Citra Pelajar Kristen

Gambaran Pelajar Kristiani di Masa Sekarang

Bersamakristus.org – Citra pelajar kristen. Salah satu cara menyelidiki dan mengubah diri dengan terus-menerus adalah melalui menampilkan citra Kristen pada pelajar dan mahasiswa.

Ada beberapa tokoh yang akan menampilkan citra Kristen yang merupakan teladan dan unutuk mengenal prnsip gereja dalam politik. Misalnya Abraham Lincoln, Uskup Belo, Martin Luther King, Bunda Theresa, John Wesley, dan Jong Sung.

Namun tetap saja sebagai teladan utamanya adalah Tuhan Yesus. Sehingga, Anda harus mempelajari ciri-ciri yang dapat dilihat dari sikap yang telah dilakukan oleh tokoh-tokoh tersebut.

Dengan demikian, mereka bisa menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan hukum kasih dalam Alkitab. Di sini kami akan menjelaskan ciri-ciri citra pelajar Kristen.

Karakteristik dan Ciri-ciri Pelajar dalam Agama Kristen

Langsung saja, berikut adalah beberapa ciri-ciri dan karakteristik pelajar Kristen serta pandangannya dalam kehidupan.

  • Memiliki kesadaran murni untuk berusaha menampilkan citra Kristus sebagai tugas untuk di dalam kehidupannya.
  • Mengidentifikasi kehidupan Tuhan Yesus dan menjadikan-Nya segala aspek kehidupan dan teladan utama dalam bertindak.
  • Memetik berbagai aspek keteladanan Yesus dengan perkataan-perkataan hikmat dari Alkitab untuk menjadikannya arah pengembangan diri.
  • Membedakan dengan sadar dari nilai-nilai Kristiani dengan yang bukan dan menjadi tujuan hidupnya.
  • Memiliki gaya hidup dan memberi penampilan serta gaya kerja yang unik dan memberi keberanian mengambil risiko, dengan kata lain memiliki citra diri yang menjadi kokoh dan sejalan dengan citra diri sebagai pengikut Yesus Kristus.
  • Bisa mengomunikasikan visi dan misi yang dimiliki untuk dilakukan dengan baik.

Memperlihatkan citra diri itu bukan hal yang mudah. Namun seseorang bisa memperlihatkan citra dirinya sesuai dengan ajaran yang sempurna meski menurut orang lain atau lingkungan belum tersampaikan sepenuhnya sikap Anda.

Di lingkungan ini, faktanya banyak yang mencemooh dan saling menerima penolakan atau memberi prasangka buruk. Hal ini kerap terjadi karena orang yagn melakukan citra diri berbeda dengan tokoh yang disebutkan di atas.

Di sisi lain, bisa juga terjadi ketika seseorang memperlihatkan citra Kristus tapi orang lain menolak karena mereka sadar bahwa citra, nilai, kebutuhan, dan ambisi adalah perilaku yang tak serasi. Sehingga, tujuan citra Kristus tidak bisa dimaksimalkan.

Contohnya perilaku orangtua yang menyuruh anaknya pergi ke gereja namun orangtuanya sibuk bekerja dan tak sempat beribadah. Dengan ii, akan terlihat dari omongan serta tindakan yang tak sesuai.

Dengan memmberikan citra Kristen, artinya kita menyelidiki dan mengubah diri terus-menerus. Sehingga, bisa menjadi semakin serupa dengan citra Kristus. Hal ini adalah salah satu yang mendasar perlu dipahami umat percaya.

Pandangan Kehidupan dari Citra Pelajar Kristen

Lalu apa pandangan Alkitab terhadap citra pelajar Kristen dalam kehidupan? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Hidup yang Bersaksi

Hidup bersaksi artinya hidup dilalui dengan pikiran, perkataan, dan perbuatan yang memberitakan karya Kristus yang sudah mati karena dosa kita. Kita harus bersaksi untuk memberitakan karya Kristus dan memberi tahu dunia untuk mengenal Allah dalam Yesus Kristus.

Yesus telah memberi amanat kepada kita untuk memberitakan Injil, memberi kabar kesukaan dan akan semakin banyak orang percaya dan bisa memperoleh keselamatan hidup kekal yang diberitakan Allah kepada dunia melalui Yesus Kristus.

2. Hidup Sederhana

Hidup sederhana berarti hidup seadanya, secukupnya, serta tidak berlebihan. Tuhan Yesus dalam doa Bapa Kami juga memberi tahu bahwa kehidupan sederhana kepada murid-murid-Nya.

Begitu pula Rasul Paulus dalam suratnya kepada Timotius menasehari orang yang ingin hidup kaya dan berlebihan akan jatuh ke dalam pencobaan, keruntuhan, serta kebinasaan. Maka Rasul Paulus mengingatkan: asal ada makanan dan pakaian, cukuplah.

3. Hidup Saling Memberi

Terakhir adalah hidup saling memberi atau kehidupan yang bsia diteladani untuk menjalani kehidupan. Menampilkan citra Kristen memiliki arti menyelidiki dan bisa mengubah diri terus-menerus sehingga bsia serupa dengan citra Kristus.

Hal ini sangatmendasar dalam memperlihatkan citra diri sebagai umat yang menjadi pengikut Yesus. Selain itu hal ini juga sejalan dengan pemahaman tentang Yesus Kristus yang memiliki penuh kasih, rendah hati, tulus, dengan menggunakan pikiran, perkataan dan perbuatan kita.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai citra pelajar agama kristen. Semoga bisa memberi tambahan wawasan bagi yang ingin mengetahui citra pelajar dan pandangan kehidupan dalam agama Kristen.

Baca: