Makna Pekan Suci Bagi Umat Katolik

Tujuan Pekan Suci Menurut Agama Katolik

Bersamakristus.org – Makna pekan suci. Dalam agama Katolik, ada sebuah peringatan yang dikenal dengan nama Pekan Suci. Di balik perayaan tersebut, tentu ada makna mengapa dilaksanakan tiap tahun.

Pekan suci sendiri, atau Minggu Suci dalam agama Kristen adalah satu pekan sejak Minggu Palma hingga Sabtu Suci/Sunyi/Sepi. Pekan suci kemudian diikuti dengan hari Paskah dalam kepercayaan Katolik.

Pekan suci yang termasuk di dalamnya tri hari suci, tentu saja akan lebih baik dirayakan apabila kita mengetahui maknanya. Sebab bila tahu maknanya, kita akan bisa melaksanakan secara maksiamal.

Di bawah ini kami akan jelaskan kepada Anda apa saja makna pekan suci bagi umat agama Kristen Protestan atau Katolik. Anda dapat menyimak seluruh ulasan lengkapnya pada pembahasan berikut ini.

Makna Pekan Suci bagi Umat Agama Katolik

Langsung saja, ini dia makna pekan suci bagi umat agama Katolik. Ini dia rangkumannya yang kami sadur dari berbagai sumber terpercaya.

1. Minggu Palma

Masa pra-Paskah terdiri dari 6 minggu, mulai dari hari Minggu pra-Paskah VI yang lebih dikenal dengan hari Minggu Palma yang akan mengawali pekan suci. Hari-hari adanya pekan suci memiliki makna untuk bisa merenungkan tahapan adanya hadi akhir ketika Yesus hidup serta memulai saat sengsara-Nya.

Pada pengaturan baru di pekan suci, terdiri dari hari Minggu Palma pada hari sening, selasa dan rabu yang ada pada pekan suci, tidak diadakan kegiatan perayaan ekaristi. Pada hari tersebut, diselenggarakan ibadat sabda untuk merenungkan kisah sengsara-Nya.

Tujuan utama dari pekan suci memiliki tujuan “memperingati sengsara Kristus mulai dari peristiwa Kristus masuk kota Yerusalem sebagai Almasih” (Pedoman Th Liturgi no. 31). Dengan demikian, makna pekan suci yaitu untuk menghayati adanya hari-hari terakhir hidup Yesus setelah masuk Yerusalem dan sebelum Dia disalib.

2. Trihari Paskah

Makna pekan suci bagi umat Katolik berikutnya bisa dilihat pada trihari Paskah, yang menjadi puncak tahun liturgi. Perayaan ini mejadi ibadah yang tergabung jadi satu dan tidak bisa dipisahkan pada perayaan lainnya.

Ibadah tersebut merupakan perayaan karya supaya bisa mengingat penyelamatan Allah lewat Yesus. Ibadah tersebut juga menjadi puncak wafat dan kebangkitan Yesus Kristus.

3. Kamis Putih

Hal penting lainnya terjadi pada Kamis putih, pada masa itu menjadi kekayaan dari perayaan di hari Kamis Putih, yaitu ketika Tuhan tengah mengadakan Perjamuan Malam Terakhir. Pada masa itu, Tuhan telah menetapkan dan sudah mewariskan ekaristi kepada kita. Semngat kasih inilah yang menjadi pelayanan ditampakkan dalam upacara pembasuhan kaki.

4. Sabtu Sunyi

Sabtu sunyi menjadi ibadah yang dilaksanakan dengan keadaan sunyi. Sebab di hari itu diperingati sebagai makna Yesus Kristus wafat dan sudah berada di alam kubur.

Akhir Kata

Sekian dulu pembahasan dari kami mengenai makna pekan suci bagi agama katolik. Mari kita maknai pekan suci seperti yang telah dijelaskan di atas, sesuai kehendak Tuhan.

Baca: