Cara Mengendalikan Emosi dalam Kristen

Tips Kendalikan Amarah dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara mengendalikan emosi menurut Kristen. Semua orang memiliki emosi yang berbeda-beda, ada yang penyabar dan ada yang mudah marah dan meluapkan kemurkaan.

Sebagai orang percaya, tentu saja kita diajarkan untuk menjaga dan menahan emosi. Sehingga bukan hanya menghindarkan kita dari keburukan, melainkan juga tidak melibatkan orang lain dalam kegelapan.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang orang jahat, bahwa jika ada orang yang jahat kepada kita, kita tidak boleh membalasnya. Melainkan mengampuninya dan mendoakannya supaya bertobat.

Lalu bagaimana tips dan cara mengendalikan emosi menurut agama Kristen? Berikut ini ada beberapa lagnkah yang dapat Anda aplikaiskand alam kehidupan sehari-hari, silahkan disimak.

Cara Mengendalikan Emosi Menurut Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak penjelasan di bawah ini tentang cara mengendalikan emosi menurut agama Kristen. Anda bisa melihat ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Menahan Marah

“Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.”

Mazmur 37: 8

Jangan pernah terpancing dalam kemarahan, supaya tidak menimbulkan kejahatan lain yang buruk dalam kehidupan. Berusahalah untuk berdoa saat ada perasaan emosi besar yang ketika ingin marah, supaya Roh Kudus menjauhkan kita.

2. Bersabar

“Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.”

Efesus 4:2

Allah ingin supaya umat-Nya selalu bersikap lemah lembut dan sabar. Dengan ayat Alkitab tentang kesabaran, tentu saja kita bisa menjadi semakin mudah dalam mengendalikan emosi. Terutama ketika kita ingin merasa marah kepada seseorang. Kesabaran kita akan diuji di sini.

3. Mengasihi

“Tentang kasih persaudaraan tidak perlu dituliskan kepadamu, karena kamu sendiri telah belajar kasih mengasihi dari Allah.”

1 Tes 4:9

Cara mengendalikan emosi menurut Kristen lainnya yaitu dengan berusaha mengasihi satu sama lain. Kita harus bisa mengasihi sesama sesuai ayat Alkitab tentang mengasihi. Sehingga kita bisa dengan mudah mengendalikan emosi supaya tidak mudah marah atau benci kepada orang lain.

4. Mengampuni

“Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku sampai tujuh kali?” Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.”

Matius 18:21-22

Kita juga perlu mengampuni, karena dengan mengampuni akan memudahkan kita menahan emosi yang meluap. Biasanya emosi akan membuat kita makin sulit mengamuni, padahal itu tidak sesuai dengan ajaran yang dituliskan di dalam ayat Alkitab tentang mengampuni.

5. Tetap Tenang

“Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu.”

Yesaya 30:15

Supaya jauh dari dosa akibat emosi, berusalaha untuk tetap tenang. Dengan bersikap dan berusaha tetap tenang, kita tidak akan muncul emosi yang buruk dalam hidup kita.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai cara mengendalikan emosi menurut agama kristen. Mari kita amalkan tips di atas sehingga kehidupan kita bisa menjadi semakin baik ke depannya.

Baca: