Cara Menerima Baptisan Roh Kudus

Tata Cara Penerimaan Baptisan Roh Kudus

Bersamakristus.org – Cara menerima baptisan roh kudus. Baptis jika dilihat dari ritualnya mungkin yang pertama ada di benak kita adalah memasukkan seseorang ke dalam air. Tapi, sebenarnya itu hanya simbol saja.

Mungkin juga kalian sudah pernah dibaptis dan mengikuti katekisasi dan tahu apa saja makna baptis. Maknanya adalah menandakan baptis roh yang ada dalam diri kita, inagt saat Yesus mati dan bangkit pada hari ketiga?

Saat itulah kita dibaptis secara roh. Kita akan mengikuti mati dan bangkit mengalahkan maut bersama Yesus. Karena itu baptis memiliki hubungan yang sangat erat dengan Yesus Kristus.

Tapi sebelum itu Anda harus mengetahui cara mengikuti atau menerima baptisan Roh Kudus. Bagi yang belum tahu di sini kami akan menjelaskan kepada Anda tentang hal tersebut, silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menerima Baptis Roh Kudus dalam Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang cara menerima baptisan Roh Kudus di bawah ini. Penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Percaya Yesus Adalah Juruselamat

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempercayai bahwa Yesus merupakan juruselamat. Yesus datang ke dunia dan hidup sebagai manusia. Kemudian Dia mati disalib untuk menebus dosa manusia. Ini adalah rancangan Allah sehingga Dia menyerahkan anak-Nya yang tunggal.

Sekarang apakah kita percaya bahwa Yesus datang untuk menebus dosa-dosa kita? Apa kita sudah siap meneirma Yesus sebagai Juruselamat? Apa kita yakin dengan hal tersebut? Keyakinan kita kepada-Nya adalah hal mutlak untuk bisa menerima baptisan Roh Kudus.

2. Meninggalkan Seluruh Dosa

Semua manusia memang sudah berdosa, bahkan sejak lahir oleh karena dosa asal. Manusia tidak akan bias hidup kudus tanpa dosa sekeras apapun dia berusaha. Tapi, kesungguhan hati untuk meninggalkan dosa perlu ditekankan, apabila kita memilikinya maka Allah akan membenarkan kita.

Manusia tentu saja tidak bisa luput dari dosa karena itu merupakan kelemahannya. Sebelum kita melakukan baptis kudus kita harus berniat untuk meninggalkan kehidupan daging kita? Apakah kita mau menerima Roh Kudus sepenuhnya untuk tinggal dalam diri kita?

3. Pengakuan yang Terbuka

Pengakuan terbuka di sini masudnya adalah pengakuan terhadap dunia bahwa kita menolak dosa dan menerima Tuhan Yesus Kristus. Alasan mengapa kita perlu melakukan pengakuan ini adalah karena penolakan kita terhadap dosa serta penerimaan kita terhadap Yesus merupakan sesuatu yang dikehendaki Allah dalam diri orang percaya.

Hal ini sesuai yang dikatakan dalam Roma 10:9. Dijelaskan bahwa apabila kita mengakui Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan dan percaya jika Allah membangkitkan-Nya dari orang mati, maka kita bisa selamat.

4. Taat

Roh Kudus alkan diberikan kepada mereka yang taat kepada Allah, ini artinya adalah penyerahan diri sepenuhnya kepada-Nya. Dasar Alkitab ini yang menyatakan bahwa roh Kudus hanya diberikan pada mereka yang taat terdapat pada Alkitab.

Roh Kudus yang dikaruniakan Allah kepada semua orang yang menaati Dia.

Kisah Para Rasul 5:32

Kita tidak bisa menaati satu dua perintah-Nya, melainkan harus seluruhnya. Karena itu supaya bisa menerima karunia Roh Kudus, kita harus menyerahkan diri pada kehendak Allah dan taat secara sempurna kepada-Nya.

5. Rasa Haus

Maksud dari rasa haus di sini adalah seperti yang dikatakan dalam Yohanes 7:37-38. Ayat ini menjelaskan siapa yang harus maka harus datang kepada-Nya. Siapa yang percaya kepada-Nya maka di dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran hidup, yaitu roh yang diterima oleh orang percaya.

Rasa haus yang dimaksud di sini adalah keharusan secara spiritual yang bisa mendorong manusia untuk mencari dan melakukan sesuatu untuk mengisi hatinya. Bila dia mengisi hatinya dengan datang kepada Yesus, maka Dia akan mendapatkan roh dari-Nya, sehingga rasa haus ini akan terpenuhi karena karunia Roh Kudus.

6. Minta kepada Allah

Setelah itu kini saatnya kita meminta dengan sungguh-sungguh kepada Allah untuk mencurahkan Roh Kudus-Nya kepada kita. Dalam Lukas 11:3 dikatakan bahwa Allah akan memberikan Roh Kudus kepada mereka yang memintanya.

Oleh karena itu kita perlu menyediakan waktu khusus untuk berdoa dan meminta secara spesifik mengenai apa yang kita inginkan. Bukan karena seberapa baik permintaan itu, melainkan karena kita sangat membutuhkan Roh Kudus.

7. Iman

Iman yang dimaksud di sini bukan berarti kita harus percaya kepada penebusa dosa Yesus Kristus. Melainkan , kita percaya Allah akan memberikan apapun yang kita minta.

Bila kita sudah memeuhi poin-poin di atas, namun tak memiliki iman atau keyakinan akan penerimaan Roh Kudus, maka kita tidak akan menerimanya. Kesimpulannya adalah kita harus percaya bahwa Allah akan memberikan Roh Kudus kepada kita.

Akhir Kata

Simak langsung pembahasan tentang cara menerima baptisan roh kudus kristen. Semoga kita bisa mempersiapkan dengan baik agar bisa menerima baptisan roh kudus dengan tepat dan benar.

Baca: