Tujuan Diturunkannya Kitab Taurat

Maksud Turunnya Kitab Taurat Menurut Kristen

Bersamakristus.org – Tujuan diturunkannya kitab Taurat. Taurat adalah limat kitab pertama dalam Alkitab Ibrani, sekaligus bagian dari Perjanjian Lama dalam Alkitab Kristen.

Dalam bahasa Yunani, kumpulan 5 kitab termasuk Taurat ini disebut Pentateukh. Taurat merupakan bagian penting dari kanon atau kitab suci orang Yahudi. Tentu saja ada banyak isi di dalamnya sebagai petunjuk hidup.

Kitab ini juga memiliki perbedaan dengan Injil, selengkapnya sudah kami bahas dalam perbedaan hukum Taurat dan Injil. Tapi pernahkah Anda berpikir apa sih tujuan diturunkannya Kitab Taurat?

Tentu saja untuk mengetahui hal ini, kita harus memahami sejarah penurunan Taurat menurut Alkitab dalam agama Kristen. Untuk itu, Anda bisa menyimak pembahasannya di bawah ini.

Tujuan Diturunkannya Kitab Taurat dalam Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan dan penjelasan mengenai tujuan diturunkannya Kitab Taurat dalam pandangan agama Kristen. Anda bisa melihat ulasan lengkapnya pada penjelasan berikut.

1. Supaya Manusia Kenal Dosa

Sebelum kitab ini diturunkan, manusia tidak kenal apa itu dosa. Sebab dosa pada hakikatnya merupakan pelanggaran akan firman Tuhan. Dikatakan dalam Roma bhawa hukum taurat membuat manusia kenal dosa, sebab meski dosa itu sudah ada namun manusia tidak mengetahuinya.

2. Supaya Manusia Tahu Dirinya Berdosa

Semua manusia sudah jatuh ke dalam dosa, dan Taurat merupakan cermin untuk mengamai rupa kita secara rohani. Manusia pun mengetahui bahwa dia telah berdosa kepada Allah.

Dengan turunnay kitab Taurat, manusia menjadi tahu mana yang baik dan mana yang jahat. Mengetahui bahwa dirinya sudah berdosa karena melanggar perintah Allah, setidaknya salah satu dari 10 perintah Allah.

3. Supaya Manusia Menahan Diri dari Dosa

Hukum Taurat yang diberikan bukan kepada orang benar, melainkan pada orang berdosa. Hukum ini diberikan supaya mereka bisa menahan diri dari perbuatan dosa, sebab rasa takut akna hukuman yang akan menimpa mereka. Hukum ini menjadi hukum sipil yang membuat kehidupan masyarakat menjai lebih teratur.

4. Sebagai Panutan dalam Kesucian

Hukum ini menjadi panutan untuk hidup dalam kesucian. Taurat mendorong manusia untuk selalu mengasihi Allah dan mendengarkan firman-Nya, mendorong supaya manusia tetap teratur beribadah, mengajarkan doa, mendorong perbuatan baik, menolong orang-orang yang membutuhkan, dan memuliakan nama Tuhan.

5. Memelihara Keberadaan Bangsa Israel

Taurat juga menjadi kitab yang memuat berbagai peraturan mengenai cara ibadah, cara hidup, bermasyarakat bagi bagnsa Israel. Ketetapan ini menjaga bangsa Israel tetap terpisah dari bangsa lain dan memiliki karakter Kristen sejati.

Hanya bangsa Israel yang tetap menjaga bahasa, budaya, dan ibadahnya selama ribuan tahun. Dinyatakan juga bahwa Israel merupakan bangsa yang diam tersendiri, tidak mau hidup di antara bangsa lain yang tidak kenal Allah.

Israel adalah bangsa pilihan Allah, Dia memberikan Taurat-Nya yang sempurna kepada bangas ini. Dia juga memberkati dan melindungi bangsa ini dengan luar biasa, tapi tetap mendisiplinkan pelanggaran yang mereka perbuat.

6. Menyatakan Manusia Tidak Bisa Menyelamatkan Diri

Tujuan diturunkannya kitab Taurat juga untuk membuat mausia mengenal dosa, menjadi cermin bagi kondisi rohani diri sendiri. Paulus menyatakan bahwa hukum Taurat membuat dosa tetap hidup dan membawa manusia dalam kematian.

Hukum ini membuat manusia sadar bahwa dia tidak bisa lepas dari dosa dengan usahanya sendiri. Makin berusaha manusia mencari pembenaran, makin manusia menyadari ketidak mampuannya. Sebab itulah Taurat tidak bisa menyelamatkan manusia, melainkan keselamatan datangnya dari Allah.

7. Menuntun Manusia kepada Kristus

Dikatakan hukum Taurat merupakan penuntun bagi umat percaya sampai Kristus datang. Yesus juga menyatakan bahwa kitab ini secara keseluruhan menulis tentang-Nya, termasuk kebangkitan Yesus. Yesus juga menyatakan Dia sedang menggenapinya saat itu, saat ia berada di dunia bersama murid-Nya.

Akhir Kata

Sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang tujuan diturunkannya kitab taurat dalam agama kristen. Mudah-mudahan kita semakin tahu apa maksud Tuhan menurunkan kitab Taurat di masa lalu.

Baca: