Tujuan Hukum Taurat

Fungsi Hukum Taurat bagi Umat Manusia

Bersamakristus.org – Tujuan hukum Taurat. Taurat menurut agama Kristen adalah salah satu lima kitab pertama Tanakh/Alkitab Ibrani dan bagian Perjanjian Lama di Alkitab Kristen.

Selain Injil, kitab yang satu ini juga sangat penting karena memuat banyak sekali kisah masa lalu serta petunjuk hidup masa depan. Kita juga tahu ada banyak tujuan diturunkannya Taurat dalam Kristen.

Sementara itu hukum taurat adalah penuntun kita kepada kasih karunia Allah sebab kesimpulannya adalah kasih. Jika manusia mengasihi Allah dan sesama, mereka sudah menggenapi seluruh maksud Hukum Taurat.

Lalu kenapa Allah menurunkan hukum Taurat? Apa sebenarnya tujuan hukum Taurat bagi umat agama Kristen dan Katolik? Bila Anda masih belum tahu, simak penjelasan di bawah ini.

Tujuan Hukum Taurat Menurut Agama Kristen

Tanpa banyak basa basi lagi, kami akan menjelaskan kepada Anda apa itu tujuan hukum Taurat menurut agama Kristen dan Katolik. Simak uraianya di bawah berikut ini.

1. Meneguhkan Iman

Hukum Taurat salah satu tujuannya adalah meneguhkan iman. Dalam keberadaannya, hukum ini akan memberikan tujuan supaya manusia bisa selalu meneguhkan diri dan iman yang dimiliki.

2. Mencari Kebenaran

Adanya hukum Taurat juga membuat manusia terus mencari kebenaran tentang kedatangan Anak Allah, karena hal itu memang telah tertulis di dalam Taurat. Pencarian tersebut telah menuntun manusia untuk bisa menemukan Kristus di dalamnya.

3. Menghapus Kejahatan

Dengan adanya hukum Taurat, segala pelanggaran dan kejahatan yang ada di dunia serta menimbulkan dosa mulai hilang. Memang datangnya keturunan disebutkan sesuai janji Tuhan. Keturunan yang dimaksudkan yaitu Tuhan Yesus Kristus.

4. Menyadarkan Manusia Tidak Sempurna

“Supaya tersumbat setiap mulut dan seluruh dunia jatuh ke bawah hukuman Allah.”

Roma 3:19-20

Ayat di atas ini memberikan tanda sebenarnya manusia tidak akan pernah bisa melakukan segalanya tanpa adanya Tuhan. Manusia tidak boleh merasa dirinya sempurna di dalam hidup, padahal semuanya berasal dari Tuhan, termasuk kemampuan manusia untuk melakukan sesuatu.

5. Mengakui Tuhan

Tujuan hukum Taurat lainnya ialah supaya manusia selalu mengakui Tuhan. Tujuan lainnya agar mereka mengetahui dan sadar akan selalu mengetahui bahwa dirinya membutuhkan Juru selamat. Apa jadinya bila tidak ada Juru selamat, yaitu Yesus Kristus?

Jawabannya adalah tidak ada yang mampu diselamatkan. Setiap orang akan pasti membutuhkan Yesus, karena tidak ada yang mampu untuk bisa menyelamatkan hidupnya sendiri, meksipun dia memiliki kekuatan yang luar biasa.

6. Menyadari Keberadaan Tuhan

Taurat pada zaman dulu diberikan kepada Israel agar mereka dapat sadar bahwa tidak ada yang bisa hidup tanpa Tuhan. Segala semua yang mereka butuhkan adalah adanya Juru selamat.

Diyakinkan juga mereka tidak bisa menyelamatkan diri sendiri dan tidak boleh untuk hidup untuk bisa dibenarkan dari segala perbuatan. Hidup yang mereka jalani semata-mata karena adanya karunia yang diberikan Tuhan terhadap kita.

“Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”

Lukas 24:44

7. Dipenuhi Oleh Manusia

Hukum-hukum Taurat yang Tuhan berikan terlihat bahwa Sebenarnya sederhana dan mudah dipenuhi. Tapi ketika manusia melihat lebih dalam lagi, esensi hukum Taurat sebenarnya sulit untuk dipenuhi oleh manusia.

Namun kebanyakan manusia terlalu terburu-buru hanya dengan melihat esensi saja. Sehingga Tuhan Yesus “sengaja” memberikan hukum supaya dapat dilihat dari luar akan terlihat mudah padahal aslinya masih sangat rumit digenapi.

8. Menahan Dosa

Hukum Taurat pada dasarnya merupakan hukum yang baik untuk bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bagi orang yang memiliki banyak dosa, ketika melihat hukum ini pasti merasa segala sesuatu sulit untuk dilakukan.

Fungsi dan tujuan hukum Taurat sudah jelas untuk menahan tidak terjadi dosa, karena isinya memang hal-hal positif. Pada dasarnya hukum Taurat ini diberikan kepada orang yang tidak benar, bukannya untuk orang sudah beriman kepada Tuhan.

Akhir Kata

Sekian dulu pembahasan dari kami mengenai tujuan hukum taurat dalam kristen. Mari kita lebih perbanyak memperdalam Taurat sebagai salah satu petunjuk menjalani kehidupan.

Baca: