Ciri Ciri Orang yang Dipenuhi Roh Kudus

Karakteristik Seseorang yang Diberkahi Roh Kudus

Bersamakristus.org – Ciri-ciri orang dipenuhi Roh Kudus. Roh Kudus merupakan sumber kebaikan dan kehidupan orang Kristen, bahkan ada banyak karunia Roh Kudus yang diberikan bagi orang percaya.

Tanpa Roh Kudus, manusia tidak akan mampu memiliki hubungan yang intim dengan Allah. Apabila Anda masih ingat identitas Allah Tritunggal, maka Anda tahu bahwa Roh Kudus adalah allah itu sendiri.

Allah berperan sebagai penolong, penasehat, dan pengendali diri kita. Hanya Roh Kudus yang akan memenuhi hati manusia dan hanya Roh Kudus yang akan memberikan kepuasan serta kelegaan dalam diri kita.

Maka seseorang yang dipenuhi Roh Kudus adalah mereka yang sangat beruntung. Tapi, sebenarnya apa saja ciri-ciri orang yang dipenuhi atau diberkahi oleh Roh Kudus? Berikut ulasannya secara lengkap.

Ciri Orang yang Dipenuhi Oleh Roh Kudus

Tanpa banyak basa basi kembali, langsung saja silahkan simak pembahasan dan ulasan lengkap mengenai ciri-ciri orang yang dipenuhi oleh Roh Kudus. Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Taat kepada Allah

Dengan dipenuhi oleh Roh Kudus, maka itu artinya Allah berkuasa penuh atas diri kita. Otomatis kita akan memandang segala sesuatu seperti Dia memandang dan kita akan menilai segala sesuatu seperti Dia menilai.

Apapun yang mejadi kehendak-Nya akan menjaid kehendak kita dan kita akn digerakkan untuk melakukan segala sesuatu sesuai kemauan-Nya. Ini salah satu ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus, yaitu mereka taat pada perintah Allah, bukan karena terpaksa melainkan punya pemikiran yang sama dengan-Nya.

Ketika Allah memenuhi diri kita melalui Roh Kudus, Dia memimpin segala hal yang kita lakukan. Dia akan memberipengertian, hikmat, dan kebijaksanaan atas segala sesuatu yang benar. Dalam 1 Yohanes 4:8 dikatakan bahwa Allah adalah kasih dan pada 1 Yohanes 4:20 dikatakan bahwa seseorang merupakan seorang pendusta apabila mengaku mengasihi Allah tapi membenci sesamanya.

Artinya, seseorang yang dipenuhi Roh Kudus akan melakukan semua sesuai kehendak-Nya, maka ia juga akan mengasihi sesamanya seperti yang diajarkan Allah. Dia tidak akan membedakan seseorang, melainkan Dia akan memberikan cinta kasih sesuai emosi Tuhan.

2. Hidup Kudus Menjauhi Dosa

Roh Kduus juga memiliki karakter yang suka akan kekudusan. Dia tidak suka hal yang palsu, jahat, atau tidak benar di mata Allah. Bila seseorang penuh dengan Roh Kudus, maka pikirannya tidak lagi mengarah ke dunia, melainkan akan mengikuti apa yang Roh Kudus katakan. Jika seseorang memiliki Roh Kudus dalam dirinya, maka dia pasti bisa merasakannya.

Ada pendeta yagn mengatakan bahwa setiap orang memiliki Roh Kudus pada dirinya yang akan mendorongnya untuk melakuakn hal yang benar. Tapi apabila manusia terbiasa melakukan hal yang salah, maka roh dunia akan lebih mendominasi. Bila Roh Kudus melarang kita untuk tidak melakukan sesuatu, turuti Dia supaya Dia semakin berkobar di dalam diri kita, bila seseorang dipenuhi Roh Kudus, segala yang tidak baik dalam dirinya akan disingkirkan oleh Roh Kudus.

John Calvin menyebut bahwa orang suci bukanlah orang yang hidup tanpa dosa, melainkan dia yang memiliki kepekaan terhadap dosa sekecil apapun. Maksudnya, kita tahu bahwa manusia adalah makhluk berdosa dan akan selalu berbuat dosa. Hal ini dikarenakan oleh kelemahan mereka, namun yang ditekankan di sini adalah kemauan mereka dan kesungguhan untuk mau hidup suci.

Dia juga mengatakan orang yang suci adalah mereka yang peka terhadap dosa sekecil apapun. Kepekaan itu berasal dari Roh Kudus dan karakteristik orang yang penuh akan Roh Kudus adalah mereka yang menjauhi dosa dalam bentuk apapun dan tidak bisa menoleransinya. Apabila seseorang merasa ada yang tidak benar dalam dirinya maka Roh Kudus akan menegurnya.

Supaya Roh Kudus berkuasa penuh atas diri kita, jawabannya adalah penyerahan total untuk mau menerima-Nya. Kita tidak bisa setengah-setengah, karena jika dalam beberapa kesempatan kita tidak mematuhi Roh Kudus, maka seiring berjalannya waktu peran Roh Kudus akan meleham dalam diri kita.

3. Hidup Berdasarkan Firman Tuhan

Bila seseorang dipenuhi Roh Kudus, dia tidak akan mendebatkan apa saja yang ada dalam Alkitab. Dia akan merendahkan dirinya dan membiarkan Roh Kudus memberikan pengertian kepadanya. Di dunia ini kadang banyak doktri berbeda, namun seseorang yang memiliki Roh Kudus akan selalu menjadikan Alkitab sebagai dasar.

Orang tersebut tahu Alkitab memiliki jawaban yang selalu ia butuhkan. Kadang persepsi manusia berbeda mengenai Alkitab dan penafsirannya juga tidak sama, tapi tidak dengan orang yang dipenuhi Roh Kudus. Ketika mereka membaca Alkitab, mereka tidak menggunakan logika manusia, melainkan Roh Kudus untuk bekerja.

Dari situ akan didapat hikmat, pengertian, kebijaksanaan, dan pengetahuan dari Allah. Kemudian Dia akan mengajarkannya melalui Roh Kudus. Karena kalau kita hanya mengandalkan otak manusia, maka tidak akan cukup untuk menjangkau kebesaran Allah. Seperti yang dikatakan bahwa Roh Kudus adalah Roh yang suka kekudusan dan kebenaran.

4. Senantiasa Memberitakan Injil

Kitab Injil berisi tentang segala hal yang berkaitan dengan Tuhan Yesus. Alasan mengapa Roh Kudus diturunkan kepada manusia setelah kenaikan Yesus adalah karena Roh Kudus ditujukan untuk menyatakan kemuliaan Yesus sebagai anak Allah.

Kita tahu semasa hidup di dunia, Yesus diperlakukan dengan tidak sepantasnya, mulai dari diejek, dihina, dipermalukan, disiksa, dan bahkan disalibkan untuk dosa yang tidak Ia perbuat. Maka dari itulah Roh Kudus turun untuk mengembalikan kemuliaan Kristus.

Banyak sekali karunia Roh Kudus yang tidak masuk di akal manusia, mulai dari karunia bahasa Roh, karunia melakukan mujizat, karunia bernubuat, dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah memuliakan Kristus sebagaimana yang sepantasnya Dia terima. Maka dari itu orang yang dipenuhi Roh Kudus dia akan mementingkan Injil dan akan bersukacita untuk mengabarkannya.

5. Senantiass Melakukan Kehendak Allah

Ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus adalah mereka tidak takut menjalankan kehendak Allah. Mereka juga tidak takut akan penganiayaan yang mungkin terjadi oleh karena membela iman mereka terhadap Allah. Seperti murid-murid Yesus yang tidak takut mati untuk memberitakan Injil.

Sebelum mereka berpisah ke seluruh dunia, mereka menyatkan iman yang sehati dan dituangkan ke dalam rumusan yang saat ini kita kenal dengan Pengakuan Iman Rasuli, seperti yang dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang pengakuan iman rasuli. Itulah iman yang dimiliki pengikut-pengikut Kristus.

6. Menghasilkan Buah-buah Roh Kudus

Terakhir, orang yang dipenuhi Roh Kudus bisa menghasilkan buah-buah Roh Kudus. Dia tidak akan lagi mementingkan diri sendiri, dan akan menjadikan kemuliaan Tuhan sebagai pusat kehidupannya. Kristus sudah memberikan kasih yang nyata kepada manusia melalui pengorbanan-Nya di kayu salib.

Buah-buah Roh Kudus meliputi kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, serta penguasaan diri. Semuanya akan ditunjukkan meski tak ditampilkan secara sengaja oleh kita.

Akhir Kata

Sekian sampai di sini terlebih dahulu penjelasan tentang ciri-ciri orang yang diberkahi roh kudus. Semoga bisa menjadi penambah wawasan yang baik dan baru bagi kita, khususnya umat yang percaya kepada Tuhan Yesus.

Baca: