Tujuh Inti Doa Bapa Kami

Inti Makna dari Doa Bapa Kami

Bersamakristus.org – Tujuh inti doa Bapa kami. Di kesempatan yang lalu kami telah menjelaskan tentang doa Bapa kami. Bahwa doa tersebut kerap dijadikan doa utama pada kegiatan ibadah di gereja.

Teks atau doa Bapa kami sumbernya berasal dari Kitab Injil Matius, dan awal mulanya berasal dari bahasa Ibrani yang kemudian diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Termasuk Inggris, Indonesia, China, dan lainnya.

Dalam doa tersebut, terdapat tujuh inti yang perlu dipahami orang Kristen. Dan mungkin masih banyak di luar sana orang Kristen Protestan atau Katolik yang belum benar-benar memahami 7 inti doa Bapa kami.

Maka dari itu kami akan menjelaskannya kepada Anda tentang apa saja inti dari doa Bapa kami. Anda bisa menyimak seluruh ulasan dan pembahasannya di bawah ini.

Tujuh Inti Doa Bapa Kami yang Harus Diketahui

Silahkan langsung saja simak ulasan pembahasan dan penjelasan tentang tujuh inti doa Bapa kami yang wajib diketahui umat Krisen. Berikut pembahasannya secara lengkap.

1. Kerajaan Allah yaitu Surga

Dalam doa tersebut dituliskan bahwa doa ini ditujukan kepada Allah yang bertahta di kerajaan surga. Tentunya ada pernyataan positif di sini, karena secara langsung menunjukkan bahwa Allah sudah memiliki surga dan sedang menyiapkan tempat yang baik bagi umat pilihan-Nya.

Kerajaan Allah dinyatkan dalam doa ini bukan berada di tempat lain yang kasat mata, melainkan pada dimensi berbeda yaitu kerajaan surga. Sering kali firman Tuhan menjelaskan kehidupan di surga menurut Kristen hanya ada sukacita dan kemenangan saja.

Maka dari itu kita perlu merenungkan doa ini salah satunya yaitu untuk memahami tempat dan otoritas Allah kita ada di dalam surga. Sehingga, dengan kita anak-Nya akan mendapatkan tempat di kerajaan surga yang kekal suatu saat.

2. Allah itu Kudus

Dijelaskan pula nama tuhan adalah kudus, hal ini memang menjadi representatif Allah yang paling tepat. Allah merupakan kekudusan yagn tidak cacat atau bercela di hadapan semuanya.

Maka dari itu kita patut merenunginya, jika Allah merupakan kekudusan hendaknya kita yagn serupa dengan-Nya melakukan hal yang sama. Dalam arti, berusaha menjaga kelakuan kita dan menghindari kebiasaan buruk orang Kristen agar tetap kudus dan berkenan di hadapan-Nya.

Tentu saja itu hal yang tak mudah, sehingga agar bisa memenuhi keinginan tersebut, maka sebaiknya jangan lupa berdoa dan minta agar Roh Allah saja yang menguasai kehidupan kita. Mintalah juga agar roh jahat atau iblis lenyap dari hidup kita.

3. Kehendak Allah yang Terbaik

Dalam doa Bapa kami juga ada kata-kata ‘jadilah kehendak-Mu’, kata tersebut mengandung pemahaman cukup besar. Karena di dalam kalimat itu, maka umat Kristen diminta untuk menyerahkan diri sepenuhnya atas kehendak Allah.

Terutama pikiran yang ada saat ini jangan hanya terpusat pada pikiran duniawi saja, karena mereka yang bisa melakukan kehendak Bapa di surga adalah mereka yang bisa bersikap baik sepenuhnya di hadapan Allah. Tujuannya agar bisa melakukan apa yang menjadi kehendak dan keinginan-Nya.

Tentunya umat Kristen harus siap menerima situasi Allah yang bekerja melakukan keinginan-Nya dalma hidup kita, bukan memaksakan kehendak kita. Sangat penting juga bagi umat Kristen merenungi hal tersebut sehingga ke depannya bisa melakukan apa saja kehendak Allah dalam hidup.

4. Berkat Secukupnya

Salah satu tujuh inti doa Bapa kami berikutnya yaitu meminta kepada Tuhan untuk diberi berkat cukup, tidak kurang atau lebih. Hal ini tentu saja memiliki beberapa tujuan, yaitu sesuai dengan janji Allah kepada umat yang Dia kasihi bahwa kita tidak akan berkekurangan saat tinggal di dalam Allah.

Di satu sisi Allah mengetahui apa yang terbaik bagi kita. Hal ini membuat kita jika berkelebihan juga belum tentu yang terbaik, oleh sebab itu kita harus memahami bahwa yang cukup adalah yang terbaik bagi kita.

Berusahalah untuk menyenangkan hati Allah dengan memasrakna diri untuk menerima berkat sesuai porsi-Nya. Sehingga manusia tidak akan jatuh ke dalam kesombongan yang umumnya dialami oleh mereka yang memiliki kelebihan.

5. Permohonan Ampun dalam Pertobatan

Dikatakan juga umat Kristen memohon pengampunan atas kesalahan yang diperbuat. Tentunya ini sangat wajar mengingat manusia adalah makhluk yang penuh kekurangan dan tidak bisa terhindar dari dosa.

Maka dari itu, cara yang bisa ditempuh adalah bertobat di hadapan Allah dan memohon ampun kepada-Nya. Tentu saja tidak dilakukan sekali dua kali, melainkan harus secara rutin karena apapun yang manusia lakukan berisiko menjadi dosa.

Sebaiknya kita selalu meminta pengampunan dosa yang datang dari Allah. Lewat pengampunan itu kita akan dimenakgnan dan dimerdekakan dari belenggu dosa. Melalui pengampunan pula, umat Kristen akan menjadi pemenang yang telah dibayar lunas lewat penyaliban Yesus.

6. Lepas dari Pencobaan

Makna doa tersebut juga mmeohon supaya bisa lepas dari pencobaan. Sudah banyak orang Kristen yang memahami bahwa mengikuti Allah serta Tuhan bukan perkara yang mudah dilakukan, hanya asja banyak yang sekedar menjadi pendangar tapi sulit melakukannya.

Maka dari itu tidak jarang anak Tuhan terjatuh dalam pencobaan. Mereka mencoba mengatasinya namun itu bukan hal mudah. Sehingga, dalam berdoa sebaiknya mintalah untuk dilepaskan dari pencobaan karena kadang manusia tidak bisa menghindari jeratan siksa yang melanda.

Hanya dengan berdoa, maka pencobaan bisa kta lalui seturut kehendak-Nya. Tapi kita butuh kekuatan dari Allah agar bisa menyelesaikannya dengan baik. Maka dari itu, pencobaan harus dijalani dengan ketaatan yang pada akhirnya akan memberi hasil manis dari bauh pencobaan kita.

7. Sanggup Melawan Iblis

Terakhir, dalam doa Bapa kami mengutarakan dan meminta agar kita dilepaskan dari iblis atau roh jahat. Hal ini sangat penting seperti firman Tuhan bahwa peperangan kita bukan melawan darah dan daging, melainkan roh jahat sehingga butuh kekuatan yagn datang dari Allah secara maksimal.

Tentu saja kekuatan yang manusia miliki itu terbatas sehingga kerap kesulitan melawan iblis. Tapi hanya dengan penyertaan Tuhan saja hal itu bisa menjadi mungkin untuk dilakukan. Dengan memohon kepada Allah untuk melepaskan kita dari jeratan iblis, maka hidup kita akan lebih tertuju pada Tuhan serta memuliakan Allah dalam kehidupan kita.

Melalui pokok doa Bapa kami inilah umat Kristiani diminta untuk memiliki kekuatan yang lebih dalam menghadapi pencobaan dari Allah. Dengan bantuan Roh Kudus, maka ini bisa menjadi hal yang mungkin serta dapat dilaksanakan seturut kehendak Bapa.

Akhir Kata

Sampai di sini dulu penjelasan dan pembahasan dari kami mengenai tujuh inti dari doa bapa kami. Mudah-mudahan dengan memahami inti doa tersebut, kita bisa semakin membaca doa Bapa kami dengan lebih baik lagi.

Baca: