Makanan Haram dalam Kristen

Makanan yang Dilarang Menurut Kristen

Bersamakristus.org – Makanan haram dalam Kristen. Dalam beberapa ajaran tertentu, ada beberapa jenis makanan yang diharamkan atau tidak boleh dikonsumsi sama sekali.

Seperti contohnya makanan yang dilarang di Kristen Advent, ada babi, sapi, domba di antaranya. Kemudian juga masih banyak lagi makanan lainnya yang diharamkan.

Dalam agama Kristen secara umum, ternyata juga ada beberapa jenis makanan yang rupanya tidak boleh dikonsumsi. Kadang hal ini tidak diperhatikan atau diabaikan oleh sebagian orang.

Sebaiknya kita mengetahui apa saja makanan haram dalam agama Kristen. Untuk itu akan kami ulas dan bahas pada penjelasan di bawah ini, Anda bisa menyimaknya secara lengkap.

Makanan Haram dalam Agama Kristen

Berikut ini beberapa makanan haram dalam agama Kristen, langsung saja tanpa banyak basa basi lagi silahkan simak pembahasannya yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Unta

Pada Imamat 11:4, dijelaskan bahwa binatang yang memamah biak atau berkuku belah tidak boleh dimakan yaitu unta. Sebab unta memamah biak akan tetapi tidak berkuku belah sehingga unta diharamkan dimakan.

2. Kelinci

Dalam Imamat 11:6 juga dituliskan bahwa kelinci diharamkan karena merupakan binatang memamahbiak, akan tetapi tidak berkuku belah. Sehingga, kelinci pun diharamkan.

3. Babi Hutan

Sama halnya dengan yang lain, Imamat 11:7 menjelaskan babi hutan adalah binatang berkuku belah, yaitu berkuku sela panjang namun tidak memamah biak, sehingga diharamkan dimakan.

4. Binatang Tidak Bersirip dan Bersisik

Makanan haram dalam Kristen lainnya adalah binatang tak bersirip dan bersisik. Imamat 11:10 menuliskan jika sesuatu tidak punya sirip atau sisik dalam lautan dan juga sugngai, serta segala sesuatu yang hidup di ari lainnya juga diharamkan.

Dilihat dari ayat tersebut, binatang yang diharamkan adalah uadng karena bersisik namun tidak bersirip. Selain itu ada juga ikan patin sebab bersirip namun tidak bersisik, kepiting, cumi-cumi, ikan lele, belut, dan masih banyak lagi.

5. Unggas Jenis Burung

Imamat 11:13-23 mengatakan jika beberapa makanan dari jenis unggas yang tidak boleh dimakan dan merupakan sesuatu yang dijijikkan adalah rajawali, elang laut, elang merah, burung gagak, burung unta, ering janggut, burung hantu, camar, burung pungguk, burung dendang air, bangau, maupun semua binatang yang merayap dan bersayap.

Apakah semua unggas boleh dimakan dalam Kristen? Jawabannya tidak karena ada jenis unggas yang halal dan haram. Ciri-ciri unggas halal adalah memiliki paha di bagian atas kaki, sementara yang tidak memiliki paha tidak boleh dikonsumsi.

6. Binatang Merayap

“Selainnya segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berkaki empat adalah kejijikan bagimu.”

Imamat 11:23

Dalam Alkitab dijelaskan jika semua binatang merayap adalah kejijikan. Contohnya untuk manusia adalah kadal, cicak, ular, komodo, biawak dan sebagainya.

7. Binatang Berkaki Empat

Imamat 11:3-8 dan juga Ulangan 14:3-8 menyebutkan binatang yang berkaki empat namun diharamkan adalah mereka yagn memamahbiak tapi tidak berkuku belah, atau berkuku belah namun tidak memamah biak. Misalnya kuda, kelinci, pelanduk dan beberapa ciri binatang yang termasuk dalam kategori ini lainnya.

8. Binatang Berjalan dengan Telapak Kaki

Imamat 11:27-28 menuliskan semua binatang yang berjalan dengan telapak kaki dan semua binatang yang berjalan dengan empat kaki adalah haram, misalnya orang utan, monyet, anjing, kucing, panda dan sebagainya.

“karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram jika diterima dengan ucapan syukur,”

1 Timotius 4:4

Akhir Kata

Itulah sedikit pembahasan yang bisa kami ulas yaitu makanan haram dalam agama kristen. Mari kita hindari makanan-makanan yang sudah disebutkan di atas karena dilarang.

Baca: