Cara Hidup Jemaat Perdana

Kehidupan pada Jemaat Perdana

Bersamakristus.org – Cara hidup jemaat perdana. Banyak sekali hal-hal yang mungkin masih belum kita ketahui dalam kehidupan Kristen, terutama yang berkaitan dengan sejarah masa lalu.

Seperti apa yang dijelaskan dalam sejarah gereja perdana, di situ banyak hal yang kemudian berdampak begitu besar pada masa sekarang. Terutama dalam perkembangan umat Kristen Protestan serta Katolik.

Bicara mengenai gereja perdana, sebenarnya bagaimana cara hidup atau gaya kehidupan yang mereka jalani di waktu itu? Bagaimana sih cara hidup jemaat perdana dalam kepercayaan Katolik?

Nah pada kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara hidup jemaat perdana. Anda bisa menyimak seluruh ulasan lengkapnya pada uraian di bawah ini, silahkan disimak.

Ini Cara Hidup Jemaat Perdana

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak pembahasan di bawah ini mengenai cara hidup jemaat gereja perdana. Simak ulasannya dirangkum dari berbagai sumber berikut.

1. Membagikan Harta Miliknya

Salah satu cara hidup yang dilakukan jemaat perdana adalah mereka senang mengumpulkan dan membagikan harta miliknya. Pembagian itu diberikan kepada orang lain yang membutuhkan ulurna tangan dan harta yang mereka miliki masing-masing adalah harta milik bersama.

Mereka menggunakannya sesuai kebutuhan saja, tidak berlebihan dan bila ada sisa mereka memberikannya kepada orang yang lebih membutuhkan. Membantu sesama kita yagn membutuhkan dengan tanpa pamrih atau mengharapkan balasan ablik dari orang yang kita tolong adalah salah satu karakter Kristen sejati yang patut kita contoh.

Tapi mungkin zaman sekarang banyak orang yang akan memperhitungkan berbagia hal sebelum mencoba untuk membantu orang lain atau bahkan membagikan harta mereka untuk membantu seseorang keluar dari kesulitan yang sedang dihadapi.

2. Berdoa Bersama

Mereka juga senang berkumpul dan berdoa bersama, seperti yang dikatakan Yesus, di mana ada dua atau tida orang yang berkumpul membicarakan Yesus maka Yesua akan berada di tengah-tengah mereka. Kegiatan ini sangat berguna karena setiap orang dalam kelompok bisa saling mendoakan satu sama lain.

Dengan kehadiran Tuhan, maka berkat dan rahmat akan tercurah pada saat itu juga. Jemaat perdana juga tentunya akan menerapkan beberapa cara berdoa Kristen agar dikabulkan. Sehingga, mereka bisa mendapatkan pencurahan rahmat dan memiliki saat teduh yang menenangkan hati. Sebaiknya, kita juga berusaha untuk menerapkan beberapa cara berdoa yang baik.

Tujuannya tak lain adalah agar apa yang ingin ktia sampaikan kepada Tuhan dapat tersampaikan dengan baik dan dengan niatan yang tulus. Doa yang dipanjatkan juga tidak harus panjang, tapi sebaiknya tulus dari hati yang paling dalam, bukan sekedar hanya terkesan bahwa kita meminta banyak hal kepada Tuhan.

3. Setia pada Ajaran Rasul

Jemaat perdana juga setia pada ajaran para rasul, yaitu mereka yang menerusakan pengajaran Kristus di dunia setelah Dia kembali ke surga. Dalam pengajaran-Nya, Para Rasul menginginkan kita untuk mengerti apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita.

Maka, Para Rasul telah berusaha melakukan berbagai cara untuk membantu memudahkan kita mengerti apa yang Tuhan inginkan terjadi dalam hidup kita. Meski mereka sudah tidak ada lagi, tapi masih ada pengganti Para Rasul yang membawa tanggung jawab sama, di antaranya adalah paus, uskup, iman, diakon, dan biarawan biarawati.

Jadi, pada dasarnya mereka tetap menghargai berbagai usaha yang telah dilakukan Para Rasul. Selain itu mereka juga tetap setia dan berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan, baik itu dengan meneladani ajaran Para Rasul atau dengan berdoa sesuai dengan yang telah diajarkan oleh Yesus Kristus.

4. Tidak Egois

Contoh cara kehidupan jemaat gereja perdana berikutnya adalah tidak memiliki sifat egois, mereka lebih suka membagikan apa yang mereka miliki. Mereka juga tetap bisa berdampingan dengan cara hidup mereka yang seperti itu karena mementingkan kepentingan bersama dan berusaha menyingkirkan sifat egois.

Keputusan yang mereka lakukan dan pilh merupakan keputusan bersama. Bila ada sifat egois yang mementingkan kepentingan pribadi, tentunya jemaat perdana tidak akan pernah ada karena sifat ini hanya dapat membawa keruntuhan saja.

Selain itu Anda juga bisa melihat besarnya usaha yang dilakukan untuk menghilangkan keegoisan dalam diri Anda. Seiring berjalannya waktu dan usia, maka di dunia yang tak semakin bertambah muda ini keegoisan yang berada dalam diri manusia semakin bertambah. Banyak dari kita merasa bisa melakukan segala sesuatu dengan modal kemampuan saja.

Segala sesuatu yang kita lakukan hanya untuk kepentingan dan keuntungan kita saja. Keegoisan kita akan semakin tampak ketika kita hanya meminta tolong bantuan orang lain hanya untuk membantu kita mendapatkan apa yang ingin kita dapatkan.

5. Menjunjung Kerukunan

Berikutnya, karena tidak memiliki sifat egois maka kerukunan bisa terjadi. Kerukunan yang ada pada jemaat perdana ini muncul karena mereka bias mengerti satu sama lain, mereka tiadk rakus atas sesuatu hal yang mereka miliki. Saya rasa hal tersebut sangat penting untuk kita pahami, karena kondisi dunia saat ini memudahkan perpecahan muncul.

Sebaiknya kita jgua sering berdoa dan merefleksikan diri atas segala sesuatu yang dirasa kurang benar untuk dilakuakn. Dengan begini, diharapkan situasi kerukunan masih bisa terwujud dan berkembang sehingga adanya perpecahan bisa diminimaliisr.

Kita tidak boleh mementingkan diri sendiri saja, melainkan harus mencoba mengerti kondisi dan perasaan orang lain. Cobalah untuk memposisikan diri pada posisi ornag lain, dengan demikian mungkin Anda bisa lebih mengerti apa yang ia rasakan.

6. Hidup dalam Kasih Tuhan

Terakhir cara hidup jemaat perdana adalah mereka hidup dalam kasih karuia Tuhan. Mereka tidak pernah ragu dan khawatir tentang apa yang akan mereka makan pada esok hari, meski hari ini sudah membagi-bagikan hartanya kepada orang yang lebih membutuhkan.

Mereka yakin bahwa Tuhan akan memenuhi kebutuhan hidupnya. Mereka yakin apa yang mereka lakukan akan menyenangkan Tuhan, dan hidup mereka seutuhnya adalah kepunyaan Tuhan. Jadi, mereka tidak ragu atas kuasa dan rancangan Tuhan dalam hidup mereka.

Meragukan Tuhan dan selalu memiliki rasa khawatir juga menjadi bagian dari dosa. Karena dengan adanya keraguan atau kekhawatiran, itulah biasanya kita akan dengan mudah terlena godaan iblis yang jahat.

Akhir Kata

Mungkin itu saja pembahasan lengkap dari kami mengenai cara hidup jemaat perdana kristen. Mudah-mudahan bisa menjadi penambah wawasan kita mengenai cara jemaat perdana menjalani kehidupan.

Baca: