Contoh Doa Pengakuan Dosa Kristen

Contoh doa pengakuan dosa kristen katolik protestan di malam natal puji syukur

Bersamakristus.org – Contoh doa pengakuan dosa kristen. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. Bahkan para Rasul pun tidak luput dari dosa karena mereka tetap manusia.

Apalagi kita, hamba Tuhan yang begitu lemah akan godaan duniawi. Tentu banyak perbuatan salah yang kita lakukan baik secara sadar maupun tanpa kita sadari mneyakiti perasaan orang lain.

Seberapa besar kesalahan dan dosa kita di masa lalu tidaklah penting, yang harus kita lakukan ialah terus berdoa untuk bertobat kepada-Nya. Mohon maaf atas segala keluakuan buruk di waktu-waktu sebelumnya.

Berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan, namun jangan hanya sebagai janji melainkan harus ditepati. Percayalah bahwa Tuhan itu maha memaafkan dan akan membantu membimbing kita untuk menjadi manusia yang lebih baik.

Di bawah ini kami akan menuliskan beberapa contoh teks kalimat doa pengakuan dosa atau doa pertobatan dalam agama Kristen yang biasa diucapkan ketika beribadah di gereja.

Contoh Doa Pengakuan Dosa Kristen

Di bawah ini, ada beberapa contoh doa pengakuan dosa ketika saat ibadah di gereja, hari minggu, rumah tangga, ibadah sekolah minggu, natal, paskah, misa, kenaikan Yesus, kebangkitan Tuhan, dan lainnya.

1. Doa Pengakuan Dosa Protestan

Bapa yang di sorga, puji syukur dan persembahan kami haturkan dalam kegiatan ibadah ini untuk mengucap terima kasih atas segala berkat dan penyertaan yang Engkau berikan.

Meski kami sadar telah melakukan banyak dosa baik antar sesama manusia maupun makhluk lainnya, namun Engkau tak pernah berhenti mengulurkan tangan termasuk memberi kesempatan untuk memuji dan memuliakan nama-Mu di dalam gereja yang megah ini.

Ya Bapa, kami sadar betapa banyak kesalahan yang telah kami perbuat selama hidup di dunia, banyak sekali penyesalan yang tidak dapat kami pulihkan, banyak orang-orang yang telah kami sakiti jasmani dan hatinya.

Meski dengan doa pertobatan ini tidak dapat mengubah apa yang terjadi di masa lalu, namun biarlah pergumulan ini terjadi sesuai rencana-Mu. Dengan segala kerendahan hati, ampunillah dosa-dosa yang telah kami lakukan.

Bimbinglah kami agar menjadi manusia yang lebih baik di masa depan, tunjukkanlah jalan terang di tengah kegelapan hidup yang tengah kami lalui. Kami yakin, Engkau adalah Tuhan yang maha pengampun. Amin.

2. Doa Untuk Pengampunan Dosa Kristen Singkat

Yesus yang agung, betapa banyak kesalahan dan perbuatan yang telah kami lakukan. Sudah tak terhitung berapa orang-orang yang telah dirugikan oleh karena perbuatan kami yang egois.

Di hari ini kami begitu menyesal, meratapi kesalahan yang terjadi di masa lalu. Kami tak ingin melakukan hal yang sama, kami ingin menjadi lebih baik. Maka dari itu, bimbinglah kami menemui jalan terang. Ampunilah dosa kami dan bantulah kami agar menjadi lebih baik. Amin.

3. Doa Pertobatan Agama Kristen

Tuhan yang baik, dalam ruangan yang megah ini kami berkumpul dengan penyesalan yang begitu dalam karena telah banyak berbuat dosa dan merugikan banyak orang di masa lalu.

Kami menyadari meskipun banyak perbuatan dosa yang telah kami lakukan, namun Engkau selalu menolong dan menyertai kami dengan penuh sukacita. Oleh karena itu kami ingin menjadi manusia yang lebih baik.

Maka dari itu,terimalah pertobatan kami, terimalah persembahan pengakuan dosa kami. Bimbinglah kami agar menjadi mannusia yang lebih baik, dengan kuasa-Mu tentu kehidupan kami akan lebih bermakna. Haleluya, Amin.

Baca:

Contoh Doa Pengakuan Dosa Katolik

Selain doa di atas, ada pula kumpulan cotoh teks kalimat doa pertobatan atau pengakuan dosa Katolik secara singkat, padat, jelas, dan menggunakna bahasa yang baik dan benar.

1. Doa Pengakuan Dosa Katolik di Rumah

Ya Bapa, Saya bersyukur karena telah hidup di bumi-Muyang indah. Betapa banyak kebaikan dan sukacita yang Engkau berikan sehingga hidup saya menjadi lebih berwarna meski banyak perbuatan dosa yang saya lakukan.

Ya Bapa, kami begitu menyesali apa yang telah terjadi, segala kesalahan baru kami sadari sebagai dosa. Terimalah pertobatan kami yang begitu tulus. Kami yakin Engkaulah Tuhan yang maha memaafkan.

Terakhir, bimbinglah kami agar menjadi lebih baik, berikan petunjuk seandainya kami hendak terjerumus kuasa kegelapan. Biarlah Engkau menolong kami agar pergumulan ini terwujud. Haleluya, Amin.

2. Doa Pengakuan Dosa Katolik Puji Syukur

Ya Yesus, selama ini begitu banyak hal-hal buruk yang telah kami lakukan, bukan karena kuasa kegelapan atau jerumusan dari roh kudus, melainkan karena saya yang tidak dapat menahan nafsu dan emosi.

Ya Tuhan, bimbinglah saya agar menjadi manusia yang lebih bermanfaat. Jadikanlah orang-orang sekitar saya emnjadi penolong untuk mewujudkannya. Pun biarlah Engkau membantu mengulurkan tangan menolong saya.

Hanya kebaikan yang saya inginkan, hanya hati terang yang saya dambakan. Ya Tuhan, semua takkan terjadi tanpa adanya restu dari-Mu. Maka biarlah segalanya terjadi sesuai kehendak-Mu. Amin.

3. Doa Pengakuan Dosa Katolik Bahasa Inggris

Father, in heaven, we give thanks and offerings in this worship activity to give thanks for all the blessings and inclusion you have given.

Even though we realize that we have committed many sins both among humans and other creatures, You have never stopped reaching out, including giving opportunities to praise and glorify Your name in this magnificent church.

Dear Father, we realize how many mistakes we have made while living in the world, so many regrets that we cannot recover, many people we have hurt the body and heart of.

Even though this prayer of repentance cannot change what happened in the past, let this struggle happen according to your plan. With all humility, forgive the sins we have committed.

Guide us to become better humans in the future, show us a bright path in the darkness of life that we are going through. We believe, You are a merciful God. Amen.

Akhir Kata

Demikian beberapa contoh doa pengakuan dosa kristen, bacalah dengan hati yang tulus dan benar-benar menyesal agar Tuhan memaafkan perbuatan buruk kita di masa lalu. Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar