Tata Ibadah Gereja HKBP

Cara Melaksanakan Ibadah Gereja HKBP

Bersamakristus.org – Tata ibadah gereja HKBP. Setiap gereja memiliki tata cara beribadah yang berbeda-beda, namun tujuannya tetap sama yaitu menyembah Tuhan Yesus.

Mungkin dalam beberapa aspek, seperti urutan kegiatan gereja, doa yang dipanjatkan, dan semacamnya memiliki perbedaan. Termasuk di gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP).

Sesuai namanya, HKBP adalah gereja beraliran Kristen Protestan di kalangan masyarakat Batak. Gereja ini merupakan yang terbesar di antara gereja-gereja Kristen yang ada di Indonesia.

Berbeda dengan tata liturgi tahbisan imamat, HKBP juga memiliki tata ibadahnya sendiri. Bagi yang belum mengetahuinya, di sini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang cara melaksanakan ibadah di gereja HKBP.

Tata Cara Melaksanakan Ibadah HKBP

Lagnsung saja tanpa banyak basa basi lagi, mari simak berikut tata cara lengkap melaksanakan ibadah gereja HKBP. Simak ulasan berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Doa Pembuka

Doa pembuka dilakukan untuk memulai ibadah. Tujuannya yaitu supaya seluruh jemaat yang beribadah saat itu mempersiapkan diri, hati, dan fokus kepada pikiran untuk mencari Tuhan. Biasanya pemimpin doa mengajak jemaat melepas semua beban di pundak, dan menyerahkannya kepada Tuhan.

2. Pujian dan Penyembahan

Pujian dan penyembahan di gereja HKBP dilakukan dengan menyanyikan lagu gereja terbaru yang bersifat kontemporer dan modern. Dalam pujian penyebahan disertai dengan ekspresi penyembahan, seperti mengangkat tangan, tepuk tangan, melompat, atau berbahasa roh.

Pujian serta penyembahan ini dilakukan untuk menyambut Allah yang datang sebagai raja di tengah umat-Nya. Selain itu juga untuk menyatakan bahwa Allah layak dipuji dan disembah. Ekspresi tepuk tangan, bersorak, dan melompat adalah ekspresi sukacita atas kehdiran Allah dan kemenangan yang telah Allah berikan untuk umat Kristen.

3. Doa Sebelum Firman Tuhan

Jemaat kembali diajak berdoa memanjatkan doa pembacaan Alkitab sebelum firman Tuhan. Tujuannya untuk mensyukuri kebaikan yang sudah Tuhan berikan dan menyiapkan hati untuk mendengar firman-Nya.

Selain itu tujuannya juga untuk meminta Tuhan membuka hati jemaat dan memberikan hikmat, supaya bisa menerma firman-Nya, mengerti, serta menanamkannya dalam hati. Menjadikan penuntun dan melakukannya dalam kehidupan yang dijalani.

Hamba Tuhan akan membagikan firman untuk didoakan, agar melalui ia Tuhan menyampaikan firman-Nay. Supaya Tuhan-lah yang memimpin lidah hamba-Nya tersebut, serta kehendak Tuhan-lah yang disampaikan. Doa ini biasanya juga dipimpin oleh pemimpin pujian atau hamba Tuhan yang menyampaikan firman Tuhan.

4. Khotbah

Khotbah atau penyampaian firman Tuhan dilakukan setelah berdoa. Hamba Tuhan yang menuampaikan firman tersebut ibsa dilakukan oleh pendeta dari gereja itu sendiri atau pendeta tamu yang berasal dari gereja lain.

Firman tuhan disampaikan supaya jemaat mengerti isi hati Tuhan dan menjadikannya sebagai tujuan hidup. Firman Tuhan ini juga berupa kutipan ayat Alkitab menurut tema yang disampaikan, penjelasannya, dan kesaksian dari pengkhotbah.

5. Doa Setelah Firman Tuhan

Setelah firman Tuhan, jemaat kembali diajak berdoa lagi, mengucap syukur atas firman Tuhan yang baru saja disampaikan. Selain itu doa juga ditujukan untuk meminta kekuatan Roh Kudus supaya bisa melakukan firman tersebut.

6. Persembahan

Persembahan adalah ikrar jemaat, bahwa segala sesuatu berasal dari Allah dan wajib kembali kepada Allah. Persembahan ini bersifat sukarela dan digunakan untuk pertumbuhan gereja.

7. Doa atas Persembahan

Setelah memberikan persembahan, jemaat kembali diajak untuk berdoa supaya persembahan yang diberikan bisa menjadi berkati bagi semua orang.

8. Pengumuman

Pengumuman merupakan penyampaian informasi terkait segala kegiatan gereja. Pengumuman ini dibacakan secara langsung oleh petugas.

9. Doa Syafaat

Doa syafaat Kristen bertujuan utnuk mendoakan pemerintah, dari pusat hingga ke pelosok desa, sekaligus mendoakan jiwa-jiwa agar percaya pada Tuhan.

10. Doa Berkat

Doa berkat ditujuakn sebagai perwujudan kesadaran bahwa Allah memberkati umat-Nya melalui hamba-Nya.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan dari kami mengenai tata cara ibadah gereja hkbp. Mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan khususnya bagi umat Kristiani mengenai cara melaknsakanan ibadah di gereja GKBP.

Baca: