Pengampunan Dosa dalam Kristen

Memberi Ampun Atas Kesalahan Menurut Agama Kristen

Bersamakristus.org – Pengampunan dosa dalam Kristen. Tidak ada satu pun orang Kristen di dunia ini yang luput akan kesalahan dan dosa. Semuanya pasti pernah melakukan perbuatan salah.

Tapi yang terpenting dari itu semua adalah kita harus ingat untuk memohon ampun atas dosa yang kita perbuat. Salah satunya adalah melalui contoh doa pengakuan dosa Kristen.

Seperti yang banyak dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang pengampunan dosa, betapa bagusnya kedudukan orang yang melakukan pengampunan atas dosa yang diperbuat apalagi berjanji untuk tidak mengulanginya lagi.

Namun selain melalui doa, ataupun menyanyikan lagu rohani pengakuan dosa, sebenarnya Alkitab juga menjelaskan berbagai hal, banyak hal lebih detail tentang pengampunan dosa.

Bagi yang belum mengetahuinya di sini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara pengampunan dosa dalam agama Kristen menurut Alkitab. Simak ulasannya di bawah ini.

Cara Pengampunan Dosa dalam Agama Kristen

Di bawah ini langsung saja simak ulasan lengkap tentang cara pengampunan dosa yang dijelaskan di dalam Alkitab. Simak pembahasannya di bawah berikut ini.

1. Tuhan Sediakan Pengampunan

Seberapa besar dosa yang kita perbuat, Allah Tritunggal sudah mengirim Juruselamat untuk kita sediakan pengamunan dosa. Bagi kita Dia juga memberikan pengharapan untuk mengawali hubungan baru dengan dengan Tuhan. Itulah tidak benar satu janji Tuhan bagi orang percaya.

Jadi, Yesus memakai semisal berkenaan domba yang hilang di didalam Lukas 15:3-7. Ketika kita udah berdosa kepada Tuhan, kita harus berharap pengampunan berasal dari Tuhan lewat arti Doa Bapa Kami (Matius 6:12). Hal tersebut berkenaan dengan dengan ayat Mazmur 25:7, 32:1-2 ; Yesaya 43:25 ; Matius 1:21, 18:12-14, 26:28 ; Lukas 15:11-32 ; Kisah Para Rasul 10:43, 13:38 ; Roma 4:7-8 dan Ibrani 10:17.

Dalam bahasa Yunani, kata “mengampuni” berarti “aphiēmi” yang bermakna “melepaskan”, “meninggalkan”, “membiarkan pergi”, atau “menghapuskan”. Kata ini udah ditulis di Alkitab sebanyak 143 kali, bermakna mengampuni adalah berkenaan yang terlalu harus dan berkenaan itulah yang Yesus Kristus selamanya menginginkan terjadi di di didalam hidup kita.

Alkitab juga menjelaskan mengampuni menunjukkan bahwa “Tuhan memperlihatkan kasihNya kepada kita, oleh karena Kristus udah mati untuk kita, waktu kita masih berdosa (Roma 5: 8). Kata “musuh” secara harfiah di didalam Bahasa Yunani adalah “dibenci, penuh kebencian, bermusuhan, dan “menentang”. Mengampuni itu merupakan solusi atas tantangan bagi Gereja masa kini.

2. Kondisi Pengampunan Dosa

Tuhan memang siap dan ingin mengampuni kita setiap saat. Namun untuk mencapai hal tersebut, ada syarat pengampunan dosa dalam Kristen, yakni pertobatan dan pengampunan orang lain.

Apabila kita sudah memenuhi dua syarat pengampunan tersebut, kita harus mengucapkan pernyataan dosa dan menjalani sistem pemulihan di didalam Tuhan. Itulah syarat pengampunan tersebut yang diterapkan di didalam merawat etika Kristen.

3. Pertobatan

Perintah Allah yang paling susah ditaati manusia dalam Alkitab adalah pertobatan, pasalnya pertobatan memang harus sesuai dengan dengan apa yang diinginkan oleh Allah di didalam Firman-Nya.

Didalam Matius 4:17, dijelaskan pertobatan sebagai berikut “Bertobatlah, karena Kerajaan Sorga udah dekat!” Pertobatan yang sejati melibatkan penyesalan atas segala tindakan dosa dan mengarah pada perubahan sikap yang cocok dengan dengan kebenaran Firman Tuhan (Roma 12:1-2).

Pertobatan yang sejati adalah pertobatan yang harus terjadi atau terjadi masing-masing hari secara selamanya menerus di didalam sepanjang langkah kehidupan masing-masing orang Kristen Advent supaya mereka pada pada pada akhirnya mampu punyai anggapan dan perasaan Kristus.

4. Mengampuni Orang Lain

Kita harus bersedia untuk mengampuni orang lain yang sudah menyakiti hati kita atau orang yang kita sayangi (Matius 6:14-15). Inilah salah satu pembawaan Kristus di didalam Alkitab sebagai Manusia.

Memberi ampunan orang lain artinya mengampuni orang yang bersalah dan atau menyimpan dendam kepada kita. Kita tidak mampu seutuhnya meniadakan apa yang udah terjadi, tapi kita harus berdamai dengan dengan orang lain dengan dengan membiarkan kemarahan dan kebencian.

Dalam mengampuni orang lain harusnya tidak ada batasan (Matius 18: 21-22 ; Markus 11:25). Setiap orang percaya bahwa tidak tersedia kewajiban untuk mengampuni orang lain terkecuali terkecuali mereka menginginkan langkah bertobat orang Kristen, tapi keadaan tersebut hanya disebutkan di didalam Lukas 17: 3-4. Hal tersebut juga berkenaan dengan dengan ayat Matius 6:12, 18:23-25, 22:15-22 ; Lukas 6:37, Roma 13:1-7, Efesus 4:32, dan Kolose 3:13.

5. Pengakuan Dosa

Kita harus mengakui dosa kita kepada Tuhan maupun orang lain sebagai bagian dari pertobatan (Matius 3: 1-6, 18: 15-18, Lukas 15:21, Kisah Para Rasul 19:18, Yakobus 5: 16- 17, 1 Yohanes 1: 8-9).

Pengakuan dosa kepada Tuhan dan orang lain mampu jadi langkah harus menuju pertobatan sejati yang mampu memulihkan hubungan dengan dengan Tuhan. Jika kita menginginkan memulihkan hubungan dengan dengan Tuhan, maka kita harus jalankan apa yang mampu saja untuk memperbaiki kekeliruan yang udah ditunaikan cocok dengan dengan hukum kasih di didalam Alkitab (Lukas 19: 2-10).

6. Dosa yang Tidak Dapat Diampuni

Dijelaskan oleh Yesus, penghujatan pada Roh Kduus merupakan dosa yang tak termaafkan (Markus 3: 28-29; Matius 12:31-32; Lukas 12:10), pada pada pada akhirnya dosa tersebut mampu membawa efek kematian menurut Kristen yang besar.

Yesus memperlihatkan ada bukti dosa yang dilakukan oleh orang kafir menurut Kristen seperti para ahli Taurat di didalam Markus 3: 22-30. Bagaimana jika kita tidak mau mengampuni orang lain? Ada kalanya kita enggan memaafkan orang-orang yang udah berbuat salah kepada kita.

Memiliki pembawaan tidak mengampuni orang lain dapat membawa efek kepahitan, dan kepahitan dikaitkan dengan dengan penyakit stress mental. Dengan mengampuni orang lain, kita harus arti bersyukur di didalam Alkitab kepada Tuhan dengan dengan membiarkan diri kita secara spiritual dan emosional.

Pengampunan adalah sebuah tindakan yang harus ditunaikan bagi kita untuk taat dan tunduk pada hasrat Tuhan dan juga mempercayai Tuhan di didalam hidup kita, sebagai berikut:

7. Cara Menunjang Mereka yang Mengampuni

Anda juga harus mendukung orang lain untuk benar-benar bisa memberikan pengampunan kepada yang telah berbuat salah. Caranya bisa dengan memberikan kalimat yang menyemangati mereka dan mendengarkan keluhan mereka.

Meluangkan waktu dan bersikap lembut kepada mereka dapat terlalu barangkali mereka mampu maju lewat beberapa langkah mengampuni layaknya yang di menginginkan oleh Tuhan

8. Doa Minta Ampun

Tentu saja kita berharap dukungan peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya, supaya hati kita ikhlas untuk mengampuni orang lain yang sudah berbuat salah kepada kita. Kita harus belajar berasal dari kekayaan kasih karuniaNya karena lewat penyaliban Yesus, Dia udah membayar hutang yang lebih besar akibat dosa dan kekeliruan kita.

Ini yang menjadi alasan nugerah disebut dengan Grace atau “God’s Riches at Christ’s Expense” (Efesus 1:7). Sehingga kita mampu bertumbuh dan berbuah di di didalam Kristus.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan tentang pengampunan dosa dalam agama kristen. Semoga dapat menjadi penambah wawasan rohani bagi kita orang yang percaya terhadap Tuhan YesusK Kristus.

Baca:

Tinggalkan komentar