Hak dan Kewajiban Istri dalam Kristen

Hak dan Kewajiban Istri dalam Agama Kristen

Bersamakristus.org – Hak dan kewajiban istri dalam Kristen. Bagi yang belum tahu sebenarnya hak dan kewajiban istri dalam agama Kristen sudah dicantumkan. Tepatnya pada ayat-ayat Alkitab yang difirmankan oleh Tuhan.

Tapi mungkin saat ini masih banyak wanita dalam agama Kristen yang belum benar-benar paham akan firman Tuhan berkaitan dengan hak dan kewajiban tersebut. Padahal ini penting untuk diketahui,

Maka dari itu ada baiknya untuk belajar firman Tuhan terlebih dahulu dalam mencari cara menjadi wanita KRisten yang bijaksana. Seperti banyak tokoh-tokoh Alkitab yang rendah hati.

Di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai hak dan kewajiban seorang istri dalam agama Kristen. Anda bisa menyimak ulasan lengkapnya pada pembahasan di bawah berikut ini.

Hak Istri Menurut Pandangan Kristen

Seorang istri tentunya memiliki hak dan kewajiband alam Kristen yang ditetapkan oleh Allah. Maka dari itu sebagai suami perlu memberikan hak istri sebagai berikut.

1. Dikasihi

Pertama adalah hak seorang istri adalah dikasihi, sehingga seorang istri berhak mendapatkan prinsip kasih tentang Alkitab, terutama dari pasangan hidupnya. Seperti yang dijelaskan dalam ayat Alkitab berikut ini.

Hai suami-suami, kasihilah isterimu dan janganlah berlaku kasar terhadap dia.

Kolose 3:19

2. Mendapat Nafkah

Seorang istri akan berhak untuk mendapatkan nafkah dari suaminya, baik secara finansial atau batin. Maka dari tiu hal ini merupakan hal yang berhak diminta istri kepada suaminya.

3. Perlindungan

Terakhir adalah perlindungan, seorang istri berhak diayomi dan dilindungi oleh suaminya, jangan sampai suami berkata kasar kepada istri. Maka dari itu perhatikan saat meminta jodoh, supaya bisa mendapatkan suami yang penuh kasih dan penyabar.

Kewajiban Istri Menurut Pandangan Kristen

Selain hak, istri juga memiliki kewajiban yang harus dipenuhi. Sehingga, hukumnya wajib jika seorang istri melaukan hal-hal berikut ini.

1. Tunduk pada Suami

Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan.

Efesus 5:22

Seorang istri harus taat dan mendengarkan apa yang suaminya lakukan. Sebab, seorang istri sebagai pendamping hidup, maka harus cari jodoh melalui hikmat dan pertolongan Roh Kudus supaya memperoleh istri yang mau tunduk kepada suaminya.

2. Menghormati Suami

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Efesus 5:33

Selain tunduk, seorang istri juga harus menghormati suaminya. Itulah tanda bahwa dia benar-benar menjadi istri yang baik mneurut Kristen dan cakap dalam Tuhan.

3. Berlaku Cakap

Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang m suaminya.

Amsal 12:4

Seorang istri juga harus berlaku cakap menjadi penolong yang sepadan, sebab sudah menjadi kewajibannya untuk menolong suami. Dengan demikian maka ia menjadi kebanggaan keluarga dan pasangan hidupnya.

Akhir Kata

Itu dia pembahasan lengkap dari kami mengenai hak dan kewajiban istri menurut kristen. Semoga bisa menjelaskan kepada kita tentang apa saja hak dan kewajiban yang diperoleh istri dalam agama Kristen.

Baca: