Contoh Gereja Karismatik

Pengertian dan Contoh Gereja Karismatik di Indonesia

Bersamakristus.org – Contoh gereja karismatik yang ada di Indonesia. Ada banyuak sekali contoh gereja karismatik yang terdapat di Indonesia. Namun hal tersebut sering terlewatkan oleh umat Kristen. Kadang, sebagian juga masih kurang paham apa perbedaan gereja karismatik dengan protestan, khususnya soal doktrin yang diterapkan.

Selain itu apa saja gereja yang berkembang di Indonesia beserta pengajarannya juga jarang diketahui. Sebab memang pengajaran tiap gereja yang walaupun memiliki akar yagn sama bisa jadi mempunyai tata cara liturgi dan konsep berbeda antara gereja karismatik satu dengan yang lainnya.

Padahal, di antara banyak jenis gereja dengan aliran karismatik yang tersebar di Indonesia. Memang hingga saat ini salah satu aliran gereja yang terkenal sebenarnya adalah aliran karismatik. Ada banyak jenis dari gereja terseburt seperti misalnya gereja bethel atau pentakosta.

Hanya saja bisa jadi tidak semua umat Kristen menyadari keberadaannya. Maka dari itu, supaya lebih mengenal dekat dan jelas, simak ulasan mengenai beberapa contoh gereja karismatik yang ada di Indonesia berikut.

Pengertian Gereja Karismatik

Sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian dan definisi gereja karismatik terlebih dahulu. Gereja karismatik adalah tempat ibadah umat Kristen yang memiliki ciri-ciri khas yang dimiliki juga oleh pentakostalisme. Karunia-karunia roh seperti yang dijelaskan dalam Alkitab.

Gerakan kharismatik bisa memiliki banyak kesamaan dengan pentakosta. Sebab perkembangan pemahaman pentakosta tidak akan lepas dari perkembangan karismatik. Keduanya mengakui adanya kuasa Rohb Kudus.

Gereja pentakosta dan karismatik mempunyai gaya khotbah yang berapi-api dan banyak diterma secara luas di kalangan masyarakat. Gerakan gereja karismatik akan menjadi sub gerakan yang menjadi besar yang berada pada kalangan Katolik Roma, yang akan tumbuh bersama Katolik tradisionalis.

Contoh Gereja Karismatik di Indonesia

Berikut adalah beberapa contoh gereja karismatik yang terdapat di Indonesai. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. GBI Bethany

Salah satu gereja karismatik yang berkembang pesat dan berdiri di Surabaya adalah GBI Bethany. Gereja ini beribadah sesuai tuntunan Allah melalui cara berdoa di dalam roh. Maka dari itu banyak yang merasa senang beribadah di gereja ini karena pujiannya sangat baik dan beraneka ragam.

Sehingga banyak orang Kristen berminat untuk menyembah dan memuji nama Tuhan lebih lagi melalui lagu rohani persekutuan doa sepanjang ibadah di gereja. Adapun GBI Betahny ini juga telah melalui masa-masa panjang dan saat ini cabang ataupun perwakilan GBI Bethany tersebar di seluruh Indonesia.

2. GBI Tiberias

Gereja lain yang cukup terkenal adalah GBI Tiberias. Hal tersebut tidak lain karena gereja yang satu ini menekankan pada pelayanan yang sangat besar, misalnya dengan mengadakan kebaktian penyembuhan secara massal sehingga sering kali acara ibadah di GBI Tiberias dilakukan di luar area gereja.

Hal tersebut dilakukan agar visi dan misi yang dibandung dapat terwujud maksimal. Maka dari itu sering kali GBI Tiberias menjadi tempat favorit untuk beribadah bagi orang yagn suka merasakan sensasi ibadah karismatik pada gereja dengan aliran berbeda. Dengan ini, jemaat bisa merasakan pujian dan penyembahan yang benar menurut Alkitab pada saat beribadah.

3. Gereja Pusat Pentakosta Indonesia

Gereja Pusat Pentakosta Indonesia juga menjadi contoh gereja karismatik yang ada di Indonesia. Gereja ini sudah lama berdiir dan merupakan salah satu gereja yang menaungi aliran karismatik sejak dulu di Tanah Air.

Maka dari itu bila ingin tahu secara jelas konsep pada gereja karismatik ini bisa dengan mencari tahu lebih lanjut pada ibadah mingguan yang diadakan di dalam gereja. Selain itu, konsep dari gereja karismatik juga bisa membantu supaya memahami langkah pengajaran dan sikap yang diambil ketika beribadah di gereja.

4. Gereja Bethel Tabernakel

Ada juga gereja Bethel Tabernakel yang sering kali menaungi pemberian dana pendidikan pada siswa-siswi berprestasi. Tak heran bila Gereja Bethel Tabernakel mempunyai kesempatan untuk bekerja sama dengan banyak orang melalui institusi pendidikan yang mereka dirikan.

Bahkan ada pula sekolah yang bernaung di bawah gereja satu ini. Umat Kristen pun banyak yang mengenal gereja tersebut. Gereja ini juga mendirikan sekolah Alkitab untuk mendukugn visi dan misi Amanat Agung Penginjilan. Tak heran bila ada banyak orang Kristen yang mengenal Gereja Bethel Tabernakel tak hanya di kota besar, melainkan di banyak kota lain di Indonesia.

5. Gereja Mawar Sharon

Terakhir sebagai contoh gereja karismatik di Indonesia adalah Gereja Mawar Sharon. Ini adalah gereja yang terletak di Surabaya dan perkembangannya bercabang hingga kota lain. Di dalam gereja ini ibadahnya fokus pada aliran karunia Roh Kudus yang khusyuk selama menjalankan ibadah.

Penyampaian firman Tuhannya dilakukan secara berapi-api dan penyembahan atau pujian cukup menarik untuk diikuti. Gereja Mawar Sharon juga telah cukup lama melakukan ibadahnya di Indonesia, bahkan kini pelayanannya tergabung dalam beberapa organisasi sehinga ada beberapa orang Kristen yang cukup familiar dengan Gereja Mawar Sharon.

Akhir Kata

Demikian sedikit ulasan mengenai contoh gereja karismatik yang ada di indonesia yang terkenal namanya oleh orang Kristen. Banyak yang masih belum paham tentang gereja karismatik yang menekankan tujuan karunia Roh Kudus. Hal tersebut membuat mereka berpikir aliran gereja tersebut sama dengan aliran lain pada umumnya.

Memang benar bahwa yang membedakan antara gereja satu dengan gereja lainnya adalah liturgi dan beberapa administrasi, seperti misalnya pernikahan. Namun pada dasarnya semua gereja mengakui penyaliban Yesus dan percaya bahwa janji keselamatan dalam Alkitab itu nyata.

Baca:

Tinggalkan komentar