Doa Katolik Untuk Keluarga

Kumpulan contoh doa untuk keluarga secara Katolik.

Bersamakristus.org – Contoh doa katolik untuk keluarga. Keluarga merupakan harta yang paling berharga dalam hidup seseorang. Seperti kalimat dalam lirik sebuah lagu, ‘harta yang paling berharga adalah keluarga, mutiara yang paling indah adalah keluarga’ begitulah kira-kira. Oleh karena itu bersyukurlah bila Anda masih memiliki keluarga saat ini.

Mengucapkan syukur atas berkat Tuhan yang luar biasa tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dengan mengucap doa ucapan syukur kristen atau menyanyikan lagu-lagu pujian dan penyembahan rohani dengan tema hubungan di dalam keluarga (lagu rohani keluarga) antara ayah, ibu, anak, serta sanak saudara lainnya.

Sebagai informasi, keluarga adalah persekutuan antara ayah, ibu, dan anak yang memiliki hubungan darah. Keluarga adalah tempat pertama di mana kita belajar mengenal Yesus, keluarga juga menjadi tempat yang utama ketika kita merasa kebingungan akan jalan kehidupan secara Katolik.

Berdoa untuk keluarga bisa dilakukan dalam berbagai kesempatan. Misalnya ketika ada salah satu anggota keluarga yang sedang berulang tahun, saat tengah berkunjung ke rumah keluarga yang jauh, atau ketika ada anggota keluarga yang tengah sakit. Macam-macam pokoknya.

Maka dari itu, pada kesempatan yang baik ini kami ingin membagikan beberapa contoh doa Katolik untuk memohon kepada Tuhan agar memberkati keluarga kita dengan penuh sukacita serta kebahagiaan sepanjang harinya dan dijauhkan dari roh jahat maupun kuasa kegelapan yang bertujuan mengusik hati dan menjerumuskan ke jalan kejahatan.

Doa Katolik Pilihan Untuk Keluarga

doa katolik pilihan untuk keluarga
doa katolik pilihan untuk keluarga

Di bawah ini kami berikan beberapa contoh doa Katolik pilihan terbaik untuk keluarga tercinta secara singkat, pendek, dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Silahkan disimak.

1. Doa Untuk Keluarga yang Sudah Meninggal

Bapa yang begitu baik, Allah yang memiliki segala kuasa, kuatkanlah kami, anak-anak, dari orang tua yang telah meninggal dunia. Bantulah kami supaya tetap sabar dan berikanlah kami pengharapan. Limpahkan kami kepercayaan atas pengharapan bahwa dunia ke depan akan bisa jadi kembali baik.

Bapa, kedua orang tua kami memang telah lama meninggal dunia, namu terkadang kami merasa masih begitu dekat dengan mereka, saking betapa rindu ini terasa dalam hati. Seolah-olah hari-hari di masa lalu terjadi kembali, seolah kami masih berkumpul dan bercengkerama sebagaimana dahulu. Namun semua itu tentu tidaklah nyata.

Kami sadar bahwa Engkau memiliki rencana dan rencana-Mu pastilah yang terbaik. Maka dari itu, kiranya Engkau menghentikan kami dari penderitaan, hilangkan rasa sakit yang telah kami rasakan sepanjang tahun, dan hanya inilah pergumulan kami kepada-Mu. Kiranya Engkau membimbing kami agar dapat menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua, Amin.

2. Doa Untuk Keluarga yang Ditinggalkan

Ya Allah, segala puji syukur kami panjatkan kepada-Mu seraya menerima dan mensyukuri berkat dan penyertaan yang telah Engkau berikan sepanjang perjalanan hidupku, ayah, ibu, dan seluruh anggota keluarga yang lainnya hingga kini.

Ya Tuhan, kali ini saya tengah berada di kota, meninggalkan keluarga-keluargaku di desa, jauh dari orang-orang yang kami tinggalkan. Kiranya, Engkau selalu jagalah mereka agar teteap sehat, bimbinglah mereka agar dapat menjadi kelaurga yang baik dan beriman secara Katolik.

Bimbinglah mereka pula supaya selalu dapat menjalani kehidupan dengan baik, bantulah pula kami supaya dapat menjadi contoh yangbaik bagi keluarga lain. Tuhan, semoga ayah dan ibuku selalu berada dalam bimbingan kasih setia-Mu. Melalui perantara Roh Kudus, kepada Tuhan Yesus doa ini kami panjatkan. Amin.

3. Doa Untuk Keluarga yang Jauh

Allah, Bapa maha pengasih, kami panjatkan doa kepada-Mu, lindungilah keluarga kami di mana pun berada. Limpahkan kedamaian dan lindungilah mereka melalui cinta kasih-Mu. Berkkatilah kedua orang tua kami agar selalu Engkau jaga dan Kau lindungi pada setiap aktivitasnya.

Sebab mereka telah lebih dahulu melindungi kami pada setiap saat selama masa kecil. Berkatilah mereka pula dengan hati yang tulus dan murni. Mampukanlah kami sebagai anak supaya bisa menjadi anak yang berbakti serta dapat membahagiakan orang tua.

Pimpinlah kami dalam menjalankan setiap hal yang baik guna bisa menumbuhkan iman kami bersama kepada-Mu. Jauhkanlah pula kami dari rasa gelisah dan congkak hati sehingga kami dapat tetap mengutamakan kegembiraan untuk orang tua kami. Allah maha kuasa, melalui perantara anak-Mu doa ini kami panjatkan.

4. Doa Untuk Keluarga yang Sedang Sakit

Bunda Maria, Bunda Allah, dan Bunda kami semua. Kami pada kesempatan ini hadir di hadap-Mu dengan segala pengharapan bahwa Engkau akan menolong anggota keluarga kami yang tengah menderita sakit. Iman kami mengatakannya di dalam hati dan kami meyakini akan hal itu.

Untuk saudara kami yang sedang sakit dan di tengah penderitaanaya, kami berseru kepada-Mu, Bunda, sebab kami percaya bahwa hanya dengan meneriakkannya dapat membuat kami menjadi lebih baik. Sebab dengan begitu pula kami menjadi semakin yakin bahwa ada mukjizat kesembuhan yang hendak menghampiri anggota keluarga kami.

Apabila kami merasa tidak dimengerti dan seorang drii, kami tahu bahwa Engkau selalu bersama kami dan bahwa Engkau selalu akan mengasihi kami. Maka kiranya Engkau tolonglah saudara kami ya Bunda Maria, dan apabila dia sehat kembali bantulah dia mencintai Tuhan dengan lebih baik lagi. Amin.

Baca:

Kumpulan Contoh Doa Katolik Untuk Keluarga

kumpulan doa katolik untuk keluarga
kumpulan doa katolik untuk keluarga

Selain doa-doa di atas, kami juga memiliki beberapa teks atau kata-kata doa Katolik lain untuk keluarga mulai dari keluarga yang sedang kita kunjungi, doa puji syukur untuk keluarga tercinta yang jauh, sedang sakit, ulang tahun, meninggal, dan sebagainya.

1. Doa Untuk Keluarga yang Kita Kunjungi

Bapa, telah lama kami tidak berjumpa dengan sanak saudara seperti ini. Sekarang, kami berkumpul kembali setelah sekian lama dan rasa bahagia terpenuhi di dalam hati kami tentu segalanya merupakan berkat dan penyertaan-Mu. Maka dari itu kami berterima kasih atas berkat yang indah ini.

Bapa, kami sudah semakin dewasa, telah memiliki pasangan dan anak masing-masing, namun kenangan di masa lalu tetap terpatri dalam hati. Kiranya Engkau saling mengasihi kami, menyehatkan kami agar selalu dapat menjalani aktivitas secara rutin seperti biasanya.

Ya Tuhan, kiranya Engkau memberi kami kesempatan kembali pada suatu saat nanti untuk saling berjumpa lagi. Kiranya Engkau membuat kami menjadi semakin sukses dan datang berjumpa dalam kondisi yang baik. Mungkin itulah doa kami pada kesempatan ini. Mudah-mudahan Engkau mengabulkannya seturut kehendak-Mu.Amin.

2. Doa Katolik Untuk Keluarga Tercinta

Ya Allah Bapa, segala puji syukur kami haturkan kepada-Mu atas segala berkat dan penyertaan yang telah Engkau limpahkan kepada kami di sepanjang perjalanan hidup. Bapa, Engkau telah menciptakan manusia dan menghimpun kami menjadi keluaraga katolik.

Ya Bapa, Engkau pun telah memberi kami satu teladan, yakni keluarga Nazaret yang anggota-anggotanya memiliki takwa dan saling megasihi antar sesam. Engkau pun mendorong kami untuk bisa meneladani keluarga kudus tersebut agar kami dapat menjadi keluarga Kristen yang dibangun atas dasar iman serta kasih.

Semoga keluarga kecil ini mampu menjadi garam dan terang dunia. Semoga melalui doa ini pula kami mampu menjalankan serta mengamalkan peran ini kendati harus menghadapi berbagai macam ringangan. Berikanlah mereka kekuatan kepada anggota keluarganya, supaya mereka bisa membangun kembali keutuhan dalam hidup berumah tangga. Doa tiada sempurna ini kami panjatkan dalam pengantaran Kristus. Amin.

3. Doa Keluarga Katolik Puji Syukur

Puji syukur ya Bapa, pemilik dunia dan segala isinya yang dengan indah Engkau mengaturnya supaya dapat digunakan demi kesejahteraan dan kebahagiaan manusia. Kami sekeluarga selalu bersyukur kepada-Mu karena keluarga ini Engkau anugerahi dengan kesejahteraan dan kemuliaan.

Tangan dan kasih-Mu mengulur kepada kami, membuat kami dilimpahi segala yang kami butuh. Kami memohon kepada-Mu, agar kiranya tidak hanya menggunakan harta benda karunia-Mu untuk kepentingan sendiri, melainkan juga untuk kepentingan bersama. Maka kiranya Engkau utus Roh Kudus-Mu agar hati kami terbuka bagi sesama dan tangan kami terasa ringan ketika menolong yang sedang berkesusahan.

Kami tidak akan terbelenggu oleh karena harta benda itu, seperti pengabdi mamon. Sebaliknya, kami ingin menjadi semakin setia mengimani-Mu seiring bertambahnya kesejahteraan yang Engkau berikan. Semoga Yesus Kristus yang kaya namun bersedia menjadi miskin dapat menjadi teladan bagi kami kini, nanti, dan seterusnya. Amin.

4. Doa Pagi Katolik Untuk Keluarga

Ya Bapa kami yang tengah berada di kerajaan Sorga. Kami berterima kasih atas berkat-Mu pada kesempatan ini sehingga kami dapat menikmati hari yang baru dengan harapan yang kuat serta cinta yang ikhlas dan iman yang meningkat kepada-Mu.

Kami sekeluarga, bersama-sama akan berusaha dengan segala pikiran, perkataan, dan perbuatan yang kami ucapkan pada hari ini, dan segala perbuatan kami lakukan agar dapat terjadi sesuai dengan kehendak-Mu. Lalu bimbinglah kami dengan terang Roh Kudus-Mu agar akmi semakin serupa dengan Yesus Kristus, Putera-Mu.

Berkatilah pula keluarga kami dan semua orang yang hendak kami jumpai pada hari ini, agar semua orang dapat menunjukkan kebaikan, seperti Engkau berbaik hati bagi semua orang. Kami berdoa agar teladan Santa Perawan Maria dalam kesetiaan kepada-Mu dan keprihatinannya terhadap sesama menjadi semangat hidup kami sepanjang hari. Amin.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa contoh doa katolik untuk keluarga yang bisa dipanjatkan. Yuk mari bersama-sama doakan keluarga untuk selalu sehat, panjang umur, dan diberkahi oleh Tuhan yang kuasa sebab hanya dengan pertolongan Tuhanlah segala sesuatu bisa menjadi nyata.

Baca:

Tinggalkan komentar