Hal Mengampuni Dalam Alkitab

Hal-hal Memberi Ampun Menurut Alkitab

Bersamakristus.org – Hal mengampuni dalam Alkitab. Sebagai orang kita harus bersikap legawa dengan mudah mengampuni dan tidak mengungkit kesalahan yang dibuat orang lain sehingga menjadi dendam.

Seperti yang telah diutarakan dalam kata kata mutiara Kristen tentang mengampuni. Bahwa dijelaskan jika kita menjadi orang yang mudah mengampuni kita bisa menjadi orang yang lebih bersahaja.

Tapi mungkin bagi kita mengampuni bukanlah hal yang mudah. Apalagi dengan adanya bisikan setan yang kadang membuat kita tak kuasa menahan diri untuk menjadi orang yang lebih buruk.

Meski demikian kita harus berusaha bersikap menjadi penyabar. Sebab dalam ayat Alkitab tentang kesabaran telah banyak dijelaskan apa manfaat dari bersikap menahan emosi.

Lalu dalam Alkitab juga dijelaskan berbagai hal tentang mengampuni atau memberi pengampunan. Di sini kami akan menjelaskan hal-hal tersebut dan Anda bisa menyimak ulasannya di bawah ini.

Hal Tentang Mengampuni di dalam Alkitab

Berikut di bawah ini ada beberapa hal dalam Alkitab yang menjelaskan tentang mengampuni seseorang. Simak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

1. Matius 6:14-15

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di Sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.

Dalam ayat ini tidak dijelaskan bahwa jika Anda tidak ingin mengampuni saudara laki-laki atau perempuan, maka Tuhan tidak akan mengampuni di dalam Alkitab sebanyak mungkin.

Hal ini bermakna bahwa kalau Anda tidak menginginkan mengampuni orang lain, maka Anda mungkin tidak akan diselamatkan.

2. 1 Yohanes 1:9

Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan dita dari segala kejahatan’.

Dalam ayat yang kerap diucapkan Kristen Advent ini menjelaskan mereka yang kerap menasehati atau mengingatkan sesamanya yang telah berbuat tidak benar dikarenakan dosa-dosanya.

Ingatlah bahwa Tuhan itu “setia dan hanya dapat mengampuni dosa kita dan membersihkan kita dari segala yang tidak kudus atau tidak benar”. Tetapi, hanya “Jika kita mengakui dosa kita”

3. Mazmur 51:9

Bersihkanlah aku daripada dosaku dengan hisop, maka aku menjadi tahir, basuhlah aku, maka aku menjadi lebih putih dari salju!

Ayat Alkitab tentang pertobatan dan pernyataan dosa terbesar yang kerap ditulis dalam hal mengampuni di Alkitab adalah Mazmur 51. Hal ini bermakna kalau kita menginginkan mengakui dosa kita maka Dia dapat menghapuskan dosa kita.

Ketika kita mengakui dosa, kita akan menjadi “lebih putih dari salju”. Dengan cara ini, Tuhan dapat “menciptakan hati kita yang bersih” dan hal ini akan “memperbarui dorongan yang benar di didalam kita”

4. Yesaya 1:18

Marilah, baiklah kita berperkara! – firman Tuhan – Sekalipun dosamu merah seperti kirmizi, akan menjadi putih seperti salju; sekalipun berwarna merah seperti kain kesumba, akan menjadi putih seperti bulu domba’.

Salah satu nabi Allah Yesaya menjelaskan kita harus lebih dulu berperkara dengan Tuhan, maksudnya bahwa jika Anda menyebutkan telah berbuat dosa, maka Anda harus mengakuinya. Mengakui dosa bermakna setuju dengan Tuhan mengenai dosa atau kekeliruan apa pun yang telah diperbuat.

Dosa bermakna melewatkan sasaran layaknya pemanah yang menembakkan anak panah yang jaraknya ratusan meter tidak hanya dari mata banteng dan sasarannya.

5. Mazmur 103:12

Sejauh timur dari barat, demikian dijauhkanNya dari pada kita pelanggaran kita.

Ayat ini penting bagi Anda dikarenakan Tuhan tidak hanya mengampuni kita, tetapi Dia terhitung menghapus dosa kita hingga tak terhingga dimana kita tidak akan dulu kembali bersua dengan Tuhan.

6. 2 Korintus 5:18-19

Dan semuanya ini dari Allah, yang dengan perantaraan Kristus telah mendamaikan kita dengan diri-Nya dan yang telah mempercayakan pelayanan pendamaian itu kepada kami. Sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. Ia telah mempercayakan berita pendamaian itu kepada kami

Terdapat kata ‘pelayanan untuk pendamaian di dalam Kristus’ yang diimbuhkan Allah, maknanya adalah Paulus menjadi murid Kristus mengumumkan Injil tentang pengampunan dosa dan Tuhan ‘tidak menghitung pelanggaran dosa mereka’ dan Tuhan ‘mempercayakan kepada Paulus mengenai pesan dari rekonsiliasi’.

Sejak Yesus terhitung telah mempercayakan kita kepada layanan untuk pendamaian ini, kita perlu memberikannya kepada orang lain dan layanan itu.

7. Efesus 4:32

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Apabila kita mengampuni seperti Yesus Kristus mengampuni kita, maka kita akan berbaik hati satu sama lain. Apa maknanya?

Orang yang berhati lembut dapat didalam bertumbuh dan berbuah di didalam Kristus sebagai wujud hal mengampuni didalam alkitab dan pengampunan merupakan sebuah tindakan kebaikan. Anda tidak dapat beroleh kebaikan dari orang lain kalau Anda tidak menginginkan mengampuni mereka.

8. Ibrani 8:12

Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka.

Perintah dari ayat selanjutnya ini penting bagi Anda dikarenakan Anda perlu mengampuni orang lain terlebih dahulu, baru Anda dapat melewatkan kekeliruan orang lain.

9. Lukas 6:37

Janganlah kamu menghakimi, maka kamupun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamupun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. Dan ketika mereka terus-menerus bertanya kepada-Nya, Iapun bangkit berdiri lalu berkata kepada mereka: “Barangsiapa di antara kamu tidak berdosa, hendaklah ia yang pertama melemparkan batu kepada perempuan itu.

Di dalam ayat ini dijelaskan bahwa Yesus menginginkan Anda terlebih dahulu mengampuni orang lain tanpa menghakimi. Ini sesuai dengan yang telah dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang memaafkan.

10. Lukas 17:3-4

Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.

Ayat selanjutnya mengumpamakan bahwa kalau pengampunan Allah kepada kita tidak terbatas, maka harusnya kita menjadi tidak terbatas terhadap orang lain.

Akhir Kata

Demikian ulasan pembahasan tentang hal mengampuni dalam alkitab injil. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita mengenai mengampuni atau memberi maaf terhadap orang yang telah menyakiti kita.

Baca:

Tinggalkan komentar