Peranan Roh Kudus dalam Gereja

Peranan Roh Kudus bagi Umat Kristiani

Bersamakristus.org – Peranan Roh Kudus dalam gereja. Dalam Kristen, Roh Kudus adalah pribadi Ilahi, Dia memiliki perasaan, pikiran serta keinginan. Maka dari itu Alkitab mengajarkan untuk meneladaninya.

Roh Kudus tentu saja memiliki banyak peran bagi berbagai aspek. Tidak hanya peran roh kudus bagi kehidupan orang percaya, Roh Kudus juga berperan dalam kehidupan gerejawi.

Peranan ini tentunya yang membuat setiap ibadah yang diselenggarakan, pelayanan yang dilakukan, dan jemaat yang mengikuti kebaktian merasa dirinya berada dekat dengan Tuhan.

Lebih lengkapnya, kita akan melihat apa saja peranan Roh Kudus dalam gereja umat Kristen dan Katolik. Anda dapat melihat ulasan lengkapnya dalam penjelasan di bawah berikut ini.

Peranan Roh Kudus dalam Gereja Umat Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan mengenai peranan Roh Kudus bagi gereja. Langsung saja, ini dia uraian lengkapnya untuk Anda.

1. Mengendalikan Karunia Ibadah Gereja

Seluruh karunia Roh Kudus dalam gereja tidak bisa dibiarkan begitu saja dan ada peranan di dalamnya. Sehingga itu membuat karunia roh dalam ibadah akan mendatangkan damai sejahtera dan kemuliaan untuk Allah, yaitu karunia berlangsung untuk membangun dan tidak menghancurkan iman orang.

Para Nabi sudah diberi wewenang mengoreksi, juga harus melewati ujian dan berlangsung secara teratur. Kita pun bisa menundukkan diri pada Tuhan dan sesama, terutama kepada pemimpin agar tidak terjadi kekacauan.

2. Menghadirkan Kristus Secara Sakramental

Roh Kudus juga berperan menghadirkan Kristus secara sakramental dalam gereja. Terutama pada saat perayaan ekaristi kudus, sehingga gereja tetap hidup dan tumbuh hingga akhir zaman.

3. Memberi Kehidupan Baru

Roh Kudus memberikan kehidupan abru bagi seluruh umat beriman, sebab tidak terputus selalu bertobat dan menyesal atas dosa. Pertobatan yang dilakukan terus menerus akan membuat orang akan menjadi lebih dewasa dalam iman dan menggerakkan hatinya untuk berbuat kasih.

4. Pemersatu Gereja

Peranan Roh Kudus dalam Gereja selanjutnya adalah mempersatukan gereja Allah. Ini bisa dibuktikan dengan adanya Gereja Katolik di bawah pimpinan Paus. Sebagai penerus Rasul Petrus, Paus mengajarkan kesatuan pengajaran yang hanya bersumber dari ajaran Kristus. Lewat pengajaran ini, Roh Kudus hadir memberikan bimbingan gereja sampai kepenuhan kebenaran.

5. Mempersatukan Umat dalam Kristus

Adanya Roh Kudus membuat umat yang mnejalani peran berbeda setiap orangnya akan dipersatukan dalam tubuh Kristus. Roh Kudus juga berperan mempersatukan seluruh umat dengan Kristus, sehingga Roh Kudus juga akan mempersatukan umat beriman yang satu dengan lainnya.

6. Mendorong Gereja untuk Melayani

Gereja juga bisa semakin terdorong untuk melayani masyarakat. Hal ini terjadi karena rahmat yang diberikan Allah diterima gereja melalui kesatuan dengan Kristus yang kemudian menjadikan terang untuk menyinari segala bangsa dan masyarakat.

7. Mendampingi Gereja

Roh Kudus berperan penting mendampingi gereja untuk menjadi persekutuan hidup. Karya gereja bisa dirasakan semua umat sampai sekarang, seperti pendidikan, pewartaan, khotbah, perayaan ekaristi, dan lainnya.

8. Memampukan Manusia untuk Diakonia

Peranan Roh Kudus selain itu juga untuk memampukan manusia agar bisa melaksanakan tugas pelayanan atau diakonia. Sesus merupakan raja, namun Dia mau menjadi pelayan. Agar bisa melayani, manusia perlu sikap rela berkorban, dengan kekuatan Roh Kudus lah sikap tersebut bisa dimiliki.

9. Mendorong Persekutuan

Roh Kudus mendorong persatuan antarumat di dalam gereja. Dilihat dair cara hidup jemaat perdana, kita bisa menjadikan contoh bagaimana membuat persatuan gereja tetap kokoh. Keadaan di era modern in mnejadikan upaya sekuat tenaga perlu dilakukan untuk memenuhinya, dengan itu, Roh Kudus berperan penting membantu manusia.

10. Menguduskan Kegiatan Liturgi

Selanjutnya, Roh Kudus berperan mendorong umat beriman untuk saling menguduskan lewat kegiatan liturgi. Roh Kudus akan terus membimbing manusia mencari kekudusan, sehingga gereja juga bisa menjadi kudus karena karya dari Roh Kudus.

Dalam kehidupan orang beirman, kegiatan saling menguduskan bisa dilakukan dalam berbagai bidang. Contoh kegiatan liturginya antara lain Perayaan Ekaristi, Ibadat Sabda, Koor gereja, Ibadat Jalan Salib, serta berbagai kegiatan liturgi lainnya.

Akhir Kata

Demikian singkat pembahasan kami mengenai peranan roh kudus di dalam gereja. Semoga kita bisa mendapatkan Roh Kudus yang selalu mengiringi kehidupan kita.

Baca: