Ayat Alkitab yang Menguatkan Hati

Ayat Alkitab yang Menguatkan Saat Patah Hati

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab yang menguatkan hati yang hancur. Kadang kala, ada masanya seseorang mengalami sakit hati, tidak percaya diri, atau bahkan menjadi orang yang bersedih karena dirundung masalah.

Tak heran bila hal tersebut menjadikan seseorang menangis di malam hari, tidak bisa tidur, dan kerap memanjatkan doa kristen menghadapi masalah. Doa tersebut kerap dipanjatkan di waktu tenang atau saat teduh.

Selain itu, guna menenangkan hati yang lemah, seseorang bisa memanjatkan contoh doa penenang hati kristen. Niscaya dengan memanjatkannya, Tuhan akan membantu kita untuk melewati masa-masa sulit.

Di dalam Alkitab juga banyak firman Tuhan yang bisa menjadi penguat hati kita. Ayat-ayat ini dapat kita renungi makna tersiratnya, terutama pada saat menghadapi pencobaan dan pergumulan yang begitu besar.

Selain untuk diri sendiri, ayat emas Alkitab yang menguatkan hati ini juga bisa Anda jadikan kutipan atau quotes untuk orang lain untuk menyemangati mereka agar tidak lesu, lemah, dan pesimis.

Kumpulan Ayat Alkitab untuk Menguatkan Hati

Di bawah ini kami akan membagikan beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan untuk menguatkan hati, menjadi penyemangat, sekaligus penyejuk hati yang gundah dan gelisah.

1. Menguatkan Hati

Aku akan bersorak-sorak dan bersukacita karena kasih setia-Mu, sebab Engkau telah menilik (mengawasi) sengsaraku, telah memperhatikan kesesakan jiwaku.

Mazmur 31:8

Orang yang tertindas ini berseru, dan Tuhan mendengar; Ia menyelamatkan dia dari segala kesesakan.

Mazmur 34:6

Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka Tuhan mendengar, dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya. Tuhan itu dekat dengan orang-orang yang patah hati, dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

Mazmur 34:17-18

Untuk pemimpin biduan. Dari Bani Korah. Dengan lagu: Alamot. Nyanyian. Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti.

Mazmur 46:1

Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Aku ditinggikan di antara bangsa-bangsa, ditinggikan di bumi!

Mazmur 46:10

Berserulah kepada-Ku pada waktu kesesakan, Aku akan meluputkan Engkau, dan Engkau akan memuliakan aku.

Mazmur 50:15

Tetapi aku mau menyanyikan kekuatan-Mu, pada waktu pagi aku mau bersorak-sorai karena kasih setia-Mu; sebab Engkau telah menjadi kota bentengku, tempat pelarianku pada waktu kesesakanku.

Mazmur 59:16

Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.

Mazmur 62:8

Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.

Mazmur 91:15

Sebab Tuhan tidak akan membuang umat-Nya, dan milik-Nya sendiri tidak akan ditinggalkan-Nya.

Mazmur 94:14

2. Menguatkan Iman

Nyanyian ziarah. Aku melayangkan mataku ke punggung-punggung; dari manakah akan datang pertolonganku? pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menghadiahkan langit dan bumi.

Mazmur 121:1-2

Jika aku berada dalam kesesakan, Engkau mempertahankan hidupku; terhadap amarah musuhku Engkau mengulurkan tangan-Mu, dan tangan kanan-Mu menyelamatkan aku.

Mazmur 138:7

Hidupkanlah oleh karena nama-Mu, ya Tuhan, keluarkanlah jiwaku dari dalam kesesakan demi keadilan-Mu.

Mazmur 143:11

Tuhan dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya, pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.

Mazmur 145:18

Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena itu kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Roma 5:3-5

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Roma 8:28

Siapakah yang akan memisahkan kita dari Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya atau pedang?

Roma 8:35

Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan dan bertekunlah dalam doa!

Roma 12:12

Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

2 Konritus 1:3-4

Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa. Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.

2 Konritus 4:8-10

3. Menguatkan Saat Sakit

Sebab penderitaan ringan yang sekarang ini, mengerjakan bagi kami kemuliaan kekal yang melebihi segala-galanya, jauh lebih besar daripada penderitaan kami.

2 Konritus 4:17

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Matius 6:33

Sebab itu janganlah kamu khawatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.

Matius 6:34

Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun.

Yakobus 1:2-4

Kalau ada seorang di antara kamu yang menderita, baiklah ia berdoa! Kalau ada seorang yang bergembira baiklah ia bernyanyi.

Yakobus 5:13

Hiburkanlah umat-Ku, demikian firman Allahmu

Yesaya 40:1

Janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Yesaya 41:10

Apabila engkau emnyeberang melalui air, aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan, apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

Yesaya 43:2

Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku akan menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Yesaya 46:4

Tuhan itu baik; Ia adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; Ia mengenal orang-orang yang berlindung kepada-Nya dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir. Ia menghabisi sama sekali orang-orang yang bangkit melawan Dia, dan musuh-Nya dihalau-Nya ke dalam gelap.

Nahum 1:7-8

4. Menguatkan Saat Sedih

Serahkanlah segala kekhawatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu.

1 Petrus 5:7

Janganlah hendaknya kamu khawatir dengan apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.

Filipi 4:6-7

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepada-Ku

Filipi 4:13

Orang benar-benar diselamatkan dari kesukaran, lalu orang fasik menggantikannya.

Amsal 11:8

Semua itu kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu. Aku telah mengalahkan dunia.

Yohanes 16:33

Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukuplah dirimu dengan apa ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau. Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: “Tuhan adalah penolongku. Aku tidak takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?

Ibrani 13:5-6

Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: “Ada apa Tuhan?” Jawab malaikat itu: “Semua doamu dan sedekahmu telah naik kehadirat Allah dan Allah mengikat engkau.

Kisah Para Rasul 10:4

Akhirnya, hendaklah kamu kuat di hadapan Tuhan, di dalam kekuatan kuasa-Nya. Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat iblis.

Efesus 6:10-11

Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, jangan takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab Tuhan, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau.

Ulangan 31:6

Sebab Tuhan, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.

Ulangan 31:8

Daftar Ayat Alkitab Firman Tuhan Lainnya

Tidak hanya membahas tentang ayat firman Tuhan yang menguatkan hati, Alkitab juga memiliki berbagai petunjuk untuk menjalani kehidupan lainnya. Anda bisa meyimaknya pada pembahasan-pembahasan berikut ini.

Akhir Kata

Demikian ulasan dan pembahasan singkat mengenai ayat alkitab yang menguatkan hati hancur. Semoga adanya ayat emas Alkitab atau firman Tuhan ini kita bisa menjadi semakin bisa menahan emosi dan menguatkan hati. Ingatlah bahwa Tuhan selalu bersama kita, haleluya, amin.

Baca:

Tinggalkan komentar