Ayat Alkitab Tentang Saudara

Ayat Alkitab Membantu Saudara Seiman

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang saudara kandung dan seiman. Setiap umat percaya tidak akan hidup sendiri. Pasti ada saja orang-orang di sekelilingnya yang membantu dan menemani.

Satu yang menjadi orang terdekat kita adalah saudara. Entah itu saudara kandung atau saudara seiman. Saudara adalah orang yang seharusnya paling kita percaya, karena dia adalah paling mengetahui kehidupan kita.

Penjelasan di dalam Alkitab, saudara adalah orang yang begitu istimewa dalam kehidupan seseorang. Saudara akan menjadi orang pertama yang menasehati kita ketika susah dan sulit.

Pada kesempatan ini, kami ingin menjelaskan daftar kumpulan ayat emas Alkitab tentang saudara kandung, seiman, yang menginspirasi, memotivasi, dan menyejukkan hati.

Kumpulan ayat-ayat firman Tuhan tentang saudara ini kami rangkum dari berbagai sumber, termasuk Injil Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Selengkapnya bisa dilihat di bawah berikut.

Kumpulan Ayat Alkitab Tentang Saudara Kandung

Langsung saja tanpa banyak basa basi lagi, silahkan simak pembahasan mengenai kumpulan ayat emas Alkitab dan firman Tuhan tentang saudara yang menginspirasi, memotivasi, dan menyejukkan hati.

1. Saudara Seiman

Mereka datang menghadap imam Eleazar, dan menghadap Yosua bin Nun, serta para pemimpin, dan berkata: “TUHAN telah memerintahkan kepada Musa untuk memberikan milik pusaka kepada kami di tengah-tengah SAUDARA-SAUDARA kami.” Sebab itu diberikannya kepada mereka, milik pusaka di tengah-tengah SAUDARA-SAUDARA ayah mereka, sesuai dengan titah TUHAN.

Yosua 6:4

Setelah mereka kembali kepada SAUDARA-SAUDARA sesukunya di Zora dan Esytaol, berkatalah SAUDARA-SAUDARA sesukunya kepada mereka: “Apakah yang kamu dapati di sana?”

Hakim-hakim 7:8

Maka orang Lewi itu menyuruh berdiri Heman bin Yoël; dan dari SAUDARA-SAUDARA sepuaknya: Asaf bin Berekhya; dari bani Merari, SAUDARA-SAUDARA sepuak mereka: Etan bin Kusaya;

1 Tawarikh 13:17

Setelah selesai pembacaan dari hukum Taurat dan kitab nabi-nabi, pejabat-pejabat rumah ibadat menyuruh bertanya kepada mereka: “SAUDARA-SAUDARA, jikalau SAUDARA-SAUDARA ada pesan untuk membangun dan menghibur umat ini, silakanlah!”

Kisah Para Rasul 44:15

Karena sebelum beberapa orang dari kalangan Yakobus datang, ia makan sehidangan dengan SAUDARA-SAUDARA yang tidak bersunat, tetapi setelah mereka datang, ia mengundurkan diri dan menjauhi mereka karena takut akan SAUDARA-SAUDARA yang bersunat.

Galatia 48:12

Lalu SAUDARA-SAUDARA ibunya mengatakan hal ihwalnya kepada seluruh warga kota Sikhem, maka condonglah hati orang-orang itu untuk mengikuti Abimelekh, sebab kata mereka: “Memang ia SAUDARA kita.”

Hakim-hakim 7:3

Dan Miklot yang memperanakkan Simea. Juga mereka ini pergi diam berdekatan dengan SAUDARA-SAUDARA mereka di Yerusalem bersama-sama SAUDARA mereka yang lain.

1 Tawarikh 13:32

Miklot memperanakkan Simeam. Juga mereka ini pergi diam berdekatan dengan SAUDARA-SAUDARA mereka di Yerusalem bersama-sama SAUDARA mereka yang lain.

1 Tawarikh 13:38

2. Saudara Kandung

Lalu Yesua serta anak-anak dan SAUDARA-SAUDARAnya dan Kadmiel serta anak-anaknya, orang-orang Yehuda bersama-sama bertindak mengawasi orang-orang yang melakukan pekerjaan membangun rumah Allah. Demikian juga bani Henadad, anak-anak dan SAUDARA-SAUDARA mereka, orang-orang Lewi itu.

Ezra 15:9

Kepada mereka diserahkan surat yang bunyinya: “Salam dari rasul-rasul dan penatua-penatua, dari SAUDARA-SAUDARAmu kepada SAUDARA-SAUDARA di Antiokhia, Siria dan Kilikia yang berasal dari bangsa-bangsa lain.

Kisah Para Rasul 44:23

Tentang SAUDARA Apolos: telah berulang-ulang aku mendesaknya untuk bersama-sama dengan SAUDARA-SAUDARA lain mengunjungi kamu, tetapi ia sama sekali tidak mau datang sekarang. Kalau ada kesempatan baik nanti, ia akan datang.

1 Korintus 46:12

Karena itu, SAUDARA-SAUDARA yang kukasihi dan yang kurindukan, sukacitaku dan mahkotaku, berdirilah juga dengan teguh dalam Tuhan, hai SAUDARA-SAUDARAku yang kekasih!

Filipi 50:1

Hal itu kamu lakukan juga terhadap semua SAUDARA di seluruh wilayah Makedonia. Tetapi kami menasihati kamu, SAUDARA-SAUDARA, supaya kamu lebih bersungguh-sungguh lagi melakukannya.

1 Tesalonika 52:10

Tetapi kami berpesan kepadamu, SAUDARA-SAUDARA, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap SAUDARA yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

2 Tesalonika 53:6

Serta berkata: “Terpujilah TUHAN, Allah tuanku Abraham, yang tidak menarik kembali kasih-Nya dan setia-Nya dari tuanku itu; dan TUHAN telah menuntun aku di jalan ke rumah SAUDARA-SAUDARA tuanku ini!”

Kejadian 1:27

Tetapi pada siapa engkau menemui dewa-dewamu itu, janganlah ia hidup lagi. Periksalah di depan SAUDARA-SAUDARA kita segala barang yang ada padaku dan ambillah barangmu.” Sebab Yakub tidak tahu, bahwa Rahel yang mencuri terafim itu.

Kejadian 1:32

3. Mengasihi Saudara

Engkau telah menggeledah segala barangku, sekarang apakah yang kautemui dari segala barang rumahmu? Letakkanlah di sini di depan SAUDARA-SAUDARAku dan SAUDARA-SAUDARAmu, supaya mereka mengadili antara kita berdua.

Kejadian 1:37

Inilah riwayat keturunan Yakub. Yusuf, tatkala berumur tujuh belas tahun — jadi masih muda — biasa menggembalakan kambing domba, bersama-sama dengan SAUDARA-SAUDARAnya, anak-anak Bilha dan Zilpa, kedua isteri ayahnya. Dan Yusuf menyampaikan kepada ayahnya kabar tentang kejahatan SAUDARA-SAUDARAnya.

Kejadian 1:2

Setelah hal ini diceritakannya kepada ayah dan SAUDARA-SAUDARAnya, maka ia ditegor oleh ayahnya: “Mimpi apa mimpimu itu? Masakan aku dan ibumu serta SAUDARA-SAUDARAmu sujud menyembah kepadamu sampai ke tanah?”

Kejadian 1:10

Marilah kita jual dia kepada orang Ismael ini, tetapi janganlah kita apa-apakan dia, karena ia SAUDARA kita, darah daging kita.” Dan SAUDARA-SAUDARAnya mendengarkan perkataannya itu.

Kejadian 1:27

Sementara itu Yusuf telah menjadi mangkubumi di negeri itu; dialah yang menjual gandum kepada seluruh rakyat negeri itu. Jadi ketika SAUDARA-SAUDARA Yusuf datang, kepadanyalah mereka menghadap dan sujud dengan mukanya sampai ke tanah.

Kejadian 1:6

Dan Yusuf berkata kepada SAUDARA-SAUDARAnya: “Akulah Yusuf! Masih hidupkah bapa?” Tetapi SAUDARA-SAUDARAnya tidak dapat menjawabnya, sebab mereka takut dan gemetar menghadapi dia.

Kejadian 1:3

Ketika dalam istana Firaun terdengar kabar, bahwa SAUDARA-SAUDARA Yusuf datang, hal itu diterima dengan baik oleh Firaun dan pegawai-pegawainya.

Kejadian 1:16

Kemudian berkatalah Yusuf kepada SAUDARA-SAUDARAnya dan kepada keluarga ayahnya itu: “Aku mau menghadap Firaun dan memberitahukan kepadanya: SAUDARA-SAUDARAku dan keluarga ayahku, yang tinggal di tanah Kanaan, telah datang kepadaku;

Kejadian 1:31

Ketika SAUDARA-SAUDARA Yusuf melihat, bahwa ayah mereka telah mati, berkatalah mereka: “Boleh jadi Yusuf akan mendendam kita dan membalaskan sepenuhnya kepada kita segala kejahatan yang telah kita lakukan kepadanya.”

Kejadian 1:15

Daftar Ayat Alkitab Firman Tuhan Lainnya

Alkitab memiliki pembahasan yang luas sebagai petunjuk berbagai masalah kehidupan. Selain mengenai suadara, kami sebelumnya juga telah membahas banyak hal selain mengenai saudara. Silahkan disimak.

Akhir Kata

Demikian ulasan dan pembahasan singkat mengenai ayat alkitab tentang saudara seiman. Semoga kumpulan ayat emas dan firman Tuhan tentang saudara ini bisa membuat kita mencintai saudara kandung dan seiman. Haleluya, Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar