Cara Pembaptisan Kristen

Cara Melakukan Baptisan dalam Kristen

Bersamakristus.org – Cara pembaptisan Kristen. Baptis merupakan sakramen yang dikenal dalam agama Kristen Protestan atau Katolik sebagai upaya penghapusan dosa dan kesalahan.

Ada banyak macam-macam baptis, salah satunya menerima baptisan Roh Kudus. Baptis yang dimaksudkan untuk menerima berkat dan perlindungan dari Roh Kudus yang ada dalam diri kita.

Selain itu, bagi yang pertama dibaptis, ada dua jenis baptis paling umum dikenal. Yaitu baptis selam dan percik. Keduanya berbeda seperti yang sudah dijelaskan dalam perbedaan baptis selam dan baptis percik.

Di kesempatan ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai cara melakukan baptis dalam agama Kristen, khususnya baptis selam dan percik. Silahkan simak ulasannya secara lengkap.

Tata Cara Melakukan Pembaptisan Kristen

Dalam menjalankan pembaptisan, orang harus meneguhkan imannya terlebih dahulu untuk menerima keselamatan dari Allah. Mereka harus lebih dulu mengenal Yesus dan makna keslamatan yang akan mereka dapatkan.

Beberapa gereja masih mewajibkan calon baptisan menerima belas kasih untuk pengenalan. Beberapa gereja juga mengadakan semacam wawancara untuk meyakinkan mereka tidak main-main dalam baptisan.

Setelah gereja yakin terhadap orang yang mau dibaptis, gereja akan melakukan cara pembaptisan. Biasanya gereja memiliki waktu-waktu tertentu untuk melakukan bapisan. Secara garis besar, berikut dua cara melakukan baptisan menurut Kristen.

1. Baptis Selam

Sakramen baptis selam masih dilakukan beberapa gereja. Caranya dengan pendeta atau pastor bersama calon yang dibaptis masuk ke air bersama-sama, dimulai dengan memasukkan calon baptisan ke dalam air adn mengucapkan berkat.

Sealin berkat, basanya juga terucap bahasa Roh. Setelah beberpa waktu, calon baptis keluar dari air. Kemudian beberapa gereja melakukannya dalam posisi tidur, namun ada juga yang dalam posisi duduk. Baptis selam ini dilakukan di kolam atau danau yang banyak airnya.

Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya.

Matius 3:16

Makna baptis ini berkelanjutan. Ketika orang yang dibaptis masuk ke air, orang ini seakan mati dan dikuburkan. Selanjutnya ketika keluar air orang itu berarti telah dibangkitkan. Baptis selam dilakukan dengan mengikuti cara pembaptisan oleh Yohanes Pembaptis pada Yesus.

Meski memang tidak disebutkan dengan cara baptis selam, namun kalimat “Yesus segera keluar dari air” yang ada pada injil diartikan demikian. Beberapa gereja masih menganggap baptis selam menjadi cara paling tepat sesuai yang Yesus lakukan.

2. Baptis Percik

Ada juga orang-orang yang tidak bsia dipaksakan masuk ke kolam sehingga tidak bisa melakukan baptis selam. Maka dari itu alternatifnya yaitu melakukan baptis percik dengan tujuan untuk tidak menghalangi seseorang menerima baptisan.

Baptis ini dilakukan tetap dengan menggunakan air. Namun pendeta atau pastor hanya memercikkan atau menumpahkan air ke atas kepala calon baptisan sambil mengucap kalimat berkat.

Cara baotisan ini dirasa cukup melambangkan proses pembaptisan. Bagaimanapun juga Alkitab memang tidak memaksakan satu metode pembaptisan. Karena yang penting pembaptisan adalah baptisan Roh Kudus yang disimbolkan dengan pengucapann berkat oleh pendeta atau pastor.

Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus.

Matius 28:19

Akhir Kata

Itu saja beberapa ulasan singkat dari kami mengenai tata cara melakukan baptisan kristen. Mudah-mudahan bisa menjelaskan kepada Anda tentang cara melakukan baptisan dalam agama Kristen.

Baca: