Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara

Contoh doa syafaat Kristen Protestan dan Katolik untuk bangsa dan negara indonesia singkat saat ini

Bersamakristus.org – Conroh doa syafaat Kristen untuk bangsa dan negara. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai doa kristen untuk bangsa dan negara, yakni sebuah doa singkat yang dipanjatkan untuk memohon keselamatan bangsa, kemajuan negara, hingga untuk mendapatkan pemimpin yang adil kepada rakyatnya.

Namun, contoh doa Kristen yang dituliskan tersebut merupakan doa yang ditujukan untuk dipanjatkan secara pribadi kepada Tuhan. Bagaimana ketika menjalani ibadah bersama-sama dan ingin mendoakan bangsa dan negara? Ya dengan membaca doa syafaat.

Doa syafaat memang ada banyak macamnya, disesuaikan dengan konteks ibadah yang dijalani. Misalnya seperti pada pembahasan sebelumnya dalam ibadah natal, maka yang dibaca adalah doa syafaat natal. Dan bila melaksanakan ibadah umum, maka boleh membaca salah satunya adalah doa syafaat untuk bangsa dan negara.

Pada kesempatan ini kami akan memberi beberapa contoh doa syafaat Kristen untuk bangsa dan negara secara singkat, pendek, ringkas, dan menggunakan bahasa yang baik. Namun sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah baiknya kita simak terlebih dahulu pengertian dan definisi doa syafaat Kristen.

Apa itu Doa Syafaat Kristen?

Secara harfiah, syafaat artinya usaha perantaraan dalam meberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, sesuatu yang dimaksudkan untuk memberi kebaikan dan hal positif kepada orang lain. Dengan kata lain, syafaat berarti memohon kebaikan untuk orang lain.

Dalam konteks kehidupan bergereja, doa syafaat Kristen merupakan doa yang dipanjatkan untuk memohon agar orang atau pihak lain mendapat berkat dan penyertaan dari Tuhan yang kuasa. Doa ini juga kerap dipanjatkan untuk memohon agar orang atau pihak lain terhindar dari marabahaya.

Jadi, doa syafaat untuk bangsa dan negara merupakan sebuah doa yang dipanjatkan untuk memohon supaya bangsa dan negara Indonesia selalu mendapat berkat dari Tuhan dan terhindar dari segala hal serta pihak-pihak yang ingin memecah belah persatuan.

Kumpulan Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara

Sudah tahu doa syafaat itu apa, kan? Nah bagi yang ingin belajar lebih lanjut mengenai doa syafaat, atau sedang ditugaskan untuk membacakannya saat ibadah di gereja atau ibadah rumah tangga, bisa mencontoh doa syafaat Kristen yang pendek, singkat, ringkas, serta menggunakan bahasa yang baik berikut.

1. Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara Saat Ini

Bapa kami, Yesus Kristus yang berada di kerajaan Sorga, terima kasih Tuhan atas berkat hari ini karena Engkau telah memberikan kesempatan untuk kami saling berkumpul menguatkan dan saling mendoakan satu sama lain. Ya Bapa, melalui doa ini kami ingin terus memohon agar bangsa dan negara tempat kami tinggal, kiranya Engkau selalu melindungi dengan kasih yang tulus.

Ya Tuhan, kiranya Engkau selalu membantu bangsa ini agar terbebas dari segala macam bencana, malapetaka, pertikaian antar suku dan agama, hingga satukan kami semua dalam kasih suci-Mu, untuk bisa saling memberi dampak yang baik bagi negara tercinta kami ini.

Tidak lupa, kami juga ingin mendoakan seluruh pemimpin bangsa ini, mulai dari Presiden, anggota DPR, MPR, hingga para bahwaannya, kitanya Engkau selalu memberkati mereka dengan hikmat, sifat bijaksana, kejujuran, dan sifat adil dan sikap yang takut akan Engkau supaya mereka bisa menjalankan pekerjaannya sesuai kehendak-Mu.

Ya Bapa, demikianlah doa singkat dari kami ini panjatkan, kiranya Engkau senantiasa memberi kami pengampunan atas dosa dan kesalahan. Kiranya Engkau selalu meimpahi kami berkat sukacita dan kebahagiaan. Terima kasih ya Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami sudah berdoa, haleluya, amin.

2. Contoh Doa Syafaat Untuk Bangsa dan Negara Singkat

Tuhan yang maha baik, terima kasih telah memberi kami banyak kenikmatan mulai dari nikmat hidup yang layak, pekerjaan yang cukup, hingga keluarga yang selalu mendukung di kala sedih dan susah. Namun,kadang kami merasa iba melihat kondisi bangsa dan negara ini.

Setiap hari, selalu saja ada hal-hal yang diributkan. Bahkan hanya karena masalah keil saja, banyak yang menciptakan isu untuk membuat orang-orang saling dendam. Tentu ini bukan hal yang baik dan kadang kami merasa iri dengan kondisi negara lain yang begitu damai.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini perkenankan kami memanjatkan doa syafaat agar bangsa dan negara ini selalu selamat, makin maju, dipenuhi berkat bahagia dan sukacita, serta dijauhkan dari pihak-pihak yang ingin memecah belah bangsa dan menghancurkan negara. Melalui nama Tuhan Yesus, kami mohon kedamaian dan kesejahteraan bagi bangsa dan negara, Amin.

3. Doa Syafaat Untuk Bangsa Indonesia

Tuhan Allah kami, berkatilah bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang maju. Berkatilah pemimpin negeri ini agar selalu hikmat dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Bimbinglah mereka agar dapat menerapkan aturan-aturan yang baik demi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia serta kemuliaan nama-Mu.

Berkatilah seluruh orang tua di Indonesia untuk senantiasa mampu mendidik anak-anaknya dengan bijaksana dan takut kepada Tuhan. Lindungilah serta anak-anak bangsa ini dari pengaruh buruk yang merusak akhlak dan moral. Kasiahnilah para orang tua tunggal, yatim piatu, orang-orang sakit, dan orang miskin. Ulurkan tangan-Mu untuk mendolong mereka ya Tuhan.

Berkatilah pula pemuda dan pemudi bangsa dengan kecerdasan serta kepandaian yang dari-Mu Tuhan, untuk membuat mereka menjadi harapan masa depan bangsa. Berkatilah rakyat Indonesia dalam pekerjaan dan usahanya agar kebutuhan hidup sehari-harinya selalu terpenuhi.

Bimbinglah masyarakat bangsa ini agar mampu selalu menjaga kedamaian, tidak saling menghujat, saling menyalahkan dan saling berseteru karena masalah-masalah klasik. Engkau telah membagi kami dalam rentetan pulau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, maka persatukanlah kami dalam satu ikatan persaudaraan yang kuat.

Berkatilah pula alam Indonesia yang subur agar makin subur, yang gembur agar makin memberi hasil maksimal. Dan hindarkan alam Indonesia dari bencana alam, tsunami, dan malapetaka. Jauhkanlah hama yang merusak tanaman petani, dan jauhkanlah masyarakat Indonesia dari virus serta wabah penyakit berbahaya.

Bimbinglah pemimpin kami supaya menghindari perbuatan korupsi yang hanya akan membuat bangsa ini makin miskin dan menderita. Berilah terang kepada para hakim untuk memutuskan perkara dengna adil. Berilah pertobatan bagi bangsa ini. Kami mohon agar Engkau jangan murka dan memberi pencobaan melalui kehancuran, sebab Engkau adalah Allah yang maha pengasih.

Ya Allah, Engkau adalah Tuhan pelindung bangsa ini, persatukanlah rakyat kami, hindarkan dari perpecahan. Satukan energi bangsa agar menjadi satu kekuatan besar yang mampu membawa bangsa dan negara ini makin berjaya. Inilah doa kami, para anak-anak setia-Mu. Melalui perantara Roh Kudus kami mengucapkan syukur dan berdoa. Amin.

Akhir Kata

Demikianlah sedikit contoh doa syafaat untuk bangsa dan negara. Mudah-mudahan contoh doa yang dicantumkan ini dapat menjadi inspirasi bagi yang tengah ingin menulis doa syafaat Kristen dan membacakannya di hadapan para jemaat gereja.

Baca:

Tinggalkan komentar