Ayat Alkitab Tentang Memberi Sumbangan

Ayat emas alkitab tentang memberi sumbangan berkat makan kepada sesama

Bersamakristus.org – Ayat alkitab tentang memberi sumbangan. Sebagai manusia dan makhluk sosial, tentu kita sadar bahwa kita tidak dapat hidup sendiri. Kita membutuhkan bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam hidup kita mulai dari kebutuhan untuk makan, minum, pendidikan, pekerjaan, rezeki, ekonomi, dan lain sebagainya.

Selain itu, kita juga memahami bahwa dalam hidup, tidak semua manusia ditakdirkan memiliki nasib yang bagus. Ada beberapa orang yang harus berjuang keras untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Untuk makan sesuap nasi pun susah, apalagi untuk foya-foya dan sebagainya.

Maka dari itu sebagai manusia yang berkecukupan, kita tidak boleh menghamburkan uang. Gunakan uang dan harta secukupnya saja untuk memenuhi kebutuhan hal-hal yang benar-benar diperlukan saja. Hindari membeli sesuatu yang sifatnya untuk pamer kepada orang lain.

Kemudian, daripada uangnya digunakan untuk berfoya-foya, sebaiknya disumbangkan kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Tuhan Yesus pun telah menyebut dalam firman-Nya berulang kali bahwa manusia yang peduli terhadap sesamanya, akan mendapat berkat lebih banyak dari Allah.

Beberapa ayat Alkitab atau firman Tuhan di bawah ini menjelaskan pentingnya memberi sumbangan, sedekah, serta sukacita kepada sesama. Silahkan simak beberapa ayat emas Alkitab atau firman Tuhan yang menjelaskan bahwa memberi sumbangan itu sangat penting di bawah ini.

Ayat Alkitab Tentang Memberi Sumbangan

ayat alkitab tentang memberi sumbangan
ayat alkitab tentang memberi sumbangan

Memberi sumbangan sangat dianjurkan oleh siapapun, Tuhan pun memerintahkan kita untuk membantu sesama yang tengah dalam kesulitan. Bukan mengurangi harta, sumbangan justru akan membuat harta Anda akan semakin melimpah seperti yang dijelaskan pada ayat emas Alkitab di bahah ini.

Sebagian dari kepala kaum keluarga memberi SUMBANGAN untuk pekerjaan itu, sedang kepala daerah memberi SUMBANGAN untuk perbendaharaan seribu dirham emas, lima puluh buah bokor penyiraman, dan lima ratus tiga puluh helai kemeja imam.

Nehemia 16:70

Juga kudapati bahwa SUMBANGAN-SUMBANGAN bagi orang-orang Lewi tidak pernah diberikan, sehingga orang-orang Lewi dan para penyanyi yang bertugas masing-masing lari ke ladangnya.

Nehemia 16:10

Raja memberi SUMBANGAN dari harta miliknya untuk korban bakaran, yakni: korban bakaran pada waktu pagi dan pada waktu petang, korban bakaran pada hari-hari Sabat dan pada bulan-bulan baru dan pada hari-hari raya, yang semuanya tertulis di dalam Taurat TUHAN.

2 Tawarikh 14:3

Ia memerintahkan rakyat, yakni penduduk Yerusalem, untuk memberikan SUMBANGAN yang menjadi bagian para imam dan orang-orang Lewi, supaya mereka dapat mencurahkan tenaganya untuk melaksanakan Taurat TUHAN.

2 Tawarikh 14:4

Juga para panglimanya memberi SUMBANGAN sukarela kepada rakyat, para imam, dan orang-orang Lewi. Kemudian Hilkia, Zakharia dan Yehiel, para pemuka rumah Allah, memberi kepada para imam dua ribu enam ratus ekor kambing domba sebagai korban Paskah dan selain itu tiga ratus ekor lembu.

2 Tawarikh 14:8

Baca:

Ayat Alkitab Tentang Memberi dengan Sukacita

ayat alkitab tentang memberi dengan sukacita
ayat alkitab tentang memberi dengan sukacita

Ketika Anda memberi sumbangan atau sedekah, lakukanlah dengan hati yang ikhlas dan penuh dengan sukacita. Maka yang menerima sumbangan pun akan merasa senang dengan pemberian kita. Hal tersebut juga telah dibahas pada beberapa ayat emas di bawah ini.

Karena pada hari-hari itulah orang Yahudi mendapat keamanan terhadap musuhnya dan dalam bulan itulah dukacita mereka berubah menjadi SUKACITA dan hari perkabungan menjadi hari gembira, dan supaya menjadikan hari-hari itu hari perjamuan dan SUKACITA dan hari untuk antar-mengantar makanan dan untuk bersedekah kepada orang-orang miskin.

Ester 17:22

Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan SUKACITA yang besar; mereka telah berSUKACITA di hadapan-Mu, seperti SUKACITA di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan.

Yesaya 23:3

Dan orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan bersorak-sorai, sedang SUKACITA abadi meliputi mereka; kegirangan dan SUKACITA akan memenuhi mereka, kedukaan dan keluh kesah akan menjauh.

Yesaya 23:10

Maka orang-orang yang dibebaskan TUHAN akan pulang dan masuk ke Sion dengan sorak-sorai, sedang SUKACITA abadi meliputi mereka; kegirangan dan SUKACITA akan memenuhi mereka, duka dan keluh akan menjauh.

Yesaya 23:11

Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada SUKACITA di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada SUKACITA karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.

Lukas 42:7

Ayat Alkitab Tentang Memberi Sedekah

ayat alkitab tentang memberi sedekah
ayat alkitab tentang memberi sedekah

Memberi sedekah tidak hanya berupa uang, harta, atau benda berharga lainnya. Sebuah jasa bantuan ataupun dukungan moril juga merupakan sumbangan yang tak kalah penting untuk mendukung moral seseorang yang tengah terpuruk. Ayat emas Alkitab di bawah ini mejelaskan semuanya.

Jadi apabila engkau memberi SEDEKAH, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Matius 40:2

Tetapi jika engkau memberi SEDEKAH, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.

Matius 40:3

Akan tetapi, berikanlah isinya sebagai SEDEKAH dan sesungguhnya semuanya akan menjadi bersih bagimu.

Lukas 42:41

Juallah segala milikmu dan berikanlah SEDEKAH! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat.

Lukas 42:33

Di situ ada seorang laki-laki, yang lumpuh sejak lahirnya sehingga ia harus diusung. Tiap-tiap hari orang itu diletakkan dekat pintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah, untuk meminta SEDEKAH kepada orang yang masuk ke dalam Bait Allah.

Kisah Para Rasul 44:2

Ayat Alkitab Tentang Memberi Kepada Sesama

ayat alkitab tentang memberi kepada sesama
ayat alkitab tentang memberi kepada sesama

Jika Anda ingin bersedekah dan memberi sumbangan, utamakanlah memberi kepada orang yang benar-benar membutuhakan seperti keluarga miskin, yatim piatu, dan sebagainya. Berikut beberapa ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang memberi kepada sesama.

Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita – dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi SEDEKAH.

Kisah Para Rasul 44:36

Ia saleh, ia serta seisi rumahnya takut akan Allah dan ia memberi banyak SEDEKAH kepada umat Yahudi dan senantiasa berdoa kepada Allah.

Kisah Para Rasul 44:2

Ia menatap malaikat itu dan dengan takut ia berkata: Ada apa, Tuhan? Jawab malaikat itu: Semua doamu dan SEDEKAHmu telah naik ke hadirat Allah dan Allah mengingat engkau.

Kisah Para Rasul 44:4

Dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan SEDEKAHmu telah diingatkan di hadapan-Nya.

Kisah Para Rasul 44:31

Tetapi mengenai darah kamu, yakni nyawa kamu, Aku akan menuntut balasnya; dari segala binatang Aku akan menuntutnya, dan dari setiap manusia Aku akan menuntut nyawa SESAMA manusia.

Kejadian 1:5

Akhir Kata

Sekian ulasan mengenai ayat alkitab tentang memberi sumbangan. Mudah-mudahan dengan ayat emas Alkitab dan firman Tuhan tersebut dapat meningkatkan kemauan dan keinginan kita untuk memberi sedekah dan sumbangan kepada sesama terutama yang membutuhkan.

Baca:

Tinggalkan komentar