Ayat Alkitab Tentang Jangan Mengambil Hak Orang Lain

Ayat Firman Tuhan Tentang Jangan Mengambil Hak Orang

Bersamakristus.org – Ayat Alkitab tentang jangan ambil hak orang lain. Tidak ada yang boleh mengambil hak orang lain, kecuali atas izin dari orang tersebut apabila diperbolehkan.

Mengambil sesuatu dari orang lain tanpa izin sama saja dengan mencuri, dan itu merupakan tindakan yang tidak dibenarkan dalam agama manapun. Tak terkecuali dalam agama Kristen Protestan dan Katolik.

Sudah banyak dijelaskan dalam Alkitab atau firman Tuhan, bahwa mencuri merupakan salah satu tindakan yang tidak tepat ditiru. Bahkan harus dihindari karena tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain.

Di bawah ini kami akan memberikan beberapa ayat emas Alkitab atau firman Tuhan tentang jangan mengambil hak orang lain. Simak langsung pembahasannya di bawah ini.

Ayat Emas Alkitab Tentang Jangan Mengambil Hak Orang Lain

Tanpa banyak basa basi lagi, langsung saja silahkan simak pembahasan lengkap mengenai tindakan mengambil hak milik orang lain. Berikut beberapa ayat yang bisa kita jadikan bahan perenungan.

Bukankah kejahatanmu besar dan kesalahanmu tidak berkesudahan? Karena dengan sewenang-wenang engkau menerima gadai dari saudara-saudaramu, dan merampas pakaian orang-orang yang melarat.

Ayub 22:5-6

Sebab TUHAN, Allahmulah Allah segala allah dan Tuhan segala tuhan, Allah yang besar, kuat dan dahsyat, yang tidak memandang bulu ataupun menerima suap, yang membela hak anak yatim dan janda dan menunjukkan kasih-Nya kepada orang asing dengan memberikan kepadanya makanan dan pakaian.

Ulangan 10:17-18

Apabila engkau meminjamkan sesuatu kepada sesamamu, janganlah engkau masuk ke rumahnya untuk mengambil gadai dari padanya.

Ulangan 24:10

Terkutuklah orang yang menggeser batas tanah sesamanya manusia. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin! Terkutuklah orang yang membawa seorang buta ke jalan yang sesat. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin! Terkutuklah orang yang memperkosa hak orang asing, anak yatim dan janda. Dan seluruh bangsa itu haruslah berkata: Amin!

Ulangan 27:17-19

Janganlah engkau memperkosa hak orang asing dan anak yatim; juga janganlah engkau mengambil pakaian seorang janda menjadi gadai.

Ulangan 24:17

Janganlah engkau memeras sesamamu manusia dan janganlah engkau merampas; janganlah kautahan upah seorang pekerja harian sampai besok harinya.

Imamat 19:13

Kumpulan Ayat Emas Alkitab Lainnya

Tidak hanya ayat-ayat di atas kami juga masih memiliki beberapa kumpulan ayat firman Tuhan Yesus lainnya yang tak kalah menarik. Anda bisa membaca renungan ayatnya pada artikel-artikel berikut.

Akhir Kata

Itu saja beberapa ulasan singkat dari kami mengenai ayat emas alkitab tentang jangan mengambil hak orang lain. Mari kita jangan dekati perbuatan buruk seperti mencuri atau semacamnya sehingga bisa terhindar dari dosa.

Baca: