Tanda-tanda Akhir Zaman Menurut Alkitab

Tanda Datangnya Hari Kiamat dalam Alkitab

Bersamakristus.org – Tanda-tanda akhir zaman menurut Alkitab. Sudah banyak dijelaskan bahwa dunia ini nanti akan berakhir. Tidak ada lagi manusia yang tinggal di bumi, dan mungkin semuanya akan musnah.

Seluruh manusia akan dikumpulkan di satu tempat, ditentukan apakah masuk ke surga mendapatkan kebahagiaan atau neraka mendapat siksa. Semua tergantung iman di dunia.

Tapi tanpa kita sadari, mungkin sudah banyak tanda akhir zaman di sekitar kita. Contoh paling nyata adalah banyaknya nabi palsu dan gereja setan yang bermunculan di masa sekarang.

Tidak hanya itu, ada juga banyak sekali tanda-tanda akhir zaman menurut Alkitab yang sesuai dengan masa sekarang. Kita pun mau tidak mau harus mewaspadainya.

Tanda-tanda Akhir Zaman Tiba Menurut Alkitab

Tetaplah waspada terhadap berbagai tanda akhir zaman. Berikut ada beberapa hal penting yang dituturkan dalam firman Tuhan tentang akhir zaman yang harus diwaspadai.

1. Bencana Alam

Apabila diamati belakangan ini sering sekali terjadi bencana alam dan malapetaka. Contohnya gempa bumi, tanah longsor, angin topan, dan badai, semuanya tidak bisa dihentikan oleh manusia.

Peristiwa terebut dianggap wajar karena pengaruh pergerakan bumi. Tapi jika kita melihat ilmu rohani, hal ini juga bisa terjadi dengan kehendak Allah. Seperti yang dijelaskan dalam Alkitab berikut.

“Dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan, dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.”

Lukas 21:11

2. Kelaparan dan Penyakit

“Apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatuhnya – para pembaca hendaklah memperhatikannya – maka orang-orang yang di Yadea haruslah melarikan diri ke pegunungan. Orang yang sudah di paranginan di atas rumah janganlah ia turun dan masuk untuk mengambil sesuatu dari rumahnya. Dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya. Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu. Berdoalah, supaya semuanya itu jangan terjadi pada musim dingin. Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia, yang diciptakan Allah, sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. Dan sekiranya Tuhan tidak mempersingkat waktunya, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan yang tepat dipilih-Nya, Tuhan mempersingkat waktunya.”

Markus 13:14-20

Adanya kelaparan, kemiskinan, dan penyakit juga bisa menjadi tanda-tanda kiamat menurut Kristen. Saat ini juga banyak muncul penyakit baru yang belum diketahui obatnya, kelaparan dan kemiskinan pun semakin merajalela.

🔥 Trending:   Pengertian Paroki

3. Kekerasan

Pada zaman Nabi Nuh, kekerasan terjadi di mana-mana, tidak ada satu orangpun yang menghiraukan sesama. Mereka berbuat semaunya, dan hal ini bisa kita amati di masa sekaran bahkan lebih parah.

Ada banyak contoh kekerasan terjadi kepada manusia. Bahkan ada juga manusia yang dianggap seperti sampah tidak berguna, sehingga mereka kurang menghargai hidup sebagai sesama manusia.

4. Perang di Mana-mana

Sejak zaman dulu, perang memang sering terjadi, entah itu antarbangsa, suku, agama, ataupun kerajaan. Hingga masa kini, peperangan terus turun-temurun dari generasi, selalu ada korban jiwa yang muncul dan manusia tidak lagi menjadi seperti Kristus.

“Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun, berawas-awaslah, jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. Sebab bangsa akan bangkit malawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.”

Matius 24:6-7

5. Kemajuan Ekonomi

Di samping adanya dampak buruk tersebut, ada juga peningkatan yang terjadi pada bidang ekonomi serta perindustrian. Kemajuan ini biasanya terjadi di negara-negara maju.

Pada beberapa negara, terdapat kemakmuran harta, dan ini dibuktikan dengan adanya orang hebat yang hartanya tidak bisa dihitung dengan jari. Peristiwa tersebut menjadi tanda Yesus akan datang untuk kedua kalinya.

6. Meningkatnya IPTEK

Tanda-tanda kiamta akan segera terjadi menurut Katolik juga bisa dilihat dari peningkatan di dunia pendidikan. Sudah ada banyuak prestasi yang muncul dari manusia-manusia cerdas, banyak penemuan yang memudahkan manusia, termasuk robot.

🔥 Trending:   Tugas Orang Kristen Sebagai Garam dan Terang Dunia

Bahkan, robot di masa sekarang sudah bisa menggantikan posiis manusia dalam pekerjaan, bahkan hasil kerjanya jgua lebih akurat dibanding manusia. Perkembangan ini bisa berdampak buruk jika tidak bisa menyikapi hubungan iman Kristen dengan ilmu pengetahuan.

7. Merosotnya Moral

Ada banyak kejadian sosial yang mengancam kehidupan manusia. Mulai dari perbuatan yang mencerminkan contoh dosa dalam Kristen, remaja nakal, dan sebagainya menjadi contoh kemrosotan modal. Contoh tersebut membuat manusia sudah banyak melenceng, bahkan tidak takut lagi akan dosa.

8. Stres Meningkat

Manusia pasti mengalami stres karena keadaan dunia yang tidak baik-baik saja. Dampak tersebut tidak akan dialami sendiri, melainkan juga berefek pada kehidupan anak-anak.

Mereka tidak bisa diatur, membuat orangtuanya semakin stres. Stres berlebihan tersebut kemudian akan menimbulkan penyakit, seperti jantung, darah tinggi, kolesterol, dan berujung pada kematian.

9. Cekcok dalam Pekerjaan

Ada juga masalah lain yang ditimbulkan karena stres, yaitu cekcok buruh dan majikan juga semakin terlihat nyata. Banyak sekali buruh yang diperlakukan sewenang-wenang oleh majikannya, terutama TKI dan TKW.

Pemberian upah yang tak sebanding juga menjadi masalah yang menimbulkan demo. Sementara itu, para majikan sudah mempertahankan ketentuan upah serta meniadakan kenaikan gaji. Hal itu terus saja berlanjut tanpa kenal henti.

“Sesungguhnya telah terdengar teriakan besar, karena upah yang kamu tahan dari buruh yang telah menuai hasil ladangmu, dan telah sampai ke telinga Tuhan semesta alam keluhan mereka yang menyabit panenmu.”

Yakobus 5:4

10. Ketakutan Memuncak

Meski manusia hidup di era modern, tapi rasa takut tidak bisa dihilangkan. Saat ini kita sudah dilanda rasa bimbang dan kecewa. Ketakutan itu menjadi sumber perasaan negatif muncul, termasuk semakin takut karena adanya perang dan pemusnahan manusia.

11. Pembangunan Rohani Besar-besaran

“Dan Injil kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”

Matius 24:14

Nubuat ayat tersebut menjelaskan bahwa sebelum Yesus datang untuk kedua kalinya, pemberitaan Injil dilakukan secara besar-besaran, dan penyeragan rohani juga akan membanjiri dunia.

🔥 Trending:   Tugas Biarawan Biarawati

Selain itu ada banyak juga manusia yang mulai bertobat dan mengenal Allah. Akankah hal tersebut menjadi kenyataan? Padahal di masa sekarang ada banyak golongan yang menganggap agama cenderung tidak penting.

12. Ajaran Palsu

Tanda-tanda akhir zaman menurut Kristen selanjutnya yaitu maraknya ajaran palsu. Selain penyebaran Injil, penyebaran ajaran Nabi Palsu juga sudah mulai bermunculan. Ada banyak contoh yang sudah menggemparkan dunia, mereka bertindak atas nama agama untuk memusnahkan manusia, banyak pula ajaran palsu yang melenceng disebarkan di dunia.

13. Krisis Global

Alam yang dulu sejuk dan indah saat ini sudah mulai kering dan tandus. Hal tersebut tidak lain karena ulah manusia yang tidak pernah melestarikan lingkungan. Sehingga dampaknya sangat buruk bagi alam, dan krisis ini sangat nyata terlihat di perkotaan.

14. Tanda-tanda dari Langit

“Dan akan ada tanda-tanda pada matahari dan bulan dan bintang-bintang, dan di bumi bangsa-bangsa akan takut dan bingung menghadapi deru dan gelora laut. Orang akan mati ketakutan karena kecemasan berhubung dengan segala apa yang menimpa bumi ini, sebab kuasa-kuasa langit akan goncang.”

Lukas 21:25-26

Sebelum akhir zaman tiba, seluruh tanda di atas akan terlihat jelas. Tanda tersebut muncul pada saat penyiksaan besar-besaran, seluruh matahari dan bulan akan gelap. Dunia tidak lagi melihat siang dan merasakan panasnya matahari, tapi hidup dalam gelapnya malam. Sampai akhirnya bintang di langit berjatuhan dan terjadi hujan meteor.

Akhir Kata

Sekian dulu pembahasan dari kami mengenai tanda akhir zaman menurut alkitab. Semoga kita bisa menghindari pertanda buruk tentang akhir zaman tersebut, dan bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Baca: