Contoh Perilaku Sebagai Terang dan Garam Dunia

Perbuatan yang Mencerminkan Terang Garam Dunia

Bersamakristus.org – Contoh perilaku sebagai terang dan garam dunia. Setiap orang Kristen harus berusaha dan bisa menjadi garam dan terang di dunia, minimal di lingkungan keluarganya sendiri.

Seperti diketahui, makna garam dan terang dunia menurut Kristen adalah menunjukkan bahwa Tuhan Yesus ingin para murid-Nya melakukan panggilan-Nya dan setia melalui hidup yang bersih dan murni. Sehingga, mereka bisa mempengaruhi orang lain untuk dapat memuliakan Allah.

Menjadi garam dan terang dunia bukanlah perbuatan yang mudah dilakukan. Apalagi kita sadari bahwa iman kita terhadap Tuhan mungkin masih sedikit, dibandingkan orang-orang lain di luar sana.

Untuk itu kita perlu mencontoh perilaku yang menunjukkan seorang Kristen telah menjadi garam dan terang dunia. Apa saja? Kami memiliki pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Contoh-contoh Perilaku Sebagai Garam dan Terang Dunia

Apa saja contoh perilaku sebagai garam dan terang dunia dalam agama Kristen? Simak langsung pembahasan serta penjelasan lengkapnya di bawah berikut ini dirangkum dari berbagai sumber.

1. Membawa Pengaruh

Garam memiliki fungsi menjadi pemberi rasa pada makanan, kita tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya sayur sop tanpa garam, rasanya tentu saja hambar. Cukup diberi sedkit garam, sepanci kuah sop akan terasa lebih nikmat.

Seperti itulah contoh perilaku sebagai garam di dunia, keberadaan kita harus bisa memberi warna di tengah masyarakat. Memberi rasa yang baik serta menyalurkan kasih yang sudah kita terima dari Allah kepada sesama.

Sebagai garam dunia, perilaku manusia harus membawa pengaruh moral dan etika Kristen yang seturut firman Allah, di tengah dunia yang penuh dosa ini. Dengan membuat orang lain berinteraksi bersama kita, mereka akan merasa damai, tersenyum bahagia, dan bukan membawa pertentangan.

2. Penjaga Nilai Kebenaran

Garam juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan, contohnya ikan asin atau bahan makanan lain seperti asinan. Garam bisa mencegah kebusukan sehingga makanan yang kita santap tidak rusak atau basi.

Sebagai garam di dunia, perilaku kita juga harus mengikuti karakter Kristus, kita perlu menjadi teladan hidup dalam kebenaran firman Allah. Kehadiran kita bisa menyapu hal-hal yang tidak benar, yang menyalahi moral maupun etika. Contohnya korupsi, kecurangan, dan lainnya.

3. Membuat Semua Menjadi Jelas

Contoh perilaku sebagai terang di dunia yaitu membuat hal yang sebelumnya tidak terlihat menjadi terlihat lebih jelas. Sebagai terang dunia, manusia perlu menunjukkan dengan jelas mengenai kebenaran firman Allah.

Caranya dengan berperilaku sesuai firman Allah terutama dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Denagn demikian, orang lain yang melihatnya bisa mengetahui jalan hidup yang sesuai dengan perintah Allah.

Di dunia yang penuh dosa ini, kita bisa menjadi pembawa kabar kebenaran yang membuat segala sesuatu menjadi lebih jelas, apakah benar sesuai firman Tuhan atau tidak. Kita tidak akan bisa menaruh kehidupan pada kejelasan yang abu-abu.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan dari kami mengenai contoh perilaku kristen sebagai garam dan terang dunia. Mudah-mudahan kita bisa menjadi garam dan terang dunia khususnya bagi masyarakat sekitar.

Baca: