawah ini ada beberapa contoh doa sebelum mendengarkan firman Tuhan atau sebelum membaca ayat-ayat Alkitab. Isinya biasanya memohon agar pembacaan Alkitab dapat berlangsung dengan lancar.

Bagi yang bertugas membacakan doa ini, dan belum memiliki materi atau kebingungan menyusun kata-kata, silahkan simak contoh doa di bawah ini secara singkat, padat, dan jelas.

1. Doa Sebelum Membaca Firman Tuhan

Ya Bapa yang agung, pada siang hari ini kami berterimakasih kepada-Mu karena telah memberkati kami untuk dapat menjalankan kegiatan ibadah dengan tenang dan damai.

Bapa, pada kesempatan kali ini giliran kami mendengarkan beberapa firman-Mu. Kiranya kami dapat menjadi pendengar yang baik terhadap firman yang akan diucapkan oleh hamba-Mu.

Apapun yang disampaikan, mudah-mudahan dapat kami pahami maknanya dengan baik sehingga dapat menjadi petunjuk untuk menjalani kehidupan dan mengatasi masalah. Terimakasih Tuhan, hanya atas nama-Mu kami menyembah.

2. Doa Sebelum Mendengarkan Firman Tuhan

Ya Kristus yang mulia, di kesempatan kali ini kami akan mendengarkan beberapa firman dari-Mu yang akan dibacakan oleh salah satu hamba Tuhan pada kegiatan ibadah ini.

Kiranya, apa yang disampaikan oleh hamba-Mu dapat menjadi petunjuk bagi kami untuk memutuskan jalan hidup, menjadi penyemangat dan sumber pemahaman akan kehidupan.

Oleh karena itu, biarlah izinkan kami jadi pendengar yang baik. Berkati kami agar dapat fokus sehingga bisa memahami maksud yang terkandung dalam firman-Mu. Kepada Yesus Kristus kami memohon. Amin.

Baca:

Contoh Doa Setelah Mendengar Firman Tuhan

Selain doa di atas, ada pula doa yang dibaca setelah selesai mendengarkan firman Tuhan, biasanya isinya merupakan ucapan syukur atas firman tuhan yang diperdengarkan.

Selain itu, doa ini jgua dimaksudkan untuk memohon keselamatan dan keberkahan sang pembaca firman Tuhan agar selalu diberkati dan dapat membacakan Alkitab di lain waktu. Berikut adalah contoh doanya.

1. Doa Sesudah Mendengarkan Firman Tuhan

Ya Tuhan yang begitu mulia, kami telah mendengarkan sebagian dari firman-Mu. Biarlah firman-firman yang telah disampaikan dapat menjadi petunjuk kami untuk menjalani kehidupan selanjutnya.

Berkatilah kami selalu, ya Tuhan, agar dapat terus rindu untuk mendengar firman-Mu di kemudian hari. Berkatilah pula kami agar suatu saat dapat membacakan firman dari-Mu.

Terakhir, berkatilah hamba-Mu yang telah membacakan firman agar sehat selalu, berilah dia kesempatan di lain waktu untuk kembali membacakan firman-Mu. Dalam nama Kristus kami memohon. Amin.

2. Doa Setelah Mendengar Firman Tuhan

Ya Yesus yang baik, telah sedikit banyak firman-Mu yang kami dengar. Sungguh menjadi manfaat dan pembuka pikiran mengenai kehidupan yang lebih luas.

Tuhan, terimakasih karena telah memberkati kami dengan firman-Mu. Selanjutnya biarlah kami dapat menjadikan firman-Mu sebagai pedoman hidup, bimbinglah kami menemui jalan yang terang.

Ya Kristus, berkatilah kami agar dapat kembali mendengarkan firman-Mu. Berkatilah hambaa-Mu yang telah membacakan firman agar dapat melakukannya kembali di lain waktu. Berkatilah kegiatan ibadah ini. Amin.

Akhir Kata

Semoga artikel mengenai contoh doa pembacaan alkitab kristen, mudah-mudahan dapat membantu bagi yang membutuhkan contoh doa-doa ibadah di gereja. Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar