Ciri-Ciri Nabi Palsu dalam Alkitab

Tanda Nabi Palsu Menurut Agama Kristen

Bersamakristus.org – Ciri-ciri nabi palsu dalam Alkitab. Di zaman sekarang kita makin banyak menemui orang yang mengaku sebagai nabi utusan dari Tuhan untuk membimbing manusia.

Padahal sudah jelas bahwa tidak ada nabi lagi di dunia ini. Dan apa yang mereka katakan hanyalah bohong belaka, mengadu domba, karena tujuan mereka bukanlah untuk kebaikan.

Tapi masih saja ada beberapa orang yang percaya akan dusta tersebut. Mungkin memang mereka tidak mengetahui apa ciri-ciri nabi palsu yang disebutkan dalam agama Kristen dan Alkitab.

Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda beberapa ciri-ciri nabi palsu dalam Alkitab dan agama Kristen. Simak ulasan lengkapnya untuk Anda berikut ini.

Ciri-ciri Nabi Palsu dalam Alkitab dan Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan dan penjelasan tentang ciri-ciri nabi palsu dalam Alkitab. Ini dia ulasan lengkapnya untuk Anda.

1. Guru Palsu

Dijelaskan dalam 2 Petrus 2:1, akan muncul guru-guru palsu di tengah umat Kristen. Guru-guru itu akan memasukkan pengajaran seast yang berujung kebinasaan. Mereka akan menyangkal penguasa yang sudah menebus mereka, sehingga mendatangkan kebinasaan atas diri mereka sendiri.

Kita bisa mewaspadai guru-guru palsu ini dengan melihat pengajaran mereka, apakah membawa semakin dekat kepada Allah dan apakah mereka mengakui serta menerima Yesus menjadi juruselamat.

Dalam 2 Korintus 11:26 dijelaskan juga akan muncul saudara-saudara palsu yang akan membawa kita dalam bahaya. Jadi, nabi palsu itu bisa saja berasal dari kalangan diri kita sendiri yang pura-pura beragama Kristen tapi tidak memiliki karakter Kristen sejati.

2. Injil Palsu

Disebutkan dalam galatia 1:8, ciri-ciri nabi palsu dalam Alkitab sekalipun dari para satul atau malaikat di sugra, jika memberitakan Injil yang berbeda yang sudah difirmankan Allah, maka terkutuklah dia. Nabi palsu dalam hal ini ialah mereka yang memberikan Injil lain dan berbeda dengan Injil yang diberitakan para rasul atau memberitakan Injil palsu yang tidak sesuai tujuan hidup orang Kristen.

3. Mukjizat Palsu

Dituliskan pula dalam Ulangan 18:22 bahwa apabila ada nabi berkata demi nama Tuhan, tapi perkataannya tidak terjadi berarti itu tidak difirmankan Tuhan, jelas itu merupakan nabi palsu. Tapi dalam Matius 24:24, ada juga nabi palsu yang bisa mendatangkan mukjizat sehingga membuat orang percaya.

4. Lihat Buahnya

Dilihat dari buahnya, menurut Matius 7:19, nabi palsu bisa dikenali. Sama seperti seseorang, tidak mungkin memetik buah anggur dari semak berduri, sama halnya buah-buah roh Kudus tidak akan dihasilkan oleh yang jahat. Kita perlu meneliti apa mukjizat yang dilakukan mencerminkan buah roh atau tidak.

5. Menyembah Allah Lain

Ulangan 13:1-3 menjelaskan jika nabi muncul di antara kita, dan dia memberitahukan tanda mukjizat yang benar terjadi, tapi dia membujuk untuk mengikuti Allah lain, maka jangan denarkan. Sebab sudah jelas bahwa dia adalah nabi palsu.

6. Kebenaran Palsu

Roma 10:3 menyebut nabi palsu tidak mengenal kebenaran allah, melainkan berusaha mendirikan kebenarannya sendiri. Kemudian dilanjutkan dalam 2 Yohanes 1:10, ditegaskan untuk menolak seseorang yang datang kepada kita, tapi tidak membawa ajaran yang berasal dari Allah.

7. Perkataannya Tidak Sesuai Allah

Ulangan 18: 18-20 dijelaskan bahwa Allah menaruh perkataan-Nya dalma mulut nabi-nabi-Nya, serta nabi-Nya itu akan menyampaikan apa yang telah Tuhan perintahkan kepada-Nya. Nabi palsu akan lancang menyampaikan sesuatu dengan nama Allah padahal tidak diperintahkan Allah kepadanya.

Bisa juga nabi palsu itu lantang menyatakan bicara dengan nama Allah lai. Dalam Yohanes 8:28 juga dituliskan Tuhan Yesus tidak melakukan sesuatu atas prakarsa-Nya sendiri, namun berbicara sebagaimana yang sudah diajarkan Bapa kepada-Nya.

Ditegaskan juga dalam 1 Yohanes 4:1-3 bahwa kita harus menguji pernyataan-pernyataan terilham dari seorang nabi, apakah berasal dari Allah atau bukan. Kita bisa mengenalinya pernyataan terilham berasal dari Allah bila pernyataan tersebut mengakui Yesus Kristus.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu tentang ciri-ciri nabi palsu dalam ayat alkitab. Semoga kita bisa menjadi manusia yang lebih waspada terhadap segala keburukan di akhir zaman ini.

Baca: