Buah Buah Roh Kudus

Buah Buah Roh Kudus dalam Alkitab

Bersamakristus.org – Buah buah roh kudus. Sangat sering kita dengar buah-buah roh Kudus ketika masih anak-anak. Guru sekolah minggu selalu menyebut buah buah roh tersebut dan menjelaskannya.

Karena hal itulah kita sering meremehkan atau menganggap enteng makna dari buah Roh Kudus. Setiap pendeta di gereja berkhotbah mengenai hal tersebut, kita terkadang menganggap topik mengenai buah Roh Kudus adalah luar biasa.

Lalu, apakah kita sebenarnya telah memahami makna dari buah buah Roh Kudus tersebut? Mari kita sama-sama telaah dalam Alkitab.

Macam-macam Buah Buah dalam Roh Kudus

Berikut adalah macam-macam buah buah Roh Kudus yang perlu diketahui, sehingga Anda akan mengalami mukjizat, damai, sejahtera, sukacita, dan berkat.

1. Kasih

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

(1 Korintus 13:13)

Hal yang paling bersinar dalam dunia ini adalah kasih, tanpa kasih semua perbuatan manusia tidak ada artinya di mata Tuhan Yesus. Misalnya jika kita memberi uang kepada pengemis karena terpaksa, walaupun pengemis tersebut menerimanya dengan sukacita, akan tetapi di mata Tuhan itu adalah kejahatan.

Karena di situ kita mengharapkan pujian dan tidak ikhlas memberi. Kasih mengalahkan segalanya, dengan kasih kita bsia memperoleh berkat, sukacita, dan kegembiraan. Melakukan suatu hal dengan kasih akan membawa dampak yang besar, semua yang kita lakukan juga lebih indah.

2. Sukacita

Dengan alasan tersebut, diharapkan kSukacita menjadi kumpulan rasa bahagia yang diberikan Tuhan kepada umat manusia. Sukacita timbul karena adanya Tuhan di dalam hati kita. Kehidupan pribadi dengan Allah juga menimbulkan rasa sukacita yagn besar. Dengan sukacita hari yang sulit akan terasa ringan.

Bersukacitalah senantiasa dalam Tuhan! Sekali lagi kukatakan: Bersukacitalah!

(Filipi 4:4)

Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, Tuhan mengajarkan kita untuk selalu bersukacita di dalam-Nya, seperti yang dijelaskan dalam ayat Alkitab tentang sukacita. Jika sukacita ada di dalam hidup kita, maka berkat Tuhan pasti akan tercurah dengan deras. Sukacita juga erat kaitannya dengan syukur.

Dengan rasa sukacita yang Tuhan beri, maka ktia bisa lebih mengerti hidup dan mensyukurinya. Karena segala peristiwa dalam hidup kita bukan sebuah kesalahan, melainkan ada maksud baik Tuhan yang harus kita pahami dan sukacita akan membantu kita memahami maksud baik tersebut.

3. Damai Sejahtera

Kata kata ‘beristirahatlah dengan damai’ pasti sering kita dengar. Kata-kata ini sering kita jumpai saat orang meninggal dunia, lalu sebenarnya apa maksud kata tersebut?

Dengan maksud agar orang tersebut meninggal dengan rasa damai dan mendapat tempat yang terbaik di surga, jika orang yang sudah meninggal butuh kedamaian, maka kita pun juga membutuhkannya.

4. Kesabaran

Apakah kesabatan memiliki batas? Mengapa? Karena pada dasarnya kitalah yang membatasi diri kita untuk bersabar. Kesabaran seperti yang dijelaskan dalam renungan Kristen tentang kesabaran dapat memiliki semua orang tetapi semua orang tidak bisa menghadapinya. Kesabaran adalah sikap di mana kita memilih untuk memegang ego kita dan memilih untuk bergerak.

Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa!

(Roma 12:12)

Pencobaan dan pengajaran yang diberikan Tuhan sebenarnya dimaksudkan agar kita bisa bersabar, karena jika kita sering menghadapi hal sulit, maka kita akan terbiasa. Malah, Tuhan memberikan kesesakan dalam kehidupan kita supaya dalam kehidupan kita dapat bersabar untuk perubahan.

Oleh itu, Roh Kudus akan membantu kita bersabar. Kesabaran Roh Kudus adalah berbeda dari kesabaran yang ada di dunia. Kesabaran Roh Kudus adalah abadi apabila kesabaran dunia adalah sementara. Meminta dia tentu Roh Kudus akan membawa kita kesabaran.

5. Kemurahan

Dalam KBBI, kemurahan adalah kebaikan; kelimpahan; hati kebaikan hati; sifat kasih dan sayang; kedermawanan. Ini merupakan sikap yang diberikan oleh kita kepada orang lain tanpa mengharap imbalan apa-apa.

Orang-orang yang mengampuni adalah orang-orang yang tidak berharap hadiah orang yang dibantu. Ketulusan berkaitan dengan belas kasihan. Karena tanpa belas kasih, kita tidak bisa memiliki belas kasihan. Misalkan seseorang melihat orang yang sakit serius.

Karena orang tersebut telah dipindahkan oleh belas kasihan Allah, sikap belas kasihan muncul. Kita dapat menemukan belas kasihan pada Roh Kudus. Roh Kudus hati kita adalah apa yang memberi kita rasa belas kasihan dan belas kasihan. Jadi dengan belas kasihan Roh Kudus, kita memiliki lebih banyak empati dengan orang-orang yang membutuhkan bantuan.

6. Kebaikan

Kebaikan adalah kumpulan sikap kita yang baik. Sikap yang baik tanpa niat seseorang. Sikap yang baik terhadap semua orang harus disertai dengan hati yang tulus.

Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

(Roma 12:21)

Kebaikan bisa mengatasi kejahatan. Misalkan teman-teman kita selalu melakukan sesuatu yang salah atau buruk terhadap kita sehingga apa yang harus kita lakukan adalah menjawab dengan kebaikan yang tulus. Ini akan membuatnya mengerti dan memahami bahwa itu menyakitkan sejauh ini. Akibatnya, seseorang jika ada Roh Kudus di dalam hatinya, dia juga memiliki kebaikan. Dengan kebaikan, hidup Anda akan lebih signifikan.

7. Kesetiaan

Sebab TUHAN itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

(Mazmur 100:5)

Loyalitas yang dimiliki oleh Tuhan adalah abadi terhadap manusia. Karena bahkan jika manusia meninggalkan Tuhan, tetapi Tuhan tidak akan pernah meninggalkan manusia. Loyalitas Tuhan di luar kesetiaan manusia. Bukti kesetiaan Tuhan adalah bahwa ia selalu menjaga dan tetap melindungi kita.

Jika Tuhan meninggalkan kita, kita tidak bisa mendapatkan perlindungan dan perlindungan atau bahkan Tuhan tidak lagi peduli pada kita. Kesetiaan ini juga milik Roh Kudus. Roh Kudus selalu setia kepada kita bahkan jika kita sering menyakitinya. Mari belajar untuk memiliki kesetiaan yang dimiliki Allah. Meskipun sulit, Anda masih harus mencoba.

8. Kelemahlembutan

Buah roh Kudus berikutnya adalah kelemahlembutan, maka dari itu jika Dia memberi kita pemahaman, Roh Kudus tidak memaksa jika kita tidak mematuhi perintah-Nya. Mempunyai kelemahan bersama sementara Roh Kudus ditambah nilai untuk kita. Soft peribadi dapat mengatasi kakitangan yang keras dan mudah dikalahkan. Kepada mana-mana batu sehingga jatuh secara berterusan, batu itu akan dimusnahkan.

9. Penguasaan Diri

Dengan penguasaan diri, kita bisa mencampur dan beradaptasi dengan orang lain yang berbeda dari kepribadian kita. Sehingga, pengontrolan drii tidak berarti kita harus menghilangkan buah dari pikiran kita.

Guru sendiri memiliki makna tidak selalu mematuhi harapan kita sendiri, tetapi juga untuk memahami apa yang diinginkan orang lain juga. Kami juga membutuhkan kami untuk mengendalikan diri di hadapan Allah. Mengapa? Karena, seringkali kita bertanya kepada Tuhan tanpa memahami apa yang Tuhan benar-benar inginkan dalam hidup kita.

Pembahasan dalam Galatia Alkitab

Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

Galatia 5:16

Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging–karena keduanya bertentangan–sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

Galatia 5:17

Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

Galatia 5:18

Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Galatia 5:19-21

Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Galatia 5:22-23

Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

Galatia 5:24

Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh.

Galatia 5:25

Dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.

Galatia 5:26

Makna Buah-buah Roh

Ada makna buah buah Roh Kudus yang perlu diketahui, selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

  • Memiliki setiap karakter Roh Kudus dalam hidup kita mungkin adalah hal yang sulit. Terkadang kita sudah memiliki niat untuk menjauhi kedagingan akan tetapi tetap saja kita jatuh dan menyerah. Maka disini adalah bagian Tuhan untuk bekerja.
  • Minta tuntutan Tuhan agar kita bisa menjadi pribadi seperti Roh Kudus. Jika kita ingin dikuatkan maka akan Tuhan beri. Jika kita ingin diberi hikmat maka Tuhan juga kan beri.
  • Cukup kita hanya berdoa dengan iman dan kesungguhan hati pada Tuhan. Dengan seperti itu, maka pelan-pelan kita akan dituntun untuk mencapainya. Sampai suatu titik, kita tidak sadar bahwa pribadi kita telah berubah.

Akhir Kata

Demikian informasi singkat mengenai buah buah roh kudus dalam alkitab. Semoga informasi mengenai buah-buah Roh Kudus dalam Alkitab ini bisa menambah wawasan kerohanian kita. Amin, haleluya.

Baca:

Tinggalkan komentar