Manfaat Hari Sabat Bagi Umat Kristen

Manfaat Merayakan Hari Sabat Bagi Orang Kristen

Bersamakristus.org – Apa manfaat hari sabat bagi umat Kristen. Dalam Alkitab umat Kristen banyak dibahas mengenai hari Sabat. Akan tetapi mungkin banyak yang tidak paham apa sih hari sabat itu dan bagamana manfaatnya?

Sebagian besar hanya mengetahui Sabat adalah hari yang digunakan oleh umat Kristen untuk beribadah dan menyembah Tuhan menurut Alkitab yang benar. Tapi apa yang menjadi manfaat di balik hari tersebut tidak diketahui jelas.

Maka dari itu pada kesempatan ini sangat penting untuk memahami makna dari mengapa Allah memberikan hari Sabat kepada umat-Nya. Termasuk apa saja manfaat hari sabat. Sebelum masuk ke pembahasan inti, mari kita simak terlebih dahulu pengertian dan definisi hari sabat.

Pengertian Hari Sabat

Sabat atau istirahat atau berhenti bekerja adalah sebuah hari istirahat setiap sabtu dalam Yudaisme. Hari sabat dirayakan dari saat sebelum matahari terbenam pada hari Jumat hingga tibanya malam pada hari Sabtu.

Perayaan ini dilakukan oleh orang Yahudi dengan berbagai tingkat keterlibatan dalam Yudaisme. Kata Sabat didapat dari istilah Sabbath dalam bahasa Inggris, Sabt dalam bahasa Arab, dan Sabtu dalam bahasa Indonesia.

Dari kata ini pula muncul konsep sabatikal, yakni berhenti bekerja pada Hari Sabat. Orang Yahudi menganggap peringatan Sabat sebagai hari ke-7 setiap pekannya. tidak terputus sejak ditetapkan saat Allah menciptakan alam semesta di mana manusia diciptakan pada hari ke-6.

Sabat juga bisa diartikan sebagai hari perayaan dan salah satu hari beribadah. Pada hari Sabat orang Yahudi menyajikan makanan berlimpah sebanyak 3 kali setelah kebaktian di sinagoge selesai, yakni pada Jumat malam, Sabtu tengah hari, dan Sabtu sore sebelum Sabat berakhir.

Manfaat Hari Sabat Bagi Orang Kristen

Hari Sabat memiliki berbagai manfaat bagi orang yang percaya, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menyediakan Waktu Memuliakan Allah

Tujuan utama dari pelaksanaan hari Sabat di dalam Alkitab sebenarnya yaitu karena Allah ingin manusia memberikan waktu untuk memuliakan Dia secara khusus pada hari tertentu. Maka dari itu sejatinya hari Sabat diberikan Tuhan dengan tujuan supaya manusia bisa memiliki hari yang diutamakan untuk memuji Allah.

Hal ini dinyatakan melalui ibadah yang dilakukan umat Kristen pada setiap hari Minggu yang diyakini sebagai pengganti hari Sabat. Oleh sebab itu hendaknya setelah beberapa hari umat Allah bekerja, maka hari terakhir adalah waktu untuk memuliakan Allah sepenuhnya.

2. Istirahat dari Segala Pekerjaan

Manfaat hari sabat bagi orang umat Kristen berikutnya adalah supaya manusia memilik satu hari dalam seminggu untuk berhenti dari segala macam aktivitas pekerjaan yang dilakukan tiap harinay. Sehingga manusia punya jeda waktu untuk beristirahat dan tidak melulu membiarkan dirinya dikuasai pekerjaan.

Oleh sebab itu penting supaya manusia memaknaihal ini dengan doa ucapan syukur kristen. Salah satunya dengan memanfaatkan hari Sabat benar-benar hanya untuk beribadah dan kemudian untuk beristirahat dari pekerjaannya. Karena sering kali masih banyak umat Kristen yang bekerja pada hari Minggu atau hari Sabat.

Hal ini bisa jadi tidak sesuai dengan keinginan Allah. Tuhan memberikan 6 hari untuk bekerja dan 1 hari untuk istirahat yang perlu digunakan sebaik-baiknya oleh manusia.

3. Umat Kristen Fokus kepada Allah

Manfaat hari Sabat bagi uma Kristen berikutnya supaya manusia hanay berfokus pada Allah saja. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa beban kerja manusia sehari-hari membuat mereka tidak memiliki cukup waktu untuk memikirkan Allah, apalagi beribadah dan memuliakan-Nya.

Padahal sejatinya Allah ingin diutamakan dan selalu disembah. Oleh sebab itu adanya hari Sabat menjadi salah satu sarana agar manusia bisa lebih fokus pada Allah dan mengingat kebaikan Allah di dalam hidupnya.

4. Sebagai Hari Pemulihan

Hari Sabat sebenarnya diberikan Allah tak lain juga untuk membantu sebagai hari pemulihan bagi orang yang dikasihi-Nya. Karena pada Perjanjian Baru dikatakan bahwa menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat masih diperbolehkan.

Maka dari itu Tuhan memberikan waktu tertentu pada manusia, yakni hari Sabat supaya manusia bisa memulihkan dirinya setelah 6 hari bekerja. Oleh sebab itu sebaiknya manfaatkan waktu dan utamakan untuk beristirahat.

Terutama jika mengalami sakit penyakit dan kurang sehat. Apalagi di dalam ucapan kristen untuk orang sakit dikatakan bahwa pengobatan bisa dilakukan kapan saja, termasuk pada hari Sabat.

5. Menguduskan Allah

Hari Sabat juga bermanfaat agar manusia bisa menguduskan nama Tuhan secara khusus. Sebaiknya di hari Sabat umat Kristen melepaskan berbagai macam pekerjaan yang dilakukan kemudian mengambil waktu untuk berdoa.

Bila perlu, lakukan pujian dan penyembahan yang bisa menyenangkan hati Allah. Setelah beribadah di gereja, ada baiknya menyempatkan diri menguduskan Allah dan mengambil waktu untuk berdoa yang benar agar dikabulkan supaya bisa menyenangkan Allah.

6. Waktu untuk Menikmati Istirahat

Pada hari Sabat Allah mengasihi manusia dengan sungguh-sungguh. Sekalipun Allah menghukum manusia ke dunia dan bekerja untuk mencari nafkah, namun Allah tetap mengasihi manusia dengan memberikan dan memberlakukan hari Sabat untuk manusia.

Bayangkan bila hari Sabat hanya hari yang dinikmati Allah pada masa penciptaan saja, tentu manusia tidak punya kesempatan untuk beristirahat meskipun hanya sehari di dalam hidupnuya. Maka dari itu, panjatkanlah syukur yang besar kepada Allah dan nikmati kesempatan yang telah Allah berikan berupa perhentian pada hari Sabat.

Pakailah hari Sabat sebaik mungkin untuk beristirahat dari aneka beban pekerjaan. Nikmati dan biarkan hati serta pikiran tentang dengan melupakan pekerjaan sejenak serta memfokuskan hati hanya kepada-Nya.

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat hari Sabat menurut Kristen yang memang tidak dijelaskan secara detail di dalam Alkitab. Namun melalui firman Tuhan tidak dapat diketahui dan disimpulkan secara jelas akan manfaat tersebut sehingga umat Kristen tidak sekedar merayaka sejarah hari Sabat saja.

Melainkan juga mengetahui makna dan manfaat di balik adanya hari tersebut. Dengan demikian, umat allah makin bisa mengetahui maksud yang Allah berikan, terutama tujuan diberikannya dan diturunkannya ayat Alkitab tentang hari Sabat untuk melaksanakan ibadah.

Baca:

Tinggalkan komentar