Makna Pentakosta bagi Orang Kristen

Apa Itu Pentakosta dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Makna pentakosta bagi orang Kristen. Di dalam agama Kristen ada beberapa macam perayaan mengenai kebesaran Tuhan. Mulai dari Allah turun ke dunia dalam wujud manusia yang lahir dari seorang perawan hingga Tuhan hadir dalam wujud Roh Kudus. Setiap perayaan adalah sebuah hal yang menggembirakan dalam Kristen.

Melalui kelahiran Tuhan Yesus, umat Kristen diberi jaminan mereka akan selamat. Melalui kematian Kristus, umat Kristen diberi pengertian Allah maha kasih. Hingga akhirnya Tuhan turut hadir dalam rupa Roh Kudus dan juga membuat manusia seharusnya asdar akan cinta kasih Allah yang tak pernah pergi meskipun manusia itu sangat berdosa.

Hari Pentakosta merupakan hari turunnya Roh Kudus ke dunia. Awalnya hari tersebut diperingati olah Yahudi yang memang tersurat bagi mereka bahwa mereka wajib merayakan hari tersebut. Setelah 7 minggu lamanya mereka merasa bahagia merayakan kebangkitan Kristus, Sudah saatnya mereka juga ikut merayakan hari datangnya Roh Kudus.

Makna Pentakosta dalam Agama bagi Orang Kristen

Di hari pentakosta biasanya terdapat hiasan bernama sukacita. Sukacita hadir bersamaan dengan kedatangan Roh Kudus, Roh yang senantiasa memberikan kita makna akan kehadiran Allah. Ada berbagai macam makna pentakosta bagi orang Kristen, di sini kita akan membahasnya.

1. Komunitas Iman

Perkumpulan, persautan, atau komunitas yang dimaksud di sini adalah bagaimana iman Kristen membuatnya bersatu dengan Kristen lainnya. Komunitas iman biasanya terbentuk karena ada kesamaan tujuan dan harapan.

Bagi pengikut Kristus, biasanya komunitas iman ini merupakan wujud akibat adanya perbuatan Roh Kudus. Tuhan sudah memiliki mereka untuk bersatu dalam memuji serta melayani Allah. Sehingga, mereka bisa menjadi semangat dalam memuliakan Allah dengan komunitas yang terbentuk, sebagai berikut.

  • Komunitas iman sebenarnya sudah terjalin saat pertama kali Anda diperkenalkan oleh orangtua mengenai beribadah di gereja. Di gereja, kita dapat menyakikan orang-orang dari latar belakang berbeda datang untuk memuliakan Bapa.
  • Dalam komunitas juga Anda akan semakin dilibatkan untuk terus bertumbuh melalui kasih. Roh kudus juga senantiasa memberkati pekerjaan dan pelayanan Anda.
  • Roh Kudus memang menjadi sumber kekuatan iman Anda. Ketika Anda hampir terjatuh karena keinginan daging yang tidak pernah ada habisnya, Roh Kudus datang untuk mengingatkan Anda.
  • Roh Kudus bisa saja datang dalam rupa apapun, termasuk teman Anda. Dia dapat tinggal di tubuh teman Anda untuk mengingatkan Anda bahwa Anda sedang berada di ambang dosa.
  • Selain itu, Roh Kudus juga diam di dalam diri Anda, Anda dimampukan untuk berkomunikasi dengan Allah sehingga Anda mengerti apa yang diinginkan oleh Allah.

Ada yang memilih kegelapan pada setiap komunitas iman, bahkan apabila mereka sudah mendapatkan banyak cahaya dari Roh Kudus. Kadang, ini memunculkan alasan orang tersebut perlu menerima baptisan. Ketika seseorang telah menerima baptisan, itu berarti memungkinkan Tuhan untuk hadir dalam hidupnya. Meskipun persyaratan baptisan di beberapa gereja diklasifikasikan berbeda, tetapi tujuan pembaptisan sama, yaitu untuk merekam seseorang untuk menjadi anggota Kerajaan Surga.

2. Ucapan Syukur Terus-menerus

Dalam penyambutan hari Pentakosta, banyak orang Kristiani memanjatkan doa syukur atau menyanyikan lagu rohani ucapan syukur untuk berterima kasih kepada-Nya. Dalam kehidupan seharian, kita sudah menghadapi berbagai masalah, dengan diri kita sendiri atau dengan orang-orang di sekeliling kita.

Masing-masing orang memiliki watak berbeda, inilah yang kadang membuat satu orang terjerumus sangat jauh akibat roh kegelapan. Jika anda adalah perayaan kejatuhan, tunduk kepada Kristus dan bersukacita kerana Roh Kudus telah diturunkan untuk anda, seperti berikut.

  • Permasalahan lainnya yang sering terjadi pada manusia adalah ketidakmampuannya untuk terus bersyukur. Manusia memang memiliki sifat egois yang membuatnya sulit untuk sadar berkat yang diterimanya selama ini adalah karena kebaikan Tuhan saja.
  • Berbagai macam ego dan kesombongan terjadi dan membuat hubungan manusia menjadi lebih renggang. Dengan turunnya Roh Kudus yang dirayakan sebagai Hari Pentakosta ini, sebagai manusia sudah selayaknya kita ‘tahu diri’ dan mengenal siapa kita sebenarnya.
  • Dengan adanya Roh Kudus di hati kita masing-masing seharusnya sudah cukup menjadi alasan mengapa kita harus terus bersyukur.
  • Perlu Anda ketahui sifat yang tidak pernah puas adalah salah satu sifat yang dibenci oleh Allah.
  • Sifat ini biasanya menuntun seseorang untuk merasa bahwa dia layak mendapatkan lebih daripada semua itu. Kasih pun sangat minim terlihat di antara orang-orang yang egois itu.
  • Setiap orang tentunya pernah memiliki pengalaman yang gelap, tiada seorang pun yang peduli akannya bahkan pura-pura peduli. Hal ini tentu sangat miris karena seharusnya hati umat Kristen dipenuhi oleh kasih bukan malah kebencian.

Kehadiran Roh Kudus akan membersihkan hati mereka, ini merupakan tanda bahwa Allah ada di mana saja kita berada, tanpa mengenal waktu dan tempat. Manusia tidak melihat, tetapi Tuhan dengan jelas melihatnya. Ini sering terjadi pada koruptor yang mencuri uang orang. Memang, tidak ada manusia yang sadar akan kesalahan pada saat itu, bahkan banyak orang bahkan mendukungnya.

Inilah yang perlu diberantas sesegera mungkin. Dengan menginginkan aset orang lain sebagaimana dilakukan oleh koruptor, ia tidak mencerminkan seorang Kristen yang selalu berterima kasih atas kebijaksanaan Allah.

3. Misi Pembebasan Allah bagi Manusia

Bayi yang baru lahir pun mengalami dosa, apalagi manusia yang sudah lama hidup di dunia. Bayi memang tak menyakiti orang lain, namun dosa dari keturunan leluhur menjadi sulit dibebaskan, bahkan sangat tidak mungkin dibebaskan dari orang seseorang.

Pada dasarnya dosa tersebutlah yang membentuk wajah Tuhan sehingga menjadi tercemar. Tuhan tentu menginginkan anak-anak taat dan mematuhi perintah-Nya. Namun, di antara kalangan kehidupan, beberapa orang benar-benar berasumsi bahwa peraturan tersebut dibuat untuk kepentingan pelanggaran.

Maka Allah mengutus Tuhan Yesus untuk datang ke dunia dan menderita. Penderitaannya juga terlihat ketika manusia terus berdosa. Tindakan itu adalah tindakan yang ditolak seseorang bahwa Allah adalah beberapa ujian sebagai berikut.

  • Di dalam penjara, kita akan menemukan banyak sekali tahanan yang terdapat di sana. Mereka sejatinya adalah seseorang yang sudah terbukti menyalahgunakan apa yang dimilikinya, baik nyawa maupun hartanya.
  • Pencuri dan anggota kriminal lainnya diamankan di sana. Jika seseorang meminta untuk membebaskan satu saja tahanan di sana dengan tanpa syarat, pastinya akan banyak sekali bahkan semua orang akan tidak setuju dengan berita tersebut.
  • Konon lagi manusia yang berdosa di hadapan Allah. Dosa yang telah merusak hubungan manusia dengan Allah. Bagaimana mungkin masuk ke dalam logika berpikir, Allah mau membebaskan kita yang berdosa berat tanpa mengharap imbalan apapun selain kembali ke jalan-Nya?
  • Sesungguhnya hal tersebut menjadi pertanda Allah adalah Maha Penyayang. Memang Dia sangat marah akan dosa kita, tapi Dia adalah Maha Pengampun.

Penurunan Roh Kudus ke dunia menjadi bukti bahwa Allah ingin kita semua bebas dari dosa dan konsekuensinya. Pembebasan ini dilakukan dengan mengajak manusia memanjatkan doa pengakuan dosa Kristen. Ini merupakan misi Tuhan, seolah-olah tidak peduli berapa banyak kita, Tuhan tidak pernah berubah karena cintanya yang setia. Penyelamatan tentu ada sebelum hari runtuhnya Roh Kudus. Di gereja-gereja pertama, itu diamati oleh kuasa Allah dalam misi pembebasan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan singkat megenai makna pentakosta bagi orang agama kristen. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita sehingga bisa merayakan perayaan pentakosta dengan lebih dari hati terdalam.

Baca: