Perbedaan Kristen dan Advent

Beda Kekristenan dan Advent Pada Umumnya

Bersamakristus.org – Perbedaan Kristen dan Advent. Banyak sekali denominasi Kristen yang kita kenal di dunia ini, khususnya di Indonesia. Beberapa di antaranya adalah Protestan dan Advent.

Ulasan mengenai denominasi Advent telah kami bahas pada artikel Kristen Advent. Di kesempatan lainnya kami juga telah mengulas mengenai sejarah Kristen Advent sampai bisa masuk ke Indonesia.

Tentu saja ada perbedaan di antara masing-masing demoninasi gereja Kristen. Mulai dari gaya hidup, kebiasaan, ibadah, pandangan terhadap Kitab, Tuhan, dan masih banyak lagi.

Tak terkecuali antara Kristen Protestan dan Advent juga memiliki perbedaan. Sehingga mungkin bagi yang belum mengetahuinya merasa tidak tahu apa sih beda di antara keduanya.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin mengulas tentang perbedaan di antara Kristen dan Advent. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Perbedaan Kristen dan Advent

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak ulasan lengkap tentang perbedaan Kristen dan Advent di bawah ini. Simak pembahasannya dirangkum dari berbagai sumber.

1. Hari Sabat

Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya.

Keluaran 20:8-11

Sepuluh perintah Allah benar-benar dipegang teguh oleh umat Advent, khususnya pengudusan Hari Sabat. Hari Sabat mereka diselenggarakan tiap tiap hari Jumat kala matahari terbenam hingga Sabtu hingga matahari terbenam.

Umat Advent pada suatu hari dilarang untuk melakukan hal-hal yang bersifat keduniawian, layaknya bekerja, memirsa televisi, membaca, dan semacamnya. Mereka menggunakan hari Sabat dengan berkumpul dengan keluarga, melayani, dan mendekatkan diri pada Tuhan.

2. Kehadiran Kristus yang Kedua

Menurut Kekristenan Advent kedatangan Yesus yang kedua dapat berlangsung nyata dan sanggup dirasakan oleh semua manusia. kehadiran ini dapat membedakan orang benar dan orang fasik (bukan umat Allah).

Mereka benar-benar menanti-nantikan kehadiran Kristus yang kedua dikarenakan yakin pada Pengadilan Pemeriksaan yakni kepercayaan dapat pembuktian nubuatan 2300 hari sebelum kehadiran Kristus kali yang kedua (Daniel 8:14).

3. Akhir zaman

Akhir zaman oleh umat Kristen Adven diyakini terjadi ketika banyak kejahatan dan malapetaka. Di sementara inilah ada sekelompok umat yang dipanggil secara spesifik oleh Allah untuk melakukan hukum Allah dan memperlihatkan iman kepada Kristus.

4. Hukum Halal-Haram

Umat Advent mematuhi hukum makanan halal dan haram sebagaimana yang terkandung didalam ayat Alkitab perihal makanan di Imamat 11, berbeda dengan umat Kristen lainnya.

Menurut mereka menjaga tubuh sebagai bait Allah adalah benar-benar penting, agar gereja menyarankan para anggota jemaat untuk jadi vegetarian, tidak mengkonsumsi kafein, obat berbahaya, dan zat lainnya yang sanggup merusak tubuh.

Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, –dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

1 Korintus 6:19-20

5. Pernikahan

Hubungan pernikahan harus berlangsung antar sesama anggota gereja Advent. Perbedaan Kekristenan dan Advent sebagai pelopor aliran ini adalah William Miller (1782-1849) dari Massachusetts. Sejak tahun 1900-an, aliran ini sudah ada di Indonesia. Walaupun pengikutnya tidak sebanyak aliran Kekristenan lain, aliran Advent sudah tersebar hampir ke semua lokasi Indonesia.

Akhir Kata

Mungkin cukup sampai di sini pembahasan mengenai perbedaan antara agama kristen dan kristen advent. Semoga artikel ini bisa mencerahkan bagi kita yang ingin mengetahui perbedaan di antara kedua denominasi gereja yang terkenal ini.

Baca: