Arti Nama Enos Menurut Alkitab

Apa Artinya Enos dalam Alkitab

Bersamakristus.org – Arti nama Enos menurut Alkitab. Bila Anda sedang bingung memilih nama untuk bayi laki-laki atau perempuan, mungkin bisa menyelipkan kata Enos di dalamnya.

Enos dalam kitab memiliki arti Kejadian dari Kitab Suci Ibrani dan Alkitab. Enos juga berarti adalah salah satu anak dari Set dan isterinya yang tidak disebutkan namanya.

Seperti namanya, Enos memiliki cara pengucapan yang simple, dan berbeda dengan nama anak pada umumnya di Indonesia. Anda bisa mengimbuhkan beberapa kata atau huruf lain sehingga nama bayi menjadi semakin bermakna.

Tapi sebenarnya apa arti nama Enos menurut pandangan Alkitab? Apakah nama tersebut memiliki arti yang baik atau justru sebaliknya? Untuk mengetahui hal tersebut, kita bisa melihat penjelasan berikut.

Arti Nama Enos Menurut Pandangan Alkitab

Berikut berapa sejarah, arti, dan makna nama Enos yang dijelaskan dalam Alkitab. Silahkan lihat ulasannya hanya di bawah ini.

1. Sejarah

Enos merupakan anak dari Set, yaitu anak dari Adam. Enos adalah cucu Adam dan keturunan ketiga di bumi. Pembahasan tentang Enos tentu saja sangat minim, namun tanpa disadari dia memegang kunci manusia mulai mengenal Allah.

“Lahirlah seorang anak laki-laki bagi Set juga dan anak itu dinamainya Enos. Waktu itulah orang mulai memanggil nama TUHAN.”

Kejadian 4:26

Secara tidak langsung, pada saat Enos dilahirkan, dunia mulai mengenal Allah dan segala ketetapannya. Maka dari itu, meski hanya bagian kecil saja namun Enos menjadi garis keturunan Adam yang cukup penting.

🔥 Trending:   Tata Cara Melamar Wanita

2. Arti

Allah ingin menamakan Enos sebagai tanda di mana manusia percaya dan memanggil nama Tuhan. Disebutkna dalam kamus etimologi, Enos berarti manusia. Arti ini diberikan karena saat itu Adam sudah mulai memiliki banyak keturunan di dunia.

Sepatutnya bila umat Kristen mulai mengenal nama tersebut sebagai salah satu tokoh yang Allah inginkan untuk dikenal dan direnungkan. Umat Kristen hendaknya memahami Allah senantiasa ingin umat-Nya dekat dan mengenal Dia lebih dalam.

3. Makna

Makna dari arti nama Enos menurut Alkitab cukup dalam. Karena Enos adalah permulaan manusia mulai mengenal Allah secara pribadi, menghormati Allah, dan mengagungkan Alah. Melalui doa dan syukur dengan memberikan korban menurut ketetapan Allah.

Ini juga menjadi makna penting dari kata Enos, yaitu manusia mengenal Allah. Ini menjadi dasar ibadah kita kepada Tuhan dan pengenalan akan Tuhan. Allah mengizinkan manusia mengenal-Nya melalui kelahiran Enos.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan dari kami mengenai arti nama enos dalam alkitab. Bila Anda ingin menggunakan nama tersebut untuk bayi laki-laki atau perempuan, boleh-boleh saja.

Baca: