Ciri-Ciri Jodoh Menurut Kristen

Tanda Jodoh dalam Agama Kristen dan Alkitab

Bersamakristus.org – Ciri-ciri jodoh menurut Kristen dan Alkitab. Meskipun Tuhan telah menjelaskan bahwa manusia memiliki pasangan hidupnya masing-masing, tapi tetap saja menemukannya adalah hal yang sulit.

Meski sudah berdoa, berkenalan dengan banyak orang, berteman, mencoba dekat, atau bahkan mencari di forum jodoh Kristen tetap kita tidak menemukannya. Padahal bisa saja dia berada di dekat kita tanpa kita sadari.

Ingat bahwa seseorang yang berada paling dekat dengan kita yang berkemungkinan akan menjadi jodoh yang baik dan sepadan untuk kita. Karena dia telah mengenal seluk beluk kita, termasuk segala kekurangan.

Bagaimana ciri-ciri jodoh menurut agama Kristen? Tentu ada beberapa petunjuk yang diberikan di dalam Alkitab. Di sini kami akan menjelaskannya kepada Anda secara lengkap.

Ciri-ciri Jodoh Menurut Agama Kristen dan Ayat Alkitab

Tanpa banyak basa basi lagi, mari langsung saja kita simak pembahasan di bawah ini mengenai ciri-ciri jodoh pasangan hidup menurut agama Kristen. Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Sepadan

Tuhan akan memberikan pendamping yang sepadan pada kita, artinya pasangan kita memiliki pemikiran yang kurang lebih sama dengan kita. Karena menyatukan dua pikiran bisa menjadi sebuah hal yang sulit dilakukan.

Demikian juga pada saat menjalin hubungan yang tidak sepemikiran dan satu tujuan, atau memiliki visi sama dalam hidupnya. Allah tidak akan membiarkan umat-Nya memiliki pendamping yang tidak memiliki pemikiran sama.

Salahs atunya yaitu mmeahami konsep keselamatan dan takut akan Tuhan. Tentu hal ini bisa menjadi pondasi dalam rumah tangga, serta menunjukkan siapa yang layak menjadi pasangan hidup kita.

Apalagi jika keras hati dan keras kepala, untuk menerima orang yang tidak seiman atau tidak memiliki konsep Allah serupa. Dengan jauh dari sepadan, akan menjadi lebih susah dalam menyelaraskan rumah tangga, terutama ketika visi dan misinya tidak sesuai kehendak Allah.

2. Takut Akan Tuhan

Hal yang paling penting pada saat memilih pasangan hidup yaitu takut akan Tuhan dalam Kristen yang sama. Terutama bagi laki-laki karena merekalah pemimpin rumah tangga. Jika punya pasangan yang tidak takut akan Tuhan, akan menjadi susah menjalankan serta mengatur kehidupan rumah tangga.

Pada dasarnya, kasihsuami istri, kasih dalam keluarga, ketaatan, serta kekuatan iman rumah tangga berpatok akan rasa takut akan Tuhan Allah yang sama. Pasangan hidup kita merupakan penyokong dalam seala aktivitas rohani yang membawa kita bertumbuh menjadi lebih baik.

3. Menjadi Penolong

Pasangna hidup menjadi penolong utama dalam hidup kita nantinya, bersama-sama dalam membangun rumah tangga. Maka dari itu jodoh merupakan orang yang sudah Tuhan siapkan untuk menjadi penolong kegiatan yang dilakukan mulai dari hal kecil seperti mengurus anak sampai masalah pergumulan.

Berpatokanlah mencari orang yang tentunuya bisa menjadi penolong kita dalam segala hal. Jika Allah menyiapkan jodoh untuk umat-Nya, tentu akan memberi yang terbaik dan sanggup bekerja sama dalam mengarungi bahtera rumah tangga nantinya.

Bila pasangan kita dari awal tidak menunjukkan sikap demikian, besar kemungkinan dia bukan merupakan orang yang tepat. Ketahuilah terlebih dahulu calon pasangan hidup kita, apakah merupakan orang yang diperuntukkan ke kita dari Allah atau bukan, dengan cara melihat sebesar mana nantinya dia sanggup menjadi penolong kita.

4. Memiliki Buah Roh

Satu hal penting, pasangan kita ciri-cirinya juga memiliki buah-buah roh kudus yang bisa dilakukan dan diterpakan di kehidupan sehari-hari. Seperti firman Allah,buah roh tersebut meliputi kasih, sukacita, damai sejahtera, sabar, adil, murah hati, lemah lembut, setia, dan penguasaan diri.

Apabila kita menemui karakter yang demikian pada seseorang, dan dia adalah orang dekat, bisa jadi ini pertanda jodoh telah Allah sediakan. Pergumulkanlah hal itu dengan sungguh-sungguh, dan biarlah Allah yang memastikan jodoh itu untuk kita.

Apabila kita sedang dekat dengan seseorang tapi tidak memiliki karakter tersebut, bisa jadi itu bukan kehendak Allah. Maka dari itu, berdoalah dengan doa mencari jodoh Katolik untuk meminta petunjuk siapa yang menjadi pasangan hidup kita.

5. Lahir Baru

Ciri-ciri jodoh dalam Kristen juga bisa berupa seseorang yagn sudah lahir baru dalam Tuhan serta dekat pada Allah. Hal ini sangat penting supaua hubungan rumah tangga nantinya menjadi sesuai dengan kehendak Bapa. Apabila tidak, akan berdampak buruk nantinya.

Bisa jadi rumah tangga kita tidak memiliki sukacita atau damai sejahtera. Sebab kita memiliki pasangan yang tidak mengenal Allahd alam arti mungkin hanya beragama Kristen tapi dia tidak bersungguh-sungguh beriman.

Dengan memiliki pasangna seiman yang takut akan Allah, akan lebih mudah bagi kita dalam membina rumah tangga yang penuh berkat. Karena dalam memilih pasangan hidup, hal paling penting yaitu bisa menyenangkan hati Allah.

6. Membawa Kebenaran

Orang yang sudah Tuhan siapkan bagi kita merupakan orang yang bisa membawa kita pada kebenaran akan firman Allah. Sehingga apabila memang benar dari Allah tentu saja dia akan memberikan karakter yang bisa menuntun kita kepada jalan yang benar.

Terutama seorang laki-laki yang menjadi imam rumah tangga. Sebagai kepala keluarga, dia harus bisa menuntun istri agar bisa mendekatkan diri kepada Allah dan istri menjadi penolong untuk membangun hal tersebut sekaligus mewujudkannya.

Pastikan sebaiknya calon jodoh kita merupakan orang yang senantiasa melakukan kebenaran dan berusaha menjauhkan diri dari dosa. Apabila melakukan dosa Kristen sebelum pernikahan, hal ini bisa mdipandang keji di mata Alah.

Orang yang demikian berarti bukan yang Allah kehendaki untuk menemani hidup kita. Sebaiknya pertimbangkan lagi apa yang menjadi keinginan Tuhan dalam hidup kita, terutama dalam memilih pasangan yang dijanjikan.

7. Mendapat Restu

Tuhan sudah berfirman agar kita taat kepada orangtua, ini menjadi salah satu hal penting yang Tuhan berikan untuk menjadi petunjuk pasangan hidup kita. Ketika orangtua mau menerima calon jodoh kita, mereka berperan sebagai wakil Allah di dunia dan telah menerima dia menjadi suami atau istri kita kelak.

Maka dari itu jangan sampai kita menikahi seseorang yang tidak disetujui oleh orangtua kita. Karena apabila itu terjadi, bisa saja ornag tersebut bukan yang Tuhan kehendaki untuk menjadi pendamping idup kita.

Padahal hal tersebut yang sering terjadi, di mana pasangan menikah tanpa sertu orangtua. Biasanya akan berakhir pada keburukan atau perceraian, lain halnya jika pernikahan didasarkan kepada restu orangtua.

8. Menjadi Berkat

Pasangan juga merupakan orang yang bisa menjadi berkat bagi kita, maka dari itu ciri-ciri jodoh menurut Kristen berikutnya perhatikanlah apakan orang yang kita pilih itu tepat atau tidak dengan cara melihat jalan kehudupannya.

Jika orang itu Tuhan sediakan untuk kita, dia akan bisa menjadi berkat bagi kita dan keluarga. Di sini, menjadi berkat bisa dengan menjadi penolong dalam hal fisik atau rohani, pasangan yang baik akan mampu memahami keadaan kita dan orangtua.

Jika memang dia merupakan penolong yang Tuhan sediakan, dia akan memampukan dirinya untuk memahami kehendak Tuhan melalui menjadi pendamping hidup kita. Apabila dia sulit mmemahami keadaan kita, bisa jadi dia bukan orang yang tepat.

Akhir Kata

Mungkin sampai di sini terlebih dahulu tentang ciri-ciri jodoh menurut agama kristen. Semoga dengan petujuk yang ada di dalam Alkitab, kita bisa menemukan jodoh yang diinginkan dengan segera.

Baca: