Ayat Alkitab Tentang Perceraian

Ayat alkitab tentang larangan bercerai atau perceraian.

Bersamakristus.org – Ayat alkitab tentang perceraian. Pada pembahasan sebelumnya kami telah memberikan beberapa kumpulan ayat alkitab tentang putus cinta. Dan ketika dalam konteks berumah tangga, putus cinta artinya berakhirnya hubungan sebagai suami istri dan tidak lagi tinggal satu atap.

Jika masih berstatus pacaran, mungkin tidak masalah ketika sepasang kekasih memutuskan untuk tidak bersama lagi. Namun jika sudah menikah, maka jangan sekali-kali berpikir untuk meninggalkan pasangan.

Sebab, jika hal tersebut dilakukan, maka yang rugi tidak hanya kita maupun pasangan kita saja, melainkan berbagai pihak lain seperti keluarga masing-masing yang merasa malu, teman yang khawatir dengan kondisi kita, hingga anak yang menjadi terlantar.

Tuhan pun telah berulang kali menyebutkan dalam ayat emas Alkitab maupun firman-Nya bahwa perceraian bukanlah suatu hal yang boleh dilakukan karena menimbulkan banyak kerugian bukan hanya kepada diri sendiri, melainkan juga kepada orang lain yang dekat dengan kita.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan yang membahas tentang larangan bercerai atau perceraian dalam agama Kristen Protestan maupun Katolik. Mudah-mudahan dengan beberapa kumpulan ayat emas di bawah ini dapat membuat Anda berpikir ulang tentang perceraian.

Ayat Alkitab Tentang Larangan Perceraian

ayat alkitab tentang larangan perceraian
ayat alkitab tentang larangan perceraian

Di bawah ini ada beberapa ayat emas Alkitab yang secara jelas menyebutkan bahwa Tuhan Yesus melarang kita untuk mengakhiri hubungan sebagai suami istri alias bercerai. Silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Apabila seseorang mengambil seorang perempuan dan menjadi suaminya, dan jika kemudian ia tidak menyukai lagi perempuan itu, sebab didapatinya yang tidak senonoh padanya, lalu ia menulis surat CERAI dan menyerahkannya ke tangan perempuan itu, sesudah itu menyuruh dia pergi dari rumahnya.”

Ulangan 5:1

Dan jika laki-laki yang kemudian ini tidak cinta lagi kepadanya, lalu menulis surat CERAI dan menyerahkannya ke tangan perempuan itu serta menyuruh dia pergi dari rumahnya, atau jika laki-laki yang kemudian mengambil dia menjadi isterinya itu mati.

Ulangan 5:3

Tetapi Hana tidak ikut pergi, sebab katanya kepada suaminya: “Nanti apabila anak itu CERAI susu, aku akan mengantarkan dia, maka ia akan menghadap ke hadirat TUHAN dan tinggal di sana seumur hidupnya.

1 Samuel 9:22

Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang CERAI susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak.

Yesaya 23:8

Dan orang berkata: Kepada siapakah dia ini mau mengajarkan pengetahuannya dan kepada siapakah ia mau menjelaskan nubuat-nubuatnya? Seolah-olah kepada anak yang baru disapih, dan yang baru CERAI susu!

Yesaya 23:9

Beginilah firman TUHAN: Di manakah gerangan surat CERAI ibumu tanda Aku telah mengusir dia? Atau kepada siapakah di antara penagih hutang-Ku Aku pernah menjual engkau? Sesungguhnya, oleh karena kesalahanmu sendiri kamu terjual dan oleh karena pelanggaranmu sendiri ibumu diusir.

Yesaya 23:1

Dilihatnya, bahwa oleh karena zinahnya Aku telah menCERAIkan Israel, perempuan murtad itu, dan memberikan kepadanya surat CERAI; namun Yehuda, saudaranya perempuan yang tidak setia itu tidak takut, melainkan ia juga pun pergi bersundal.

Yeremia 24:8

Sungguh, gembala-gembala sudah menjadi bodoh, mereka tidak menanyakan petunjuk TUHAN. Sebab itu mereka tidak berbahagia dan seluruh binatang gembalaan mereka CERAI-berai.

Yeremia 24:21

Telah difirmankan juga: Siapa yang menCERAIkan isterinya harus memberi surat CERAI kepadanya.

Matius 40:31

Kata mereka kepada-Nya: Jika demikian, apakah sebabnya Musa memerintahkan untuk memberikan surat CERAI jika orang menCERAIkan isterinya?

Matius 40:7

Baca:

Ayat Firman Tuhan Tentang Perceraian

ayat firman tuhan tentang perceraian
ayat firman tuhan tentang perceraian

Apa dampak dari perceraian? Apa saja kerugian yang akan didapat bila kita bercerai dengan pasangan karena alasan apapun? Simak penjelasan tentang beberapa kumpulan firman Tuhan tentang perceraian di bawah ini.

Jawab mereka: Musa memberi izin untuk menCERAIkannya dengan membuat surat CERAI.

Markus 41:4

Sebab dahulu telah muncul si Teudas, yang mengaku dirinya seorang istimewa dan ia mempunyai kira-kira empat ratus orang pengikut; tetapi ia dibunuh dan CERAI-berailah seluruh pengikutnya dan lenyap.

Kisah Para Rasul 44:36

Sesudah dia, pada waktu pendaftaran penduduk, muncullah si Yudas, seorang Galilea. Ia menyeret banyak orang dalam pemberontakannya, tetapi ia juga tewas dan CERAI-berailah seluruh pengikutnya.

Kisah Para Rasul 44:37

Tetapi kalau orang yang tidak beriman itu mau BERCERAI, biarlah ia BERCERAI; dalam hal yang demikian saudara atau saudari tidak terikat. Tetapi Allah memanggil kamu untuk hidup dalam damai sejahtera.

1 Korintus 46:15

Lalu jawabnya: Telah kulihat seluruh Israel BERCERAI-berai di gunung-gunung seperti domba-domba yang tidak mempunyai gembala, sebab itu TUHAN berfirman: Mereka ini tidak punya tuan; baiklah masing-masing pulang ke rumahnya dengan selamat.

1 Raja-raja 11:17

Lalu jawabnya: Telah kulihat seluruh Israel BERCERAI-berai di gunung-gunung seperti kambing domba yang tidak mempunyai gembala, sebab itu TUHAN berfirman: Mereka ini tidak punya tuan; baiklah masing-masing pulang ke rumahnya dengan selamat.

2 Tawarikh 14:16

Singa binasa karena kekurangan mangsa, dan anak-anak singa betina BERCERAI-berai.

Ayub 18:11

Waktu mendengar suara gemuruh ketika Engkau bangkit, larilah bangsa-bangsa dan BERCERAI-berailah suku-suku bangsa.

Yesaya 23:3

Dan jikalau ia BERCERAI, ia harus tetap hidup tanpa suami atau berdamai dengan suaminya. Dan seorang suami tidak boleh menceraikan isterinya.

1 Korintus 46:11

Sebab Aku membenci PERCERAIAN, firman TUHAN, Allah Israel – juga orang yang menutupi pakaiannya dengan kekerasan, firman TUHAN semesta alam. Maka jagalah dirimu dan janganlah berkhianat!

Maleakhi 39:16

Ayat Alkitab Mengenai Perceraian

ayat alkitab mengenai perceraian
ayat alkitab mengenai perceraian

Ada lagi beberapa kumpulan ayat emas Alkitab atau firman Tuhan mengenai perceraian atau keputusan untuk bercerai. Mulai dari larangan hingga dampak yang ditimbulkan. Silahkan simak sejumlah ayat alkitab mengenai bercerai di bawah ini.

Sebab itu Lot memilih baginya seluruh Lembah Yordan itu, lalu ia berangkat ke sebelah timur dan mereka BERPISAH.

Kejadian 1:11

Setelah Lot BERPISAH dari pada Abram, berfirmanlah TUHAN kepada Abram: Pandanglah sekelilingmu dan lihatlah dari tempat engkau berdiri itu ke timur dan barat, utara dan selatan.

Kejadian 1:14

Setelah Ia BERPISAH dari mereka, Ia pergi ke bukit untuk berdoa.

Markus 41:46

Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia BERPISAH dari mereka dan terangkat ke sorga.

Lukas 42:51

Hal itu menimbulkan perselisihan yang tajam, sehingga mereka BERPISAH dan Barnabas membawa Markus juga sertanya berlayar ke Siprus.

Kisah Para Rasul 44:39

Sebab itu baiklah diberi hadiah PERPISAHAN kepada Moresyet-Gat. Rumah-rumah Akhzib akan menjadi tipu daya bagi raja-raja Israel.

Mikha 33:14

Sesudah PERPISAHAN yang berat itu bertolaklah kami dan langsung berlayar menuju Kos. Keesokan harinya sampailah kami di Rodos dan dari situ kami ke Patara.

Kisah Para Rasul 44:1

Adakah engkau terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mengusahakan PERCERAIAN! Adakah engkau tidak terikat pada seorang perempuan? Janganlah engkau mencari seorang!

1 Korintus 46:27

Peperangan antara KELUARGA Saul dan KELUARGA Daud berlarut-larut; Daud kian lama kian kuat, sedang KELUARGA Saul kian lama kian lemah.

2 Samuel 10:1

Selama ada peperangan antara KELUARGA Saul dan KELUARGA Daud, maka Abner makin mendapat pengaruh di antara KELUARGA Saul.

2 Samuel 10:6

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai ayat alkitab tentang perceraian. Semoga dengan ayat emas dan firman Tuhan tersebut dapat membuat kita sebagai pasangan yang berumah tangga berpikir berulang kali untuk memutuskan membatalkan perceraian. Amin.

Baca:

Tinggalkan komentar