Cara Berpakaian Menurut Kristen Bagi Wanita dan Laki Laki

Cara Berpakaian yang Benar Menurut Kristen

Bersamakristus.org – Cara berpakaian menurut Kristen. Setiap orang harus menjaga penampilannya di depan orang lain. Pasalnya jika tidak dapat menjaga penampilannya, bisa saja kita dipandang sebelah mata.

Bukan mendapatkan simpati, kita bisa saja mendapat hina. Meski sejujurnya kita tak boleh menanggapi buruk pendapat orang lain, tapi penampilan kita juga dapat merugikan orang lain.

Misalnya orang lain tidak nyaman melihat kita, kita gagal interview kerja karena penampilan tidak sopan, dan sebagainya. Hal tersebut bisa saja juga membuat keluarga dan anak-anak kita bersedih.

Dalam agama Kristen terdapat tata cara berpakaian yang baik dan benar. Ini menjadi tips gaya hidup yang patut kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, silahkan disimak.

Cara Berpakaian yang Baik Menurut Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja silahkan simak penjelasan mengenai cara berpakaian yang baik dan benar menurut agama Kristen. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Sopan

“Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

1 Kor 6:20

Saat menggunakan pakaian sebaiknya pakai yang membuat orang melihat kita cerminan dari diri Allah. Sehingga, kenakanlah pakaian yang sopan dan tidak memperlihatkan aurat.

2. Bertudung

“Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.”

1 Kor 11:6

Bisa diartikan bahwa ada baiknya wanita Kristen yang bijaksana itu bertudung supaya tidak mengundang hasrat lelaki. Seperti suster Katolik yagn berselibat untuk Allah, tentunya mereka mengenakan kerudung sebagai penutup kepala mereka.

3. Tidak Berlebihan

“Demikian juga hendaknya perempuan. Hendaklah ia berdandan dengan pantas, dengan sopan dan sederhana, rambutnya jangan berkepang-kepang, jangan memakai emas atau mutiara ataupun pakaian yang mahal-mahal, tetapi hendaklah ia berdandan dengan perbuatan baik, seperti yang layak bagi perempuan yang beribadah.”

1 Tim 2:9-10

Dari sini jelas dikatakan bahwa sebaiknya wanita tidak berlebihan dalam mengenakan pakaian. Berdandanlah yang wajar dan sederhana, karena kecantikan akan terpancar melalui kemuliaan Allah dalam sikap.

4. Menutup Aurat

“Imam haruslah mengenakan pakaian lenannya, dan mengenakan celana lenan untuk menutup auratnya.”

Imamat 6:10

Seorang laki-laki juga diharuskan memakai baju yang menutup aurat, harus dipahami bawa semua laki-laki adalah pemimpin keluarga. Sebagai gereja anglikan Tuhan paling kecil, baiknya laki-laki mengenakan baju atau celana yang tidak memperlihatkan auratnya.

5. Baik Dilihat Orang

“Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur.”

1 Korintus 14:40

Seorang laki-laki juga dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan jangan mengenakan pakain yang terlalu ketat, sobek-sobek, dan kurang enak dipandang. Karena akan lebih baik memakai baju yang pantas terutama ketika bertemu orang lain.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai cara berpakaian yang benar menurut kristen. Mari kita terapkan bersama-sama terutama dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca: