Makanan yang Dilarang Advent

Makanan-makanan Haram dalam Kristen Advent

Bersamakristus.org – Makanan yang dilarang advent. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya di dalam pengertian Kristen Advent, bahwa denominasi ini memiliki perbedaan dibanding Kristen lainnya.

Mulai dari tata cara beribadah, apa yang dilakukan di dalam gereja, pandangan terhadap Alkitab, dan masih banyak lagi. Satu hal yang juga menjadi perbedaan adalah soal makanan yang dilarang.

Di dalam Kristen Advent juga ada makanan halal atau yang boleh dimakan dan makanan haram yang tidak boleh dikonsumsi. Penganutnya harus mematuhi aturan yang berlaku ini.

Sebagian mungkin sudah familiar dengan makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan, namun mungkin masih ada juga beberapa yang tidak mengindahkan atau tidak tahu tentang aturan tersebut.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin mengulas beberapa jenis makanan yang dilarang dalam Kristen Advent. Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Makanan yang Dilarang dalam Kristen Advent

Berikut beberapa makanan yang menjadi pantangan dan dilarang dalam agama Gereja Advent Hari Ketujuh. Simak pembahasan lengkapnya di bawah berikut ini seperti yang dijelaskan dalam ayat Imamat dan Ulangan.

  • Daging babi.
  • Daging sapi.
  • Domba.
  • Ikan.
  • Berbagai type binatang berkaki empat layaknya ayam dan bebek.
  • Binatang menjalar, layaknya katak, ular, dan cacing.
  • Burung.

Banyak umat Advent merupakan vegetarian, artinya mereka hanya mengonsumsi sayur dan buah saja, bukan daging, susu, atau telur. Jika mereka dmau makan daging binatang yang mati, maka mereka mampu membiarkan semua peringatan yang sudah diberikan Tuhan. Sering kali sementara daging dimakan, ia bakal membusuk di perut, dan menciptakan penyakit kanker, tumor, dan penyakit paru-paru atau liver yang bakal memunculkan gejala kematian.

Konferensi Umum Dewan Penasehat Nutrisi untuk Advent Hari Ketujuh menjauhi penggunaan makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, gula, dan garam. Selain itu, mereka terhitung menjauhi minuman keras, layaknya bir dan anggur, serta minuman yang punya kandungan kafein yang tinggi, layaknya teh, kopi, dan minuman keras. Dalam Amsal 31: 4-5, Yesus melarang Lemuel, raja Masa untuk minum minuman keras. Minum minuman keras terhitung bakal berujung pada kematian.

Peran Makanan dalam Ajaran Advent

Manfaat, peran, atau fungsi menghindari makanan-makanan tersebut dalam Kristen Advent adalah diet sehat dan begitu penting untuk kebugaran tubuh. Selain itu, ada hal yang perlu diperhatikan kembali keutamaan dalam mengonsumsi makanan, sebagai berikut.

  • Bermanfaat untuk berkomunikasi bersama Tuhan, seandainya ucapan syukur dan doa sebelum makan.
  • Berperan untuk tunjukkan iman lewat mengikuti tata langkah keagamaan tentang makanan sesuai bersama hukum Taurat.
  • Memiliki manafaat untuk mengembangkan tekun rohani lewat langkah berpuasa yang benar.

Kadang-kadang puasa Kristen dianggap sebagai upaya ‘mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus, dan yang rela kepada Allah’ (Roma 12:1), termasuk puasa minta jodoh Kristen. Puasa adalah salah satu langkah menguduskan hari Sabat.

Langkah tersebut dipercaya dengan tujuan meningkatkan keteguhan rohani dengan menghadapi tantangan gereja pada masa kini, seperti tantangan fisik serta rohani yang memfokuskan terhadap doa dan perkembangan spiritual. Ini termasuk dapat digunakan oleh beberapa murid Kristus sebagai langkah untuk menjunjung tiap-tiap orang di seluruh dunia yang secara rutin menghadapi kelaparan atau kekurangan gizi.

Akhir Kata

Demikian pembahasan tentang makanan yang dilarang dalam advent. Semoga bisa menjadi penambah wawasan kita terhadap makanan yang dilarang dalam agama Kristen Advent.

Baca:

Tinggalkan komentar