Doa Syafaat Untuk Orang Tua

Contoh doa syafaat Kristen Protestan dan Katolik untuk orang tua, ayah, ibu, dan guru

Bersamakristus.org – Contoh doa syafaat kristen untuk orang tua. Ada ibadah yang dilakukan bersama jemaat secara ramai-ramai di gereja, dan ada pula ibadah yang dilakukan dalam kelompok kecil misalnya antar guru dan siswa sekolah maupun antar keluarga yang terdiri dari ibu, anak, ayah, kakek, nenek, serta orang tua.

Dalam setiap ibadah tersebut pun ada banyak sekali doa yang dipanjatkan. Mulai dari doa pembuka ibadah kristen, doa penutup ibadah kristen, doa pembacaan alkitab, hingga yang tidak boleh dilupakan adalah membaca doa syafaat.

Doa syafaat ini bermacam-macam konteksnya, disesuaikan dengan ibadah yang dijalani. Misalnya jika menjalani ibadah kaum ibu maka yang dibaca adalah doa syafaat ibadah kaum ibu. Dan bila menjalani ibadah keluarga, maka yang dipanjatkan adalah doa syafaat untuk orang tua.

Doa syafaat untuk orang tua juga bisa dibaca ketika menjalani ibadah bersama guru dan siswa, tujuannya adalah mendoakan orang tua di rumah, maupun mendoakan guru sebagai orang tua kita selama berada di sekolah. Pada kesempatan ini kami ingin memberi beberapa contoh doa syafaat untuk orang tua, namun sebelumnya mari kita simak pengertian dan definisi doa syafaat terlebih dahulu.

Apa itu Doa Syafaat Kristen?

apa itu doa syafaat kristen
apa itu doa syafaat kristen

Pada artikel sebelumnya, yakni artikel contoh doa syafaat kristen kita telah membahas secara lengkap pengertian dari doa syafaat. Di situ dijelaskan secara umum makna dari doa syafaat, isi materi, hingga waktu pembacaannya dalam ibadah di gereja.

Jadi, doa syafaat itu adalah doa yang dipanjatkan atas nama orang lain. Maksudnya, doa ini ditujukan untuk mendoakan orang lain, tentu doa-doa yang dipanjatkan adalah doa tentang kebaikan dan untuk hal-hal yang positif seperti meminta berkat dan memohon dijauhkan dari marabahaya.

Dalam ibadah rumah tangga ataupun ibadah di sekolah, doa syafaat yang biasanya doa kepada orang tua atau guru. Meski kadang ada juga yang memanjatkan doa syafaat secara umum untuk kebaikan umat Kristiani dan para jemaat gereja di seluruh dunia.

Kumpulan Doa Syafaat Untuk Orang Tua

kumpulan doa syafaat untuk orang tua
kumpulan doa syafaat untuk orang tua

Bagi yang tengah ingin belajar menulis doa syafaat Kristen untuk orang tua sendiri, Anda boleh mencontoh beberapa doa syafaat Kristen Protestan dan Katolik kepada orang tua yang singkat, pendek, ringkas, serta menggunakan bahasa yang baik.

1. Doa Syafaat Untuk Orang Tua dan Sekolah

Ya Tuhan, Bapa yang kami muliakan, pada hari ini perkenankan kami mengucap syukur atas berkat dan penyertaan-Mu sepanjajng hari dan sekian waktu lamanya Tuhan selalu menyertai kami baik dalam waktu senang maupun di kala susah. Ada banyak pergumulan dalam hidup kami, namun Tuhan selalu menolong dan buka jalan-Nya. Tanpa kasih-Nya, hidup ini tak bisa kami nikmati.

Di hari ini, secara khusus kami ingin memanjatkan doa syafaat untuk persekutuan ibadah di sekolah/kampus kami. Ya Tuhan, mohon bimbinglah kami selalu dalam pendidikan, agar dapat menuntut ilmu dengan baik dan bisa menyenangkan orang tua, terlebih Tuhan Yesus. Jangan biarkan kami terbawa dalam rasa malas dan enggan belajar. Berilah Roh semangat supaya kami selalu termotivasi sepanjang hari.

Ya Tuhan, dalam kesempatan ini kami berdoa untuk setiap pribadi yang hadir. Jamahlah kami untuk selalu rindu bersekutu dengan-Mu. Jauhkanlah kami dari hal-hal yang buruk, dosa, dan segala hal yang dapat membawa kami menuju jurang kehancuran. Untuk teman-teman yang belum dapat hadir, kiranya Tuhan sertai mereka di lain waktu agar dapat berkumpul bersama kami.

Untuk para guru yang bersusah payah mendidik kami, kiranya Tuhan juga memberkati mereka agar selalu diberikan kesehatan. Dalam setiap aktivitas apapun yang mereka kerjakan, kiranya Tuhan bukakan jalan untuk merea. Inilah doa dan ucapan syukur kam kepada Tuhan yang jauh daripada kesempurnaan. Dalam nama Tuhan Yesus yang menjadi juruselamat kami yang hidup, haleluya, Amin.

2. Contoh Doa Syafaat Untuk Orang Tua dan Guru

Bapa yang maha baik, puji Tuhan, terimakasih karena Engkau telah memberi banyak kebaikan dari pagi hingga malam meski Engkau tahu kami bukan manusia yang penuh dosa. Engkau telah memberi kami kesempatan untuk melaksanakan ibadah memuji dan memuliakan nama-Mu di sekolah ini. Berkatilah ibadah yang hendak kami lakukan agar dapat berjalan dengan lancar sesuai kehendak-Mu.

Ya Bapa, terima kasih pula Engkau telah memberi kami kasih sayang melalui orang tua dan kepedulian serta pendidikan melalui guru di sekolah yang selalu mendidik, membimbing, dan memotivasi kami untuk bisa menjadi manusia yang berguna bagi nusa, bangsa, dan negara. Maka pada kesempatan ini, biarlah kami memanjatkan sebuah doa untuk seluruh orang tua dan guru di dunia ini.

Ya Bapa, berkatilah orang tua kami, orang tua teman-teman di rumah, dan orang tua di seluruh wilayah Indonesia dan dunia agar selalu diberi kesehatan, keberkahan, dan rezeki yang cukup. Berkatilah mereka pula agar selalu bahagia, terutama ketika melihat anaknya berprestasi di sekolah. Berkatilah pula mereka supaya selalu dapat menjadi orang tua yang senantiasa membimbing anak-anaknya ke arah yang lebih baik.

Untuk tenaga pendidik, berkatilah guru, dosen, dan seluruh tenaga ajar sukarela yang menghabiskan waktunya untuk memberi ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak di seluruh dunia. Berkatilah mereka supaya selalu sehat dan hidupnya dipenuhi dengan kebahagiaan sebagaimana bahagianya anak-anak ketika mendapat ilmu baru dalam hidup mereka. Inilah doa kami, dalam nama Kristus kami memohon dan mengucap syukur, haleluya, Amin.

3. Doa Syafaat Kristen Untuk Orang Tua

Kepada Yesus Kristus, untuk Juruselamat kami di dunia, terima kasih banyak atas pengorbanan-Mu di kayu salib sehingga kami saat ini bisa berkumpul bersama keluarga, termasuk ayah dan ibu tercinta. Entah bagaimana jadinya bila Engkau tak mengorbankan darah suci-Mu, mungkin segala sukacita dan kegembiraan kali ini tak dapat kami miliki.

Ya Bapa, terima kasih kami haturkan kepada-Mu karena telah memberkati kami dengan orang tua yang sangat peduli serta penuh kasih sayang. Mereka selalu mendidik kami untuk menjadi manusia yang lebih baik, menegur bila salah, membantu bila kesulitan, dan melindungi bila dalam bahaya. Terima kasih ya Bapa, atas kehendak indah yang Engkau rencanakan.

Dalam kesempatan ini, biarlah kami memanjatkan doa untuk kedua orang tua kami, dan seluruh orang tua di dunia. Ya Baoa, berkatilah seluruh orang tua di muka bumi agar selalu sehat, bahagia, dan dilimpahkan rezekinya, termasuk rezeki ketika melihat anaknya tumbuh menjadi anak yang sukses di kemudian hari.

Berkatilah mereka agar selalu dapat menjadi orang tua yang membimbing anaknya ke arah yang benar, agar kehidupan keluarganya selalu berada dalam perlindungan dan penyertaan Yesus. Berkatilah mereka agar diberi umur panjang, agar ketika kelak anaknya meraih sukses, mereka akan menangis bahagia melihatnya. Inilah doa singkat kami, kiranya Tuhan mengabulkan sesuai kehendak-Nya. Melalui perantara Roh Kudus kami memanjatkan doa. Haleluya, Amin.

Akhir Kata

Sekian pembahasan mengenai beberapa contoh doa syafaat untuk orang tua. Mudah-mudahan doa syafaat yang ditulis di sini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua yang ditugaskan untuk membacakan doa syafaat tentang orang tua, ayah, ibu, guru, dan sebagainya.

Baca:

Tinggalkan komentar