Perbedaan Nilai dan Norma Dalam Agama Kristenan

Bedanya Nilai Serta Norma Menurut Kristiani

Bersamakristus.org – Perbedaan nilai dan norma dalam agama Kristen. Banyak yang sudah mengetahui bahwa nilai dan norma merupakan dua hal yang benar-benar berbeda. Keduanya memiliki makna yang tidak sama satu sama lain.

Nilai misalnya, merupakan sebuah hal yang dianggap baik atau buruk di masyarakat, sedangkan norma merupakan aturan yang berlaku di masyarakat. Keduanya harus kita taati sebagai bagian dari masyarakat.

Namun tidak hanya dalam kehidupan bermasyarakat saja, di dalam kehidupan agama kita juga mengenal nilai dan norma. Ada nilai dalam pandangan Kristen, ada juga norma dalam pandangan Kristen.

Keduanya berbeda jika dibandingkan dengan nilai dan norma menurut umum yang dikenal masyarakat. Mungkin juga, masih ada yang belum mengetahui tentang perbedaan di antara keduanya.

Oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin membagikan penjelasan mengenai perbedaan nilai dan norma menurut agama Kristen. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

Perbedaan Nilai dan Norma Menurut Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, berikut merupakan beberapa perbedaan di antara nilai dan norma dalam agama Kristen. Simak pembahasan lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

1. Terkait Wujud

Nilai adalah komitmen yang dipegang selama kita menghaadi macam-macam pilihan di dunia. Sedangkan norma merupakan ketetapan yang jelas mengatur hal tersebut.

Misalnya pada saat kita melihat orang lain memiliki mobil baru, ada perbedaan nilai dan norma dalam Kristen unttuk menacpai permintaan adlam hati agar bisa membeli mobil baru dan mengganti mobil yang usang.

Anda pun berencana untuk menyita kredit mobil untuk mencukupi permintaan tersebut. Disinilah nilai dan norma kristiani bakal menjagai hidup kita. Kita ingat bahwa Firman Tuhan mengajarkan untuk mampu mengendalikan diri dan ketetapan selanjutnya termasuk ada didalam perintah Allah.

Mungkin saja selagi itu Anda perlu studi bersabar, karena kecuali tidak, mungkin bersama situasi keuangan Anda selagi ini bakal sebabkan Anda kesulitan untuk membayar cicilan kredit mobil di kemudian hari.

2. Terkait Pengertian

Baik nilai dan norma bisa menjadi ukuran perkembangan rohani umat Kristen. Salah satu umpama nyata dari perbedaan ini adalah nilai kasih untuk keluarga. Anda sebagai seorang anak diharuskan untuk menghargai orang tua layaknya yang udah tercatat didalam sepuluh perintah Allah.

3. Terkait Fungsi

Nilai dalam agama Kristen mengarahkan manusia pada panduan hidup untuk mencapai hakikat tersebut. Dengan punya nilai-nilai kristiani berwujud buah-buah roh kudus yang mampu dirasakan oleh orang-orang di sekeliling kita, kita sebenarnya sedang menggenapi obyek hidup orang Kristen.

Sedangkan norma menurut pandangan Kristen bakal memberi kita panduan bagaimana perlu melakukannya. Contohnya perihal nilai kesetiaan, norma kristiani mengajarkan sehingga pasangan Kristen tidak berhubungan badan sebelum waktunya, lebih-lebih hukum perceraian didalam Kristen termasuk dicatat jelas di Alkitab (Matius 19:6)

Akhir Kata

Mungkin cukup sampai di sini pembahasan mengenai perbedaan nilai dan norma dalam agama kristen. Mudah-mudahan dengan adanya pembahasan ini kita dapat mengetahui perbedaan di antara nilai serta norma menurut iman Kristiani.

Baca:

Tinggalkan komentar