Fungsi Doa Kristen

Fungsi doa kristen dan alasan mengrapa orang kristen harus berdoa

Bersamakristus.org – Fungsi doa kristen. Doa itu sangat penting dalam agama Kristen. Umat Kristen selalu dianjurkan untuk berdoa setiap harinya kepada Tuhan Yesus. Namun tahukah Anda alasan kenapa orang Kristen harus berdoa? Apa sih fungsi dari doa kristen dalam hidup kita?

Nah bagi yang belum memaknai doa secara mendalam, silahkan simak artikel ini hingga habis karena di artikel ini kami akan menjelaskan fungsi dan kegunaan doa Kristen Protestan atau Katolik dalam hidup kita, terutama dalam hidup orang yang percaya akan kuasa doa.

Seperti yang dijelaskan di berbagai Alkitab bahwa doa memiliki kuasa yang menakjubkan. Doa tidak hanya berguna sebagai perantara berkomunikasi dengan Tuhan, melainkan ada mujizat-mujizat yang terdapat pada doa Kristen.

Mudah-mudahan dengan adanya artikel ini kita sama-sama bisa saling belajar memahami dan memaknai alasan mengapa orang Kristen harus berdoa, pentingnya berdoa dalam agama Kristen, dan berbagai macam fungsi, manfaat, dan kegunaan berdoa menurut agama Kristen.

Langsung saja tanpa basa basi, silahkan simak penjelasan lengkap mengenai alasan kenapa kita harus memanjatkan doa kepada Tuhan Yesus Kristus dan fungsi berdoa dalam agama Kristen.

Alasan Kenapa Orang Kristen Harus Berdoa

Ada berbagai macam alasan mengapa doa itu penting, mulai dari untuk mengingatkan bahwa Tuhan selalu menyertai, melakukan pekerjaan-Nay, dan sebagai bukti dan pengakuan bahwa kita merupakan warga kerajaan Surga. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

1. Mengingatkan Tuhan Selalu Menyertai

Mungkin cukup terdengar klise, namun memang benar. Kadang kita mungkin bersikap seperti anak kecil lagi, penuh dengan ketidakpastian saat ditekan oleh suatu keadaan sehingga kita lupa bahwa Tuhan tengah memperhatikan.

Ingat, Tuhan selalu menyertai kita meski kita tak dapat melihat-Nya. Saat masalah hadir melanda, yang harus dilakukan adalah datang dan berdoa kepada-Nya. Dia mungkin tak selalu langsung memberi jawaban sesuai dengan yang kita harapkan, namun inilah ujian.

Yesus berjanji bahwa Dia tidak akan membiarkan kita ditinggalkan. Janji tersebut yang harus membuat kita selalu setia berdoa dari hari ke hari. Kadang bahkan dari tahun ke tahun. Karena ketika kita berdoa, Dia mendengarkan, dan Dia peduli.

2. Melakukan Pekerjaan-Nya

Dunia memberi tahu kita bagaimana penampilan, kelakuan, dan bagaimana menghidupi hidup ini. Dunia tidak mempengaruhi kita, melainkan dunia hanya memberi tahu apakah kita terpengaruh secara baik atau negatif maupun tidak, itu kembali ke kita.

Tuhan telah menciptakan kita untuk sebuah tujuan yang spesifik. dia percaya kita tidak hanya untuk memelihara dan berkuasa atas dunia ciptaan-Nya, melainkan juga untuk menjadikan segala bangsa menjadi murid-Nya.

Yesus sendiri mengatakan bahwa makanan-Nya adalah melakukan kehendak Bapa yang mengurus-Nya. Kitab Efesus mengajarkan kita bahwa kita adalah buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan yang baik. Jadi,kita berdoa untuk melakukan pekerjaan-Nya dengan tepat.

3. Sebagai Warga Kerajaan Surga

Pernahkah Anda merasa menjadi orang Kristen itu berarti menjadi orang yang sangat berbeda dibandingkan orang lain? Hal tersebut memang tak terelakkan lagi. Kita dapat berbaur di dunia ini karena dunia ini bukanlah rumah kita.

Bumi ini bukan tujuan akhir yang suatu saat nanti kita akan meninggalkannya. Jadi, cara terbaik untuk menjalani kheidupan di dunia adalah dengan melihat kepada Yesus, Tuhan dari hidup kita. Kita berdoa karena membutuhkan pimpinan-Nya.

Ketika kita nanti sudah sampai di surga, kita akan menghabiskan waktu di taman dan mengobtol dengan Tuhan. Namun saat ini, ketika kita masih berada di bumi untuk melakukan pekerjaan-Nya, yang bisa kita lakukan adalah berkomunikasi dengan-Nya melalui doa.

Baca:

Fungsi Doa Bagi Orang Kristen

Fungsi doa untuk orang agama Kristen bermacam-macam, mulai dari membuat hati dan pikiran tenang, saluran berkat Tuhan, menguatkan iman, menghindarkan pencobaan, membuat kita mengerti kehendak Tuhan, bentuk kepedulian kepada orang lain, dan sarana bersekutu dengan orang lain. Berikut adalah masing-masing penjelasannya.

1. Membuat Hati dan Pikiran Tenang

Alasan pertama mengapa doa itu penting adalah karena doa dapat memberikan ketenangan dan ketengraman di dalam batin serta hati kita. Ketika kita menghadapi masalah hidup, kadang kita merasa tertekan dan khawatir dalam menghadapi berbagai masalah yang menghadang.

Terlebih jika itu adalah masalah yang sulit bagi kita. Saat itulah doa memberikan kesejukan bagi jiwa kita. Saat kita datang kepada Bapa dalam doa, menyerahkan segalanya ke tangan pengasihan-Nya, maka hati dan pikiran akan menjadi lebih tenang.

2. Saluran Berkat Tuhan Dalam Hidup

Doa berperan sebagai saluran kasih, berkat, dan pertolongan Tuhan terhadap kita. Kita akan mendapat berkat, kebaikan, dan pertolongan Tuhan dalam hidup kita bila kita datang kepada-Nya melalui panjatan doa.

Allah telah menyediakanbagi kita anak-anakNya sebuah saluran untuk menerima segala hal yang baik dari-Nya, dan saluran tersebut adalah doa. Melalui doa kita bisa mendapatkah kasih, berkat, rahmat, dan pertolongan Tuhan dalam hidup kita.

3. Membuat Iman Semakin Kuat

Doa dapat membuat iman tumbuh dalam hati dan jiwa kita. Doa dapat membuat kita mendapatkan kekuatan baru dari Tuhan. Dalam Alkitab dijelaskakn bahwa orang yang menantikan Tuhan dalamdoa, akan mendapat kekuatan baru dari-Nya.

Mereka seperti burung rajawali yang naik ke langit dan terbang tinggi dengan kekuatan sayapnya. Meski menghadapi badai, mereka tidak akan lesu ataupun lelah sebab mereka mendapat energi baru dari kuasa Tuhan melalui doa-doa mereka.

4. Menghindarkan Dari Pencobaan

Doa juga dapat menghindarkan kita dari pencobaan dan dosa. Tuhan Yesus menegur para murid-Nya di taman Getsemani saat mereka tertidur di saat seharusnya mereka berdoa. Untuk itu Ia memerintahkan kita untuk berdoa. Jika lalai, kita bisa terjerumus ke dalam dosa dan pencobaan.

Seperti yang dikatakan Tuhan Yesus dalam kutipan ayat di atas,memang pada dasarnya roh dalam diri kita itu penurut, namun daging kita lemah sehingga mudah dibawa jatuh ke dalam dosa dan pencobaan. Melalui doa, kita bisa mengalahkan kedagingan kita yang cenderung untuk berbuat dosa.

5. Membuat Kita Mengerti Kehendak Tuhan

Melalui doa kita bisa semakin peka akan kehendak Tuhan dalam hidup.Kadang kita mengalami kebingungan dalam menjalani hidup, tidak menentu arahnya. Kita tak tahu apa yang akan terjadi, apa yang akan kita lakukan, ktia diperhadapkan pada sebuah pilihan.

Pada saat inilah kita butuh mengerti kehendak Tuhan dalam hidup kita. Tentu kehendak Tuhan secara umum sudha ada di dalam Alkitab seperti menolong orang lain, menjauhi dosa, memberitakan Injil, dan berdoa. Itu semua merupakan kehendak Tuhan bagi setiap orang yang percaya, dan kita tak perlu lagi mempertanyaan hal itu.

6. Bentuk Kepedulian Kepada Orang Lain

Doa juga dapat menjadi bentuk kepedulian dengan orang lain, hal ini terutama ketika kita meanjatkan doa syafaat kristen bagi mereka. Karena itulah doa merupakan hal yang penting bagi kita, karena kita bisa menunjukkan kasih, perhatian, dan kepedulian terhadap orang lain.

Yohanes berdoa bagi Yasus tentu karena Ia mengasihinya. Doanya bagi Gayus merupakan bentuk atau bukti kasih kepedulian Yohanes kepadanya. Kita bisa memperhatikan dan mengasihi orang lain melalui berbagai macam petunjuk seperti materi, pikiran, saran, waktu, dan doa.

7. Sarana Bersekutu Dengan Orang Lain

Alasan terakhir mengapa orang Kristen perlu berdoa adalah karena doa itu dapat menjadi sarana bagi kita untuk bersekutu dengan orang lain. Hal ini, khususnya ketika kita berdoa secara bersama-sama dengan orang lain.

Orang yang berdoa bersama bisa bersekutu dalam dua hal. Pertama karena mereka mendoakan hal yang sama, dan kedua adalah karena mereka saling mendoakan, saling bicara, atau bertanya hal-hal apa saja yang perlu mereka doakan bagi masing-masing dari mereka.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai fungsi doa kristen, manfaat, keutamaan, kegunaan, pentingnya, dan kelebihan doa kristen. Semoga dengan adanya artikel ini kita sama-sama bisa lebih mengetahui dan memahami pentingnya berdoa dalam agama Kristen.

Baca:

Tinggalkan komentar