Cara Menghilangkan Rasa Bersalah Menurut Kristen

Tips Mengusir Rasa Bersalah dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Cara menghilangkan rasa bersalah menurut Kristen. Beberapa orang Kristen tidak menyadari mereka pernah melakukan kesalahan, namun banyak yang telah sadar dan bertobat.

Setelah mengetahui bahwa kita bersalah, tentu saja kita perlu memanjatkan doa Kristen pengakuan dosa. Kemudian jika sudah, kita juga perlu ingat untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Tapi kadang meski demikian, kita tidak bisa menghilangkan perasaan bersalah. Sehingga, kita pun membuat diri kita terlalu berhati-hati atau justru tidak mau berhubungan lagi dengan orang lain karena takut berdosa kembali.

Tentu saja itu bukan hal yang baik dilakukan. Pada dasarnya kita tetap perlu menghilangkan rasa bersalah. Bagaimana caranya? Ada beberapa cara atau tips yang bisa dilakukan, berikut beberapa di antaranya.

Cara Menghilangkan Rasa Bersalah Menurut Agama Kristen

Di bawah ini ada penjelasan untuk kita bagaimana cara menghilangkan rasa bersalah menurut agama Kristen. Simak ulasan yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber berikut.

1. Hidup Baru

Ubahlah hidup kita sesuai dengan tuntunan Allah, sesuai buah-buah roh Kudus dalam hidup sehingga kita bisa melupakan dosa di masa lalu. Hal ini akan membantu menghilangkan rasa bersalah dengan menebus kesalahan lewat swgala bentuk ketaatan pada Allah di masa sekarang.

2. Iman

Umat Kristen juga harus yakin serta percaya, memiliki iman besar kepada Allah bahwa Tuhan yang akan membebaskan perasaan bersalah itu. Dalam firman Allah menjanjikan karunia Roh Kudus untuk memberi ketenangan dan damai sejahtera sehingga kecemasan tidak akan menghantui lagi.

3. Melepaskan

Sebaiknya kita juga melepaskan segala perkara tentang masa lalu, berdamailah dengan kesalahan yang sudah diperbuat. Jangan ingat lagi dan selalu percaya akan masa depan saja, sehingga kita bisa membantu membebaskan rasa bersalah yang membelenggu.

4. Tuntunan Roh Kudus

Cara menghilangkan rasa bersalah dalam Kristen berikutnya yaitu jangan lupa untuk meminta karunia roh Kudus. Sehingga bukan kekuatan kita sendiri yang membebaskan, melainkan kita bergantung pada kekuatan Allah, sehingga segala perjalanan hidup akan terasa lebih mudah.

5. Berserah

Selanjutnya kita bisa berserah kepada Allah, karena dengan demikian maka Allah yang akan memberikan kita ketenangan hati dan pikiran. Dengan kata lain, perasaan yang tidak nyaman dalam hidup bisa teratasi, tentunya akan lebih mudah bagi kita melepaskan rasa berslaah tersebut.

6. Bertobat

Apapun masalah yang kita miliki, segeralah bertobat dan minta ampun kepada Allah. Lakukan terutama kepada orang yang telah kita sakiti dengan meminta maaf terlebih dahulu. Setelah bertobat, hati kita akan menjadi lebih tenagn dan lega, otomatis perasaan buruk itu bisa segera hilang.

7. Berdoa

Kemudian hal yang paling penting berikutnya kita harus berdoa kepada Tuhan, sehingga Tuhan sendiri yang akan memberikan kemampuan kepada kita untuk melepaskan rasa bersalah. Dengan demikian, kita bias merasakan hidup yang lebih tenang di kemudian hari.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu tentang cara menghilangkan rasa bersalah menurut agama kristen. Semoga kita bisa menghilangkan rasa bersalah yang ada dalam jiwa dan hati kita.

Baca: