Tokoh-tokoh Alkitab

Tokoh dalam Firman Tuhan yang Bisa Diteladani

Bersamakristus.org – Tokoh-tokoh Alkitab. Alkitab merupakan sebutan untuk Kitab Suci yang dipercaya oleh Kristen Protestan dan Katolik. Di dalamnya, ada banyak tokoh yang diceritakan.

Tokoh-tokoh yang ada di dalam Alkitab diceritakan tentang masa lalu, kepribadian, serta keteladannya. Ada kisah positif, ada juga kisah negatif yang tidak boleh kita tiru.

Tentu saja kita harus meneladani apa yang baik di dalam Alkitab. Selain itu, kita juga harus menghindari apa yang dilakukan oleh tokoh-tokoh yang tidak mengerjakan perbuatan baik.

Dalam Alkitab juga banyak tokoh yang paling sering disebutkan namanya, beberapa dari mereka memiliki kisah yang dapat diteladani. Di kesempatan ini, kami akan menguraikan siapa saja mereka.

Tokoh-tokoh Alkitab yang Dapat Diteladani

Ada beberapa tokoh yang ada di dalam Alkitab, paling sering diceritakan kisahnya. Secara singkat akan kami bahas di bawah berikut ini, mari dilihat sama-sama.

1. Yesus Kristus

Yesus Kristus menjadi tokoh Alkitab, sang juruselamat yang datang ke dunia untuk membebaskan manusia dari dosa. Dia adalah anak Allah dengan wujud setengah Allah dan setengah manusia. Banyak yang sudah mengetahui-Nya.

Dia adalah sosok yang baik, pemurah, pengampun, penyabar, dan masih banyak lagi. Yesus memiliki semua sifat yang dimiliki manusia biasa, tapi sosok ke0Ilahian juga terpancar dalam diri-Nya.

2. Maria dan Yusuf

Meski tidak ada karakter mencolok dari dua tokoh ini, namun mereka menjadi sosok penting dalam Alkitab. Maria dan Yusuf adalah dua orangtua yang megasuh Yesus. Mereka menjadi kaki tangan Allah yang dipercaya menjaga Mesias.

🔥 Trending:   Sola Gratia

Maria sebagai ibu yang mengandung Yesus, sementara Yusuf adalah ayah yang menemani Maria sampai lahir. Setelah Yesus lahir ke dunia, Yusuf memang sangat jarang dibahas dalam Alkitab.

3. Maria Magdalena

Siapa yang tidak kenal Maria Magdalena, dia adalah ‘kupu-kupu malam’ terkenal di kalangan Yahudi. Dia menjual diri untuk mendapatkan uang, namun ia kemudian bertobat ketika Yesus datang menolongnya dari ahli Taurat dan orang Farisi.

Tidak ada seorang dari mereka yang melempari Yesus batu. Ketulusan Tuhan untuk mengampuni kesalahan Maria Magdalena menjadi penyebab dia bertobat dan menjadi anak Tuhan.

4. Musa

Tokoh Musa juga tidak kalah populer dibandingkan tokoh-tokoh Alkitab lainnnya. Musa dikenal ketika peristiwa keluarnya bangsa Israel dari tanah perbudakan Mesir. Dia dipercaya Tuhan untuk membebaskan dan membawa bangsa Israel keluar tanah penjajahan.

Musa juga dipercaya untuk menuliskan isi dari loh batu yang dikenal dengan anam hukum Taurat. Meski awalnya dia ragu melakukannya, tapi akhirnya dia bersedia setelah mendengar perkataan Tuhan kalau dia selalu menyertai Musa.

5. Abraham

Nama Abraham sangat sering disebutkan dalam berbagai khotbah, baik utnuk orang dewasa dan juga anak-anak. Dirinya dikenal sebagai orang yang sangat beriman dan mau melakukan apa saja yang diperintahkan Allah.

Salah satunya karena dia menyerahkan anaknya sebagai korban bakaran. Dia tidak keberatan melakukannya, namun Allah tidak tega sehigga mengubah anak Abraham menjadi domba sebagai korban bakaran atau persembahan.

6. Nuh

Anda tentu sudah tahu tokoh yang satu ini. Nuh menjadi sangat dikenal sebagai salah satu orang yang selamat ketika peristiwa air bah. Dia membangun sebuah bahtera dan membuat keluarganya selamat.

Dalam Alkitab, memang tidak ada pembahasan rinci bagaimana bahtera yang dibuat Nuh, penjelasan tentang waktu dan ukuran bahteranya juga tidak ada. Tapi umat Kristiani diajarkan untuk selalu meniru karakter Nuh.

🔥 Trending:   Keteladanan Yesus Kristus

7. Daud

Orang kerdil bisa mengalahkan raksasa? Hanya Daud yang berhasil melakukannya. Ketika itu dia berhasil mengalahkan seekor Goliat, dan dia pun menjadi populer di kalangan banyak orang. Daud dan Abraham memiliki kemiripan karena sama-sama menjadi orang istimewa bagi Tuhan.

“Setelah Saul disingkirkan, Allah mengangkat Daud menjadi raja mereka. Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hatiku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.”

Kisah Para Rasul 13:22

8. Salomo

Salomo adalah keturunan Daud, dia berhasil mengadopsi sifat ayahnya. Dia merupakan raja yang sangat sukses pada masanya. Di antara raja yang pernah memerintah, Salomo menjadi sosok raja terkaya.

Kekayaannya terbukti pada saat anak tangga di dalam kerajaan terbuat dari emas murni/Selain itu dia juga berhasil mendirikan bait Allah, semua bahannya terbuat dari emas.

9. Yusuf

Yusuf adalah keturunan Yakub, dia merupakan anak yang paling dikasihi. Ini menjadi penyebab mengapa dia paling dibenci saudara-saudaranya. Yusuf juga memiliki kemampuan untuk bisa menafsirkan mimpi.

Ketika dia bercerita kepada saudara-saudaranya, dia sangat dibenci karena dianggap sok tahu. Bahkan Yusuf juga pernah hampir dijual serta dijadikan budak di tanah Mesir akibat ulah saudaranya.

10. Daniel

Tokoh-tokoh Alkitab berikutnya adalah Daniel, sosok anak muda dari keluarga bangsawan. Di masa itu dia menjadi penyedia anggur dan penjabat di Babel bersama tiga temannya. Meski di bawah kekuasaan penyembahan berhala, Daniel masih mengikuti perintah Tuhan.

11. Zakheus

Di masa itu, Zakheus dianggap menjadi orang yang hina dan berdosa oleh bangsa Yahudi. Dia bekerja sebagai pemungut cukai. Jumlah yang ditarik Zakheus melebihi yang seharusnya dibayar.

Dia dianggap menjadi rentenir, dan memiliki bentuk tubuh pendek serta kerdil. Pada saat Zakheus melihat Tuhan datang, dia rela naik ke atas pohon demi bisa melihat-Nya.

🔥 Trending:   Prinsip Tabur Tuai dalam Kristen

12. Lazarus

Dia dikenal sebagai orang yang miskin dan penyakitan. Pada saat berada di rumah orang kaya, dia diperlakukan sepeerti anjing. Bahkan selama hidupnya di ajuga dijauhi oleh masyarakat. Sampai akhirnya Tuhan datang melihatnya, ketika Lazarus meninggal dunia Tuhan membangkitkannya.

13. Saulus

Saulus banyak dibahas dalam Alkitab karena sifat dan karakternya yang kontroversial. Pada awalnya dia tidak percaya kepada Tuhan, bahkan dia jgua sangat membenci semua pengikut Tuhan. Saulus membantai umat yang ketahuan mengikuti Yesus.

Sampai akhirnya ketika dia berjalan ke Damaskus, Yesus menampakkan diri kepadanya melalui sinar. Sinar itu sangat terang hingga mata Saulus menjadi buta. Setelah kejadian itu, Saulus pun bertobat.

14. Stefanus

Dia menjadi salah satu pengikut Yesus di Korintus. Dia bisa melakukan mukjizat-mukjizat dan tanda-tanda. Hal ini yang membuat banyak orang membentunya. Sampai pada akhirnya dia dirajam. Untuk mempertahankan iman kepada Yesus, membuat dirinya dikenal sebagai martir.

15. Elia dan Henokh

Elia dan Henokh dikenal bukan karena jabatan atau kekayaan. Mereka memiliki kisah hidup yang luar biasa. Pada saat mati, mereka ada di dalam masa penantian, mereka dapat terangkat ke surga jika anak manusia turun ke bumi dan membolehkannya ikut bersama-sama Dia.

Akhir Kata

Demikian singkat pembahasan kami mengenai tokoh-tokoh dalam alkitab. Semoga apa yang kami jelaskan bisa membuat kita sama-sama bsia mengambil hikmah dari setiap kisah yang positif.

Baca: