Makna Minggu Palma

Arti Minggu Palma Menurut Katolik

Bersamakristus.org – Makna minggu palma. Dalam kepercayaan Katolik tri hari suci diperingati tiga hari sebelum Paskah. Sedangkan minggu palma adalah peringatan pada minggu sebelumnya.

Minggu palma juga berarti menjadi hari yang sangat penting, karena merupakan peringatan liturgi gereja Katolik yang jatuh pada hari minggu sebelum perayaan Paskah. Umat Katolik pun banyak yang merayakannya.

Dalam perayaan tersebut, menandakan awal pekan suci menjelang hari peringatan kebangkitan Yesus. Peringatan ini menjadi momen penting untuk mengenang kesengsaraan Yesus diawali dengan perarakan Yesus menuju Yerusalem.

Peringatan minggu palma juga memiliki berbagai makna yang tak kalah penting, dan harusnya ini dipahami oleh seluruh umat Katolik. Sehingga ketika dirayakan, akan lebih bermakna dalam hati.

Makna Minggu Palma dalam Kepercayaan Katolik

Di bawah ini kami menuliskan berbagai makna penting minggu palma. Anda bisa menyimak seluruh ulasan lengkapnya pada uraian dan pembahasan lengkap dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kesucian Bersorak-sorai untuk Rumah Allah

Minggu palma memiliki makna kesucian bersorak-sorai untuk Allah. Sebab Yerusalem adalah kota yang suci. Orang yang telah menerima Yesus harusnya bersukacita menantikan serta menyambut kedatangan-Nya.

2. Menyambut Yesus

Di gereja, jemaat ketika perayaan minggu palma akan dibagikan daun palem. Gereja juga penuh dengan dekorasi bernuansa palem. Ini menandakan bahwa jemaat hadir menyambut Yesus yang masuk ke Yerusalem. Daun palem yang dibagikan juga akan dibakar untuk dipakai pada perayaan Rabu abu di tahun berikutnya.

3. Mengawali Ibadah

Makna berikutnya adalah keikutsertaan jemaat juga ditandai denagn ikut melambaikan daun palem sembari menyanyikan lagu pujian dan penyembahan. Biasanya prosesi ini dimulai di awal ibadah.

4. Simbol Kemenangan

Bukan tanpa alasan daun palem dipilih, melainkan ada makna di baliknya. Daun palem pada zaman Romawi adalah simbol kemenangan martir, maka dari itu dau ini memberi makna minggu palma bahwa Yesus menang atas maut.

5. Suasana Baru

Warna hijau pada daun palem juga identik dengan musim semi. Sama seperti musim sepi yang menggantikan musim dingin, Yesus datang memberikan keselamatan, suasana baru, dan sukacita untuk mengganti dosa dan duka.

6. Membawa Perdamaian

Yesus masuk ke Yerusalem dengan menggunakan keledai, hewan yang dianggap sebagai lambang perdamaian. Maknanya, bahwa pada minggu palma Yesus datang membawa perdamaian bagi seluruh dunia. Jika keledai dianggap simbol perdamaian, maka kuda menjadi simbolpeperangan.

7. Mengingat Kesengsaraan Yesus

Minggu palma tidak hanya mengingatkan kita akan proses masuknya Yesus ke Yerusalem, melainkan juga mengingatkan kita akan kesengsaraan Yesus. Jemaat akan diingatkan bahwa setelah dielu-elukan, ada proses sengsara yang Yesus lewati sehingga pekan suci juga disandingkan dengan minggu sengsara.

8. Berhasil Melewati Maut

Pada perayaan minggu palma ada teks bacaan Alkitab yagn dipilih, yaitu tentang kisah sengsara Yesus. Pembacaan ini sama dengan pembacaan yang dibaca pada Jumat Agung, tapi memberikan makna berbeda. Yaitu yang didapatkan adalah kemenangan yeYesus bukan mengenai bagaimana Dia dipuja, tapi bagaimana Dia berhasil melewati maut.

Akhir Kata

Cukup sekian uraian yang kami bahas mengenai makna minggu palma dalam katolik. Mudah-mudahan dapat membuat kita menjadi lebih paham akan apa itu minggu palma menurut kepercayaan Katolik.

Baca: