Apakah Orang Kristen Boleh Ditato

Bolehkan Umat Kristiani Ditato?

Bersamakristus.org – Apakah orang Kristen boleh ditato. Tato merupakan hiasan yang dibuat di tubuh dengan menggunakan tinta. Ada tato permanen dan ada yang bersifat sementara.

Dalam hukum tato menurut Kristen, sebenarnya sudah sedikit disinggung beberapa ayat Alkitab dan firman Tuhan yang menjelaskannya. Bahwasannya tato ada yang dilarang dan ada yang dibolehkan.

Mungkin Anda juga saat ini memiliki pemikiran ingin ditato pada beberapa bagian tubuh. Seperti di kepala, badan, punggung, lengan, kaki, atau leher sekalipun.

Lalu sebenarnya apakah orang Kristen boleh ditato? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita simak pembahasan lengkap yang sudah kami uraikan di bawah berikut ini.

Apakah Orang Kristen Boleh Ditato?

Di bawah ini merupakan penjelasan hukum tato dan apakah orang Kristen boleh ditato atau tidak menurut Perjanjian Lama dan Baru.

1. Menurut Perjanjian Lama

“Janganlah kamu menggoresi tubuhmu karena orang mati dan janganlah merajah tanda-tanda pada kulitmu; Akulah TUHAN.”

Imamat 19:28

Di masa Perjanjian. Lama, tato atau rajah adalah tanda perbudakan bangsa Israel terhadap Bangsa Mesir. Secara tidak langsung, tato merupakan hal yang tidak baik sehingga anak-anak Allah menganggapnya ini merupakan kekejian karena lambang yang tidak diperkenankan Allah.

🔥 Trending:   Cara Mendidik Anak Menurut Kristen

Sebaiknya umat Kristen juga menghindari tato di tubuhnya karena tidak sesuai dengan kehendak-Nya. Allah tidak suka jika ada manusia membuat rajah di kulitnya, sehingga jangan sampai membuat tato pada kulit tubuh apalagi yang permanen.

2. Menurut Perjanjian Baru

“Tetapi sekarang, setelah kamu dimerdekakan dari dosa dan setelah kamu menjadi hamba Allah, kamu beroleh buah yang membawa kamu kepada pengudusan dan sebagai kesudahannya ialah hidup yang kekal.”

Roma 6:22

Pada ayat di atas, ada informasi di masa Perjanjian Baru umat Kristen telah ditebus dan dimenangkan oleh dosa. Maka dari itu seharusnya umat Kristent idak ada lagi di bawah pengaruh dosa dari masa Perjanjian Lama, termasuk soal menggunakan rajah di kulit.

Namun meski demikian di masa sekarang tato juga dipandang sebagai gambaran yang tidak baik. Maka dari itu meski sudah tidak terikat dosa, sebaiknya hindarilah menggunakan tato di kulit. Hal itu bisa menjadi penghalang kita sebagai garam dan terang dunia bagi sesama.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan dari kami mengenai apakah orang Kristen boleh ditato atau tidak. Semoga bisa menjawab pertanyaan Anda mengenai boleh ditato dalam agama Kristen atau tidak.

Baca: