Ayat Alkitab Tentang Kesabaran

Ayat alkitab tentang kesabaran keikhlasan dan ketenangan hati yang menguatkan

Bersamakristus.org – Ayat alkitab tentang kesabaran. Sabar adalahs adalah salah satu sifat manusia yang sulit dimiliki. Setiap orang, di dalam hatinya pasti memiliki celah untuk bisa marah.

Maka dari itu, orang yang sabar adalah orang yang sangat istimewa. Hal ini pun telah banyak dijelaskan pada ayat-ayat emas Alkitab tentang kesabaran dan keikhlasan.

Untuk bisa menjadi orang yang sabar, intinya kita harus bisa menahan diri dari emosi. Jangan pernah terbawa suasana secara berlebihan ketika ada peristiwa yang tidak sejalan dengan hati.

Tuhan, melalui firman-Nya menyebutkan bahwa kesabaran adalah hal yang sulit dimiliki, namun bagi siapa saja yang berhasil menguasainya, maka ia akan menjadi manusia yang istimewa.

Di bawah ini kami akan menuliskan beberapa daftar kumpulan ayat Alkitab yang membahas cara meraih kesabaran hati, ketenangan, dan keikhlasan hati. Silahkan disimak.

Ayat Alkitab Tentang Kesabaran

ayat alkitab kesabaran
ayat alkitab kesabaran

Sabar berarti dapat menahan diri dari segala emosi yang meluap dalam jiwa. Tuhan melalui firman-Nya yang tertuang dalam Alkitab menjelaskan keistmewaan sabar hati berikut ini.

Alangkah baiknya, jika kamu sabar terhadap kebodohanku yang kecil itu. Memang kamu sabar terhadap aku!

2 Korintus 11:1

Dan engkau tetap sabar dan menderita oleh karena nama-Ku; dan engkau tidak mengenal lelah.

Wahyu 2:3

Maka sujudlah hamba itu menyembah dia, katanya: Sabarlah dahulu, segala hutangku akan kulunaskan.

Matius 18:26

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

Efesus 4:2

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota.

Amsal 16:32

Kamu juga harus bersabar dan harus meneguhkan hatimu, karena kedatangan Tuhan sudah dekat!

Yakobus 5:8

Bersabarlah sebentar, aku akan mengajar engkau, karena masih ada yang hendak kukatakan demi Allah.

Ayub 36:2

Maka sujudlah kawannya itu dan memohon kepadanya: Sabarlah dahulu, hutangku itu akan kulunaskan.

Matius 18:29

Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan.

1 Timotius 6:11

Maka kata Yesus kepada mereka: “Hai kamu angkatan yang tidak percaya, berapa lama lagi Aku harus tinggal di antara kamu? Berapa lama lagi Aku harus sabar terhadap kamu? Bawalah anak itu ke mari!

Markus 9:19

Baca:

Ayat Alkitab Tentang Keikhlasan

ayat alkitab tentang keikhlasan
ayat alkitab tentang keikhlasan

Ikhlas berarti menerima keadaan buruk dan memahami bahwa ini keputusan Tuhan serta percaya bahwa Tuhan akan memberikan setuatu yang lebih baik. Berikut beberapa ayat Alkitab tentang keikhlasan hati.

Jadi jika kamu pada hari ini berlaku setia dan tulus ikhlas kepada Yerubaal dan keturunannya, maka silakanlah kamu bersukacita atas Abimelekh dan silakanlah ia bersukacita atas kamu.

Hakim-hakim 9:16

Sekalipun bukit-bukit pengorbanan tidak dijauhkan dari Israel, namun hati Asa tulus ikhlas sepanjang umurnya.

2 Tawarikh 15:17

Tetapi yang lain karena kepentingan sendiri z dan dengan maksud yang tidak ikhlas, sangkanya dengan demikian mereka memperberat bebanku dalam penjara.

Filipi 1:17

Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus ikhlas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu.

1 Petrus 1:22

Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya.

Amsal 11:3

Ayat Alkitab Tentang Ketenangan

ayat alkitab tentang ketenangan
ayat alkitab tentang ketenangan

Tenang bukan sifat, melainkan sikap. Ini berkaitan dengan respon kita ketika mengetahui sesuatu yang mengejutkan. Berikut beberapa ayat emas Alkitab tentang ketenangan hati.

Juga orang-orang Lewi menyuruh semua orang itu supaya diam dengan kata-kata: “Tenanglah! Hari ini adalah kudus. Jangan kamu bersusah hati!

Nehemia 8:11

Perkataan orang berhikmat yang didengar dengan tenang, lebih baik dari pada teriakan orang yang berkuasa di antara orang bodoh.

Pengkhotbah 9:17

Dan Aku juga akan bertepuk tangan dan hati-Ku yang panas menjadi tenang kembali. Aku, TUHAN, yang mengatakannya.

Yehemia 16:42

Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: “Diam! Tenanglah!” Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali.

Markus 4:39

Dan anggaplah sebagai suatu kehormatan untuk hidup tenang, untuk mengurus persoalan-persoalan sendiri dan bekerja dengan tangan, seperti yang telah kami pesankan kepadamu.

1 Tesalonika 4:11

Akhir Kata

Itulah kumpulan ayat alkitab tentang kesabaran hati, mudah-mudahan dapat menjadi tambahan ilmu dan santapan rohani yang bermanfaat untuk kita semua. Haleluya, Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar