Pengertian Doa Kristen

Pengertian doa dalam agama kristen dan manfaat berdoa bagi orang kristen

Bersamakristus.org – Pengertian doa kristen. Umat Kristen Protestan atau Katolik selalu dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Tuhan Yesus Kristus sebagai perantara kudus kepada Bapa yang bertahta di kerajaan Surga. Tanpa doa, apa yang ada dalam hati kita takkan tersampaikan kepada Allah.

Lalu, apakah sebenarnya doa Kristen itu? Kita hanya tahu doa Kristen itu adalah sebuah teks yang dibaca kepada Tuhan tanpa mengetahui makna lebih dalam yang terkandung di dalam setiap bait doa yang kita panjatkan.

Sebagian dari kita juga masih tidak banyak yang mengetahui, misalnya membaca doa syafaat kristen atau doa bapa kami itu kegunaannya buat apa, manfaatnya untuk hidup kita itu apa. Apa yang akan Tuhan sertakan bila kita memanjatkan doa.

Nah pada kesempatan ini kami ingin memberikan informasi mengenai pengertian doa Kristen Protestan Katolik serta manfaat yang ditimbulkan atau didapat bila kita rutin memanjatkan doa kepada Tuhan Yesus Kristus.

Mudah-mudahan dengan memahami makna dan esensi dari doa menurut orang Kristen, kita akan menjadi lebih sering berdoa sekaligus sebagai upaya mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus Kristus dan Allah sebagai Bapa Surgawi kita.

Pengertian Doa Kristen Protestan

Doa merupakan upaya persekutuan dengan Tuhan, bercakap-cakap, berbicara, ngobrol, atau berkomunikasi dengan Tuhan. Doa ialah berkat dan hak istimewa yang Tuhan anugerahkan kepada setiap insan yang hidup di dunia, bagi orang yang percaya akan Dia.

Saat berdoa, kita menundukkan hati, memusatkan pikiran pada satu hal, dan berserah penuh terhadap belas kasih dan keputusan Tuhan. Melalui doa, kita akan memuji kebesarandan keagungan Tuhan. Melalui doa, kita mengaku semua kesalahandan dosa yang pernah kita perbuat. Dan melalui doa, kita menaikkan permohonan atau permintaan kepada Tuhan serta mengucap syukur.

Dalam Alkitab, ada banyak wakta bahwa betapa doa itu sangatlah penting, berkuasa, dan sangat efektif dalam memberikan banyak hal positif dalam hidup. Musa berdoa, dan laut Tiberau terbelah menjadi dua. Elia berdoa, dan hujan tidak turun selama 3.5 tahun lamanya. Serta masih banyak mujizat-mujizat yang terjadi dikarenakan doa seperti yang dijelaskan Alkitab.

Baca:

Manfaat Berdoa Bagi Orang Kristen

Doa tentu memiliki beragam manfaat bagi umat Kristen. Mulai dari manfaat sebagai penyembuh, pengampunan, pembantu saat menghadapi cobaan, pemberi ketenangan, kepenuhan, pemahaman terhadap kehendak Allah, serta menjadikan kita makin dewasa. Berikut penjelasan masing-masing poin tersebut.

1. Doa Memberikan Penyembuhan

“Lalu Abraham berdoa kepada Allah, dan Allah menyembuhkan Abimelekh dan isterinya dan budak-budaknya perempuan, sehingga mereka melahirkan anak.” – Kejadian 20:17.

Kita tentu mengetahui kisah Abraham dan Abimelekh di mana Abimelekh saat itu tengah menghampiri Sara yang sebelumnya sudah diminta oleh Abraham untuk berbohong dengan mengatakan bahwa Ia adalah saudara Abraham, bukan istrinya.

Hal tersebut membuat mereka berdua bisa selamat menetap di Gerar. Bila saat ini kita tengah menghadapi sebuah penyakit atau saudara kita yang mengalaminya, maka doa dapat menjadi jawaban agar Allah membantu kita atau saudara kita melawan dan membinasakan rasa sakit.

2. Doa Memberikan Pengampunan

“Bawalah sertamu kata-kata penyesalan, dan bertobatlah kepada Tuhan! Kataknlah kepada-Nya: Ampunilah segala kesalahan, sehingga kami mendapat yang baik, maka kami akan mempersembahkan pengakuan kami.” – Hosea 14:3.

Jika saat in kita menyadari akan dosa dan kesalahan oleh karena Roh Kudus yang bekerja untuk menobatkan kita, maka segeralah mengambil sikap dengan berdoa, sebab Allah adalah pengasih, Ia akan memberikan ampunan serta kelegaan kepada siapa saja yang menyesal dan berkomitmen untuk bertobat.

3. Doa Memampukan Melawan Cobaan

“Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetap daging lemah.” – Markus 14:38.

Ketika pencobaan datang silih berganti melanda hidup kita, maka selesaikanlah dengan memanjatkan doa kepada Tuhan. Jangan pernah mau terkecoh oleh hasutan si jahat. Ketika banyak godaan buruk menghampiri, berdoalah untuk memohon pertolongan kepada-Nya.

4. Doa Memenuhi Keperluan

“Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.” – Matius 21:22.

Apakah saat ini ada yang kita perlukan dalam hidup? Sebuah barang berwujud atau berbentuk dukungan moril? Aoakah hal tersebut sepertinya sulit untuk kita terima? Tidak, syaratnya adalah dengan berdoa kepada Tuhan secara penuh iman kepada Bapa sebab Ia adalah Allah dari segala Allah yang tidak ada batasnya.

5. Doa Memberikan Ketenangan

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apa pun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam makna berdoa bagi orang Kristen dan permohonan dengan ucapakan syukur.” – Filipi 4:6.

Mungkin kita pernah dihadapkan dengan kondisi yang serba tiba-tiba, mulai dari tiba-tiba ada kabar baik atau tiba-tiba ada kabar buruk. Jangan pernah khawatir, sebab dengan berdoa dalam keterbukaan dan permohonan disertai ucapan syukur kepada Bapa, segala hal akan menjadi lebih menenangkan untuk dijalani.

6. Doa Membuat Kita Mengetahui Kehendak Allah

“Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu, di bumi seperti di sorga.” – Matius 6:10.

Di dalam sebuah doa, kita tidak hanya mengutarakan permasalahan saja, melainkan juga mendengarkan suara-Nya dan kehendak-ya. Melalui doa, kita belajar bagaimana Allah berkehendak atas hidup kita untuk mengatasi permasalahan, kerinduan, harapan, dan permohonan.

7. Doa Membuat Kita Semakin Tumbuh Dalam Kristus

“Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, Ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.” – Yohanes 15:5.

Ranting tak akan bisa tumbuh tanpa pokok pohonnya. Kita adalah rantingnya Allah yang harus tinggal di dalalm-Nya, bereleasi intim dengna Allah yang Roh dan mebuat kita semakin bertumbuh di dalam pengenalan yang benar kepada-Nya. Maka dari itu, berdoalah.

8. Doa Mengajarkan Arti Mengasihi

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.” – Matius 5:44.

Tak sedikit orang di sekitar kita yang kerap membuat hati kesal dan emosi. Bahkan sampai membuat kita tak mau memberi maaf. Hal ini juga dialami Yesus ketika masih di dunia, mendapat cacian dan hinaan bahkan salib harus Ia lalui. Namun Ia tetap memilih diam dan memberi pengampunan serta kasih kepada mereka.

9. Doa Dapat Mengusir Keburukan

“Hai kamu angkatan yang tidak percaya dan yang sesat, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabra terhadap kamu?” – Matius 17:17.

Bila kita mengalami kondisi susah, dalam godaan roh jahat dan kuasa kegelapan, berdoalah dengan iman sebesar biji sesawi saja sehingga Tuhan memampukan kita terbebas darinya. Tuhan akan menolong siapa saja yang tengah berada dalam kondisi sulit karena kuasa kegelapan.

Akhir Kata

Demikian adalah penjelasan mengenai pengertian doa kristen. Mudah-mudahan penjelasan mengenai definisi dan arti doa kristen serta manfaat berdoa menurut agama Kristen ini membuat kita lebih memahami pentingnya berdoa kepada Tuhan Yesus melalui perantara Roh Kudus.

Baca:

Tinggalkan komentar